Jangan Menyerah Dalam Pertempuran Rohani

Jangan Menyerah Dalam Pertempuran Rohani

Pastor Steven Agustinus


Foto Daily Devotional.
Paulus menegaskan, bahwa perjuangan (pergulatan) kita bukanlah melawan darah dan daging, melainkan pemerintah - pemerintah, penguasa - penguasa, penghulu - penghulu, roh - roh jahat diudara. Pendek kata, kita sedang bergulat melawan sesuatu yang tidak terlihat dengan kasat mata. Dan apa yang terjadi dalam dunia yang tidak kasat mata tersebut, sangatlah mempengaruhi apa yang terjadi di alam lahiriah (kasat mata) Artinya, peperangan ini menjadi sangat berbahaya bagi mereka yang menjalani hidup secara manusiawi, mengandalkan diri sendiri, dan sangat bergantung pada hal - hal lahiriah/eksternal. Namun perjuangan ini menjadi 'lebih mudah' bagi mereka yang hidup dalam Roh, melangkah dengan iman, serta berjalan bersama Tuhan.

Saya merasa, inilah saatnya untuk kita menjalani hidup secara efektif (hidup dalam Roh - menyadari penuh bahwa apa yang terjadi di alam lahiriah ini disebabkan karena apa yang terjadi di alam roh, sehingga kita harus berfokus dan mengambil tindakan aktif untuk mengadakan perubahan di alam roh) dan berkemenangan dalam pergulatan setiap hari :


1. Jagai stamina rohani.


Seseorang yang ingin bergulat, dia harus memastikan memiliki tehnik dan kemampuan serta tenaga yang lebih besar daripada lawannya. Namun untuk dapat memastikan kemenangan diraih, maka dibutuhkan stamina dan daya tahan yang kuat. Musuh di dalam roh terkadang bisa saja menyerbu kita dengan cara bertubi - tubi. Membuat hati kita seperti mudah terusik sepanjang hari oleh karena satu dan lain hal. Stamina rohani yang terus kita jaga akan memberikan daya dorong yang kuat untuk menyerang balik. Kita tidak akan menjadi pasrah dan diam saja digulati dan ditekan oleh musuh. Selama ada pekerjaan Roh yang terus kita jagai dan kehidupan Roh yang terus bekerja (stamina rohani yang terjaga) maka situasi yang buruk dapat kita putar balik menjadi sorak sorai kemenangan.

2. Perhatikan apa yang melintas dalam pikiran, apa yang kita imajinasikan, dan perasaan rohani apa yang muncul dalam batin.

Segala sesuatu yang terjadi di alam roh sesungguhnya dapat kita rasakan, kita lihat di dalam imajinasi, dan kenali melalui kata - kata atau kalimat yang muncul dalam pikiran. Jika kita mendapati perasaan kita mulai bergeser dari damai sejahtera yang Tuhan tetapkan, maka kita harus segera mengambil tindakan. Berdoa dalam roh, deklarasi firman, dan melompat serta menari adalah tindakan pertama kali yang harus kita pakai untuk keluar dari jerat dan jebakan musuh. Prinsipnya, jangan sampai atmosphere damai sejahtera dan sukacita hilang dari hidup kita. Jika muncul pemikiran yang tidak benar diluar ayat (Filipi 4:8) maka kita harus segera 'mencuci otak' dengan merenungkan firman, mendengarkan khotbah, dan mengimajinasikan firman. Pada prinsipnya, kita tidak boleh pasif mempertahankan kemenangan, tetapi kita harus aktif mengejar Tuhan dan mengkondisikan diri kita utk trs dipenuhi firman. Dengan demikian, musuh tidak akan mempunyai celah untuk menyerang.

3. Jangan menyerah di pertempuran yang sengit, sebab Dia Allah yang setia dan mempunyai maksud Ilahi ketika mengijinkan hal itu terjadi.


Peperangan dan pergulatan sesungguhnya hal yang lumrah untuk terjadi. Kita tidak perlu menghindarinya. Hadapi saja bersama dengan Tuhan. Kalaupun kita harus berjuang keras mengalahkan serangan musuh (perasaan gundah, pikiran negatif, dan imajinasi buruk) maka kita harus tetap berjuang sampai mengalami kemerdekaan di dalam roh. Nikmati saja peperangan yang ada, tidak perlu berpikir kita akan kalah, sebab kita sudah ditetapkan sebagai pemenang. Yang penting kita jangan menyerah dan terus melangkah bersama Tuhan. Kebenarannya adalah, Roh yang didalam kita jauh lebih besar daripada roh yang ada dalam dunia ini. Jadi, kemenangan tidak akan pernah bisa diambil dari diri kita. Kalau kita sudah menang artinya musuh sudah kalah. Kita hanya perlu menginjaknya dalam tarian kemenangan. Dan alamilah, kesetiaan Tuhan akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.

4. Yakinlah, pertempuran kita di dalam roh pasti akan membuat perubahan di alam lahiriah.

 

Selama ini kita lebih sibuk membenahi segala hal yang ada di alam lahiriah. Padahal, kita bisa mengubahkan fakta hidup yang ada dengan kuasa kebenaran. Yang perlu kita lakukan adalah masuk dalam roh dan mendeklarasikan firman serta keyakinan. Sehingga dapat terjadi perubahan di alam roh. Melalui doa dan deklarasi kita dapat mematahkan setiap strategi serta serangan musuh yang ada dan menghadirkan kuasa Kerajaan Surga. Kita hanya perlu konsisten bertekun sampai kita alami kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita memerintah dalam batin. Ketika hal itu terjadi, maka kita akan mendapati bgm fakta hidup alami perubahan. ‪#‎AkuCintaTuhan‬ (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer