MELINTASI AIR & API

MELINTASI AIR & API
.
Rangkuman Ibadah HIGHER THAN EVER Church
4 Sept 2016 - MG Setos - Semarang
Ps.Victor Kristijanto Purnomo

Jurnalis : Ezra Joza

.
Maz 66:11-12
Ada hal yg tidak bisa dimengerti saat daud menaikkan mazmurnya kepada Tuhan, Tapi daud percaya kepada Tuhan, dikatakan di mazmur ini bahwa Tuhan yg membawa kita kedalam jaring, kita bingung apakah ini Tuhan?
.
Ga ada yg suka & mau dibawa masuk kedalam perangkap/jaring, krn semua tidak bebas, terbatas, tetapi Tuhan sengaja diperangkap oleh Tuhan sehingga kita tidak bisa kemana2 hanya kita & Tuhan, sebab kalau kita bebas kita bisa kemana2 semaunya sendiri, jaring Tuhan itu tidak enak tetapi baik.
.
Ada latihan tentara yg disuruh membawa ransel yg dipenuhi batu2 & disuruh kerja & latihan kemana2, beban itu terasa berat, tetapi saat mereka diutus ke medan perang, & beban itu dilepaskan membuat mereka bisa lari dgn 2x lebih cepat. Tuhan juga sengaja menyiapkan kita 2x lebih kuat & dahsyat, tetapi hrs diberi beban saat latihan.
.
Saat org2 melintasi kepala kita, menginjak2 kita, merendahkan kita, tetapi Tuhan membiarkan semua itu, krn Tuhan sedang mengajar kita pelajaran2 yg sudah kita terima 11 thn ini, hineni / hati hamba.
.
Diajar itu enak, diberi firman baik itu enak, yg tidak enak adalah disuruh menjalani firman itu yg berat, tapi itu hrs kita lewati & kerjakan, sepertinya Tuhan membiarkan, sebab Tuhan melatih agar kita lebih hebat, lebih kuat.
.
Ketika benda dilewatkan api cuma 2 terjadi, habis terbakar atau makin murni, jika dilewatkan/direndam air, bisa hancur atau makin bersih. Kalau benda itu kayu atau rumput kering akan habis, tetapi jika benda itu emas / perak maka akan makin bersinar & tidak akan habis. Harta karun yg tenggelam di air tetap akan ada & dicari banyak org, krn emas tetap kuat direndam di air.
.
Sadrakh mesakh abednego, hrs melewati dapur api, mereka tidak mau tunduk menyembah patung raja, sekalipun Tuhan tidak tolong. Tetapi Tuhan tidak tahan dgn iman mereka sehingga Dia datang menolong. Kalau kita pilih Tuhan, Dia akan turun & menolong, krn ada org yg gila2an cari Tuhan & hanya menyembah Tuhan. Dia ubah api menjadi dingin sebab saat Tuhan datang, kerajaanNya juga datang & hidup kita berubah luar biasa.
.
Org israel terjepit sebab tentara firaun mengejar & di depannya air. Tetapi Tuhan membuat mereka melintasi air, air yg seharusnya bisa menenggelamkan mereka, Tuhan buat mereka melintasi air & tidak tenggelam. Waktu kita bersama Tuhan saat ada masalah yg ingin menenggelamkan kita, atau akan membakar kita, tetapi Tuhan membuat kita melintasinya.
.
Ketika org israel lewat, musuhnya juga ingin melakukan yg sama tetapi mereka habis binasa, yg dari daging akan habis, tetapi yg dari roh tidak akan binasa jika kita bersama Tuhan melintasi air & api.
.
Jika Tuhan membawa kita melintasi air & api, maka Tuhan membawa kita ke tempat yg baru, musim yg baru, sadrakh mesakh abednego juga dibuat lebih tinggi hidupnya setelah melewati api.
.
Pak Agung pernah sharing mimpinya ke saya bahwa dia lewati jembatan panjang, & dikanan kirinya banyak org yg berkata2 mengerikan kepada Pak Agung, tetapi Tuhan berkata jgn dengarkan, pandang ke depan saja, jalan saja Yesus menunggu di depan. Kita juga akan melewati yg sama, jalani jembatan itu & pandang Yesus, maka kita akan sampai seperti Pak Agung pernah lewati, maka kita akan masuk masa yg baru musim yg baru yg limpah jasmani & rohani
.
Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai- sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau. - Yesaya 43:2
.
Hari ini kita akan lewati air & api, lewati jembatan itu supaya kita menjadi dewasa, higher than ever tidak akan terjadi jika kita tidak mau lewati apa yg Tuhan ijinkan, asal Tuhan bersama kita, tetapi jgn sampai Tuhan mulai undur itu yg bahaya, kering & kosong.
.
Warisan kalau tidak dikerjakan & dikembangkan dgn baik akan hilang, seperti talenta hrs dikembangkan dgn baik. Warisan yg paling kaya adalah warisan tentang hati, kalau hati kita kuat kita bisa lewati semua.
.
David Livingstone berikan hidupnya bertahun2 di afrika. Harusnya hidupnya enak, tetapi dia hidup susah di afrika, namun dia membawa terang bagi benua afrika. Suatu kali dia berdoa dia meninggal dlm doanya. Waktu badan misi yg mengutus ingin membawa kembali, org afrika ingin mengubur di afrika. Malam sebelum mayatnya dibawa ke afrika, ada pemuda yg ambil jantung dari mayat david livingstone, dia berkata inggris boleh bawa badannya, tetapi hatinya tetap di tanam afrika. Krn hatinya bagi afrika.
.
Warisan Pak Agung adalah hatinya, sekalipun visi beliau boleh diambil, tetapi hatinya tetap akan jadi warisan kita, ini yg mahal, jika kita tau itu & kita pegang & kita kerjakan warisan hati beliau maka kita akan jadi besar. Hati yg besar akan bisa membawa banyak hal & membangun kembali banyak hal. Jika hati kita kecil akan terlalu sedikit yg bisa Tuhan kerjakan dlm hidup kita. Daud, sadrakh,mesakh, abednego juga memiliki hati yg besar shg Tuhan bisa percayakan banyak hal kpd mereka.
.
Untuk apa kita melintasi air & api, untuk memurnikan & mentahirkan kita. Amin.
.
Move on and cross the water and fire, be Higher than Ever!

Komentar

Postingan Populer