Memberi Ujian dan Tindakan Profetis

Memberi Ujian dan Tindakan Profetis

Pastor Steven Agustinus

 



Salah satu peperangan terhebat yg hingga kini masih terus menyisakan korban diantara org percaya adl peperangan melawan ketergantungan terhadap Mamon. Hingga skr, tidak sedikit jemaat & hamba Tuhan yg masih trs 'terjajah' - masih hidup dlm ketergantungan terhadap Mamon.

Dlm menjalani kehidupan sehari-hari, kita memang masih mempergunakan uang untuk 'menggerakkan' segala sesuatu; tp jika pada akhirnya kita jd hidup dlm ketergantungan thd Mamon - menganggap bhw jika kita tdk memiliki uang (atau tdk memiliki uang dlm suatu jumlah tertentu) maka kita jadi org yg tdk bisa berbuat apa-apa - artinya ada sesuatu yg salah dlm kehidupan kita...


1. Alasan mendasar seseorg masih memiliki ketergantungan terhadap Mamon adl krn ia takut berkekurangan atau justru krn ia hidup dlm ketamakan hatinya.

Jika seseorg jadi punya ketergantungan terhadap Mamon krn ia takut berkekurangan, artinya arah fokus hatinya telah salah! 

Ia melihat bhw uang (Mamon) telah menjadi penguasa di bumi ini - menggantikan posisi & keberadaan Tuhan yg berdaulat dg firmanNya... Tidak heran hal tsb tlh membuat dirinya jadi selalu hidup dlm kekuatiran & ketakutan utk kebutuhan sehari-harinya jadi tdk tercukupi hanya krn ia tdk memiliki cukup banyak uang...
Begitu juga dg org-org yg tamak/ serakah. Mrk akan selalu menganggap bhw dlm kehidupan ini dibutuhkan uang yg banyak utk membuat mrk bisa menikmati kehidupan mrk... Segala cara akan di pakai oleh setiap org yg memiliki ketergantungan thd Mamon utk bisa mendptkan uang dlm jumlah yg banyak dan lebih banyak lagi... 


2. Bagi seseorg yg masih memiliki ketergantungan thd Mamon, ia tdk akan pernah bisa menghadirkan perubahan di dunia sekuler.


Dpt dikatakan bhw Mamon adl satu-satunya 'saingan' Tuhan dlm kehidupan sehari-hari ini. Bg org-org percaya, mrk akan mendapati bgm sistem yg ada dlm dunia/ kehidupan sehari-hari ini, semuanya memang dikondisikan utk membuat mereka sbg org percaya jadi ikut terhisap dlm sistem dunia (babel) yg ada, mengalami kehancuran iman dan pd akhirnya mulai menjalani hidup dg keterikatan thd uang (Mamon).
Hanya mrk yg trs melatih kehidupan iman - belajar utk hidup dlm ketergantungan penuh thd firman & anugerahNya saja - yg bisa berkata bhw hanya Yesus itulah Tuhan yg hidup dan kita sendiri hanya bisa hidup krn firmanNya...! 


Dg org-org percaya mulai menjalani kehidupan sehari-hari yg hanya didasarkan oleh firmanNya, maka mrk akan Tuhan pakai utk mulai menggoncangkan sendi-sendi sistem Babel & ketergantungan thd Mamon yg selama ini ada. Dan pd saat yg bersamaan, Tuhan akan mempromosikan mrk sbg pola utk menolong org banyak sehingga akan ada banyak org dpt hidup dlm kemerdekaan yg sesungguhnya.


3. Kita bisa menaklukkan Mamon dg mengikuti tuntunan RohNya.


Memberi persepuluhan, memberi persembahan buah sulung, memberi persembahan ucapan syukur dll sesungguhnya adl merupakan suatu latihan rohani yg akan membuat otot-otot rohani dr mans roh kita jd makin kuat & perkasa. Dimensi ketergantungan kpd Tuhan & firmanNya jadi trs bertambah kuat. Tuhan membawa kita utk hidup hanya dr firmanNya saja - menjalani kehidupan iman... Tidak ada lg kehidupan yg penuh ketakutan & kekuatiran... Ketaatan kita mengikuti tuntunan Roh dlm hal memberi, sesungguhnya adl merupakan suatu ujian dan sekaligus tindakan prophetis yg bisa kita lakukan utk menaklukkan ketergantungan thd Mamon dlm kehidupan sehari-hari kita...


Jika kita memberikan sesuatu kpd Tuhan (istilah yg sering dipakai adl 'berkorban untuk pekerjaan Tuhan') sesungguhnya hal itu adl merupakan suatu tindakan prophetis dimana kita mendeklarasikan bhw intimidasi musuh - rasa takut/ kuatir akan hari esok - sdh tdk lagi berlaku atas hidup kita.


Itu sebabnya, saya yakin bhw Dia sdg trs melatih setiap kita yg membuka dirinya utk dibimbing oleh Roh guna terus terhubung pd sumber kehidupan itu sendiri...


Saya percaya, masa perubahan sdh tiba! Inilah masa, musim rohani (season) utk kita bangkit didlm Roh & menaklukkan segala bentuk ketergantungan thd Mamon...!


Deklarasikan hal berikut, sampai betul-betul mans roh kita jd melonjak dlm gelora pekerjaan Roh yg ada:


AKU PERCAYA, MASA PERUBAHAN DALAM HIDUPKU SUDAH TIBA.
INILAH MASA DIMANA TUHAN AKAN MEMPOSISIKAN DIRIKU UNTUK BANGKIT DIDALAM ROH YANG BERKEMENANGAN DAN MENGHANCURKAN SEGALA BENTUK KETERGANTUNGAN TERHADAP MAMON.


AKU MENDEKLARASIKAN BAHWA HIDUPKU TIDAK DIPENGARUHI OLEH ADA ATAU TIDAKNYA UANG; HIDUPKU DI TENTUKAN OLEH FIRMANNYA! ADA BANYAK HAL YANG AKAN AKU TERIMA DARI TUHAN WALAUPUN AKU TIDAK MEMEGANG UANG. SEMUA ADALAH KARENA ANUGERAHNYA. KALAUPUN ADA UANG YANG HARUS AKU PERGUNAKAN, TUHAN AKAN MENYEDIAKAN SEMUA UANG YANG AKU BUTUHKAN.
DIA MASIH TETAP ALLAH YANG MENYEDIAKAN & MENCUKUPI BAGIKU. HIDUPKU AKAN TERUS BERLIMPAH DENGAN KEBAIKANNYA. TIDAK ADA SATUPUN KEBUTUHANKU YANG BAKAL TERTUNDA DALAM PEMENUHANNYA. DIA SELALU BEKERJA ON TIME... DIDALAM NAMA YESUS, TERJADILAH... AMIN. #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer