Ibadah AOC BANDUNG 8 AGUSTUS 2016

AOC BANDUNG
8 AGUSTUS 2016
By: Ev. Stephanie Rachel

Yohanes 8:37
37: "Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu.

Hal ini seringkali terjadi di kehidupan kekristenan saat-saat ini. Kalau dikonversikan dengan zaman sekarang, ibaratnya dikatakan bahwa kita adalah orang Kristen dll, tapi kita berusaha untuk "membunuh" Tuhan karena FirmanNya tidak beroleh tempat di dalam kita. Membunuh dalam arti meniadakan campur tangan Tuhan, berusaha dengan kekuatan dan tenaga kita sendiri, padahal Dia itu Tuhan yang sangat rindu mencampuri setiap urusan kita dengan keberhasilan dan urapan dari Tuhan, tapi seringkali kita meniadakan dan FirmanNya tidak beroleh tempat di dalam kita.

Dia Tuhan yang sangat menghargai setiap keputusan manusia. Ketika kita meminta Tuhan memaksakan kehendakNya jadi, Tuhan akan campur tangan dan mulai memaksakan rencanaNya jadi dalam hidup kita. Dia Tuhan yang menghargai setiap keputusan manusia apapun itu. Bahkan untuk mengizinkan Firman Tuhan berada di dalam kita atau tidak, itu adalah keputusan kita sendiri, dan itulah keputusan demi keputusan yang Tuhan tunggu untuk kita ambil, entah kita memutuskan untuk mencintai Tuhan, memutuskan untuk Tuhan memaksakan kehendakNya jadi dalam hidup kita semahal apapun harga yang harus kita bayar.

Berikan ruang untuk Tuhan bekerja dalam hidup kita. Banyak orang yang seringkali tidak sabar untuk menunggu tangan Tuhan bekerja di hidupNya. Tuhan itu menunggu setiap keputusan kita untuk membiarkan Tuhan campur tangan dalam kehidupan kita. Tuhan tidak akan paksa kita untuk berdoa dan bertemu denganNya, Dia mungkin hanya akan membisikkan kalau Dia kangen pada kita dan menunggu hingga kita kangen kepadaNya dan datang ke hadiratNya, dan di saat itulah Tuhan akan mencurahkan berkatNya yang luar biasa. Dia itu Tuhan yang tidak pernah membosankan. Sehebat apapun kita, kita tidak akan pernah bisa menukar posisi kita seperti Tuhan, hargai Tuhan, siapkan ruang untuk Tuhan bekerja dalam hidup kita. Tuhan itu Tuhan yang sangat sopan. Jangan cintai berkatNya tapi cintai pribadiNya. 


By: Beavis Krestianto

Cawan sign and wonder itu perlu latihan. Semua hal perlu latihan. Mulai latih sayap iman dan kepercayaan kita. Jangan pernah malu untuk gagal, jangan pernah takut untuk mencoba. Kekristenan itu praktek!
Dalam hidup kita itu ada tubuh, jiwa, dan roh. Ketika kita berdoa, kita sedang melakukannya dimana? Roh. Ketika orang bermain bola, itu dilakukan dimana? Di tubuh. Ketika makan, itu tubuh jiwa atau roh? Di tubuh / jiwa. Tapi kenapa Adam makan buah itu, dan roh Adam mati? Karena di awal Tuhan berfirman, jangan makan buah dari pohon pengetahuan. Engkau boleh lakukan apapun di tubuh dan jiwa, tapi kalau tidak ada Firman, itu tidak akan menghasilkan apapun di roh. Apapun yang kita lakukan dengan tubuh dan jiwa, kalau itu bersinggungan dengan roh, itu akan berdampak di roh. Engkau boleh lakukan apapun, asalkan ada Firman Tuhan, itu akan menghasilkan sesuatu di roh. Siapkan ruang untuk Firman Tuhan, jangan pasang tembok untuk Roh Kudus, biarkan Dia bekerja sebebas-bebasnya dalam hidup kita.

2 Raja-Raja 2:1-12
1: Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal.
2: Berkatalah Elia kepada Elisa: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel." Tetapi Elisa menjawab: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu pergilah mereka ke Betel.
3: Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"
4: Berkatalah Elia kepadanya: "Hai Elisa, baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho." Tetapi jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu sampailah mereka di Yerikho.
5: Pada waktu itu mendekatlah rombongan nabi yang ada di Yerikho kepada Elisa serta berkata kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"
6: Berkatalah Elia kepadanya: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke sungai Yordan." Jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu berjalanlah keduanya.
7: Lima puluh orang dari rombongan nabi itu ikut berjalan, tetapi mereka berdiri memandang dari jauh, ketika keduanya berdiri di tepi sungai Yordan.
8: Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering.  
9: Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu."
10: Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."
11: Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.
12: Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.

Elia dan Elisa berjalan dari Gilgal ke Bethel, lalu menembus Sungai Yordan dan di satu titik dia melihat Elia terangkat. Berkali-kali Tuhan sudah berkata pada hamba-hamba Tuhan, saatnya lawatan terbesar terjadi di bangsa kita, lawatan, hingga milyaran jiwa diselamatkan. Firman Tuhan sudah jelas berkata tentang ini, tapi tetap harus ada bagian yang kita lakukan di tubuh dan jiwa sehingga melahirkan yang di dalam roh. Maukah kita melangkah? Tuhan bisa pilih jutaan orang di luar kita dan Tuhan pakai untuk membawa lawatan. Tuhan tidak berharap hanya pada Bahtera saja, tapi pada semua anak-anak Tuhan, tapi apakah engkau mau bergerak? Saat engkau bergerak bukan berarti engkau langsung melihat orang langsung berubah, sembuh dll, tapi seringkali harus ada prosesnya.

Ketika Elisa disuruh Elia untuk tinggal, Elisa tidak mau, Elisa tetap mengikuti Elia. Lalu ada rombongan nabi yang berkata kalau Elia akan diangkat ke surga, Elisa pun berkata kalau dia tahu. Kadang di luar akan ada suara yang menggoyahkan iman kita, bahkan di dalam gereja atau di persekutuan doa kita sendiri pun ada yang seperti itu. Jangan pernah berharap atau meminta pada manusia, karena manusia mengecewakan, dan terkutuklah yang mengandalkan manusia. Banyak orang yang tidak berani mengambil langkah, tidak berani deg-degannya berjalan bersama dengan Tuhan. Ikut Tuhan itu ngeri-ngeri sedap, tapi maukah kita mulai melangkah? Ada yang berkata hidup untuk lawatan, sampai milyaran jiwa diselamatkan, tapi ketika ada KKR, misi, dan tiba-tiba Tuhan berkata untuk memberi persembahan, kita mengeraskan hati.

Roh Kudus datang dengan segala kemuliaan kegemilangan keajaiban dll, tapi kalau Roh Kudus undur, Dia akan undur secara perlahan-lahan dan engkau tidak sadar. Turuti RohNya, dan jangan pernah engkau mengabaikan satu kata pun dari Roh Kudus. Saat hatimu bergetar tentang sesuatu, lakukan, lakukan, dan lama-kelamaan suara itu akan semakin keras, dan juga sebaliknya ketika engkau mengabaikannya, hari demi hari Roh Kudus akan undur. Apakah engkau tahu apa yang menyukakan dan mendukakan hatiNya? Apakah engkau sudah mengenalNya? Jangan pernah beratkan hatimu dan telingamu. Tuhan itu juga punya batas, Dia bisa mundur dari hidupmu dan memilih orang lain. Lakukan dengan hatimu apa yang Tuhan suruh. Keselamatan itu diberikan gratis oleh Tuhan, tapi lawatan itu ada harganya, tidak pernah gratis. Lawatan adalah mimpi Tuhan, dan apakah engkau mau menjalankan mimpiNya? Tuhan tidak bertanya bisa atau tidak, tapi Tuhan bertanya engkau mau atau tidak? Engkau merindukan lawatan, beri 5 roti 2 ikan yang engkau punya. Banyak orang yang mau 12 bakulnya, tapi tidak mau memberi 5 roti 2 ikannya, tidak mau prosesnya.

Yohanes 20:16-18
16: Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!", artinya Guru.
17:  Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." 
18: Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

Suatu hari Tuhan Yesus berjalan di pedesaan dan Dia menggunakan sejenis sepatu sendal yang kakinya terbuka, dan Dia berjalan dan berjalan, lalu Dia masuk di suatu rumah, dan ada pelacur yang pernah kerasukan setan, lalu minyaknya itu seharga gaji setahunnya, dia banting minyak itu di hadapan Tuhan dan dia gunakan rambutnya untuk menyeka kaki Tuhan Yesus dll. Rambut perempuan itu mahkota, kemuliaan, dll dan di zaman sekarang pun engkau tidak mungkin mau membasuh kaki dengan rambutmu. Wanita itu mengangkat semua yang dia punya yang paling mahal, lalu dia basuh kaki Tuhan dari debu, lumpur, ataupun kotoran. Tuhan kita itu Tuhan yang tahu beterima kasih, Dia Tuhan yang menghargai setiap perjuangan anak-anakNya. Ketika Maria melihat Tuhan Yesus mati di Kayu Salib, Dia hanya bisa menangis dan hatinya hancur. Ketika dia datang ke kuburan Tuhan Yesus dan tidak menemukan Tuhan, dia menangis. Lalu setelah Tuhan Yesus memenangkan kunci alam maut, Dia sudah bisa bertemu Bapa di surga, tapi ketika Dia mendengar tangisan seorang pelacur, hatiNya tidak kuat, memang Dia harus bertemu Bapa, tapi Dia harus menemukan Maria sebelum Dia bertemu dengan Bapa di surga. Para ahli percaya kalau saat Maria bertemu Tuhan Yesus dan kalau dia menyentuhNya, Tuhan Yesus harus disalibkan yang kedua kalinya, karena seperti imam besar yang ketika akan masuk ruang maha kudus, dia harus menguduskan dirinya. Namun setelah Tuhan Yesus bertemu dengan Bapa dan Dia turun ke dunia dan menampakkan diri kepada murid-muridNya, justru Tuhan berkata kepada Thomas untuk meraba tanganNya, karena setan tidak ada tulang dan daging.

Tuhan Yesus tidak pernah menyuruh Maria membantingkan minyaknya yang paling berharga di hadapan Tuhan, tapi Maria melakukan itu didasarkan karena cintaNya kepada Tuhan. Tuhan sayang pada setiap kita, tapi kalau engkau mau mendapatkan Tuhan, mendapatkan pribadi dan hatiNya, banting minyakmu, banting egomu, dan ini bukan paksaan. Apakah minyak kita terlalu berharga, terlalu mewah sehingga kita tidak berani membantingkan minyak kita di hadapan Tuhan untuk mendapatkan Tuhan? Minyak ini tidak selalu berkata tentang uang, bisa egomu, bisa waktumu, bisa pacarmu yang bukan dari Tuhan, dll. Bukan uang intinya, tapi hati yang hancur yang Tuhan mau. Lebih dari berkat, lebih dari apapun.


By: Ev. Daniel Krestianto

Kita diminta untuk menghormati Tuhan. Kita lakukan semuanya, tapi kalau hati dan sikap kita tidak menghormati Tuhan, semua itu sia-sia. Berikan sesuatu kepada Tuhanmu. Jangan merasa engkau mampu. Teori kita seringkali sudah tahu banyak, tapi itu tdiak ada gunanya kalau kita tidak lakukan sesuatu tepat seperti yang Tuhan katakan. Kalau engkau masih lakukan yang engkau tahu Tuhan tidak suka, engkau belum menghormati Tuhan. Bukan atau belum tentu yang engkau inginkan itu tidak terjadi ketika engkau lepaskan. Kalau engkau mau melepaskan, justru seringkali Tuhan akan berikan, tapi kalau engkau kencang-kencang berdoa meminta dari Tuhan, justru seringkali engkau tidak dapat. Lepaskan semua, maka Tuhan yang akan berikan semuanya. Mari jangan jadi penonton, alami dan buat breakthrough. Kalau engkau memang diutus Tuhan, Tuhan pasti memperlengkapi, kalau tidak, artinya itu bukan suara Tuhan atau keinginanmu sendiri. Tuhan selalu tepati janjiNya, beri dan maka engkau akan diberi.

Komentar

Postingan Populer