Menantikan Tuhan "Tidakkah Kau Tahu"

AOC BANDUNG

19 SEPTEMBER 2016

Menantikan Tuhan "Tidakkah Kau Tahu"


By: Ps. Victor Purnomo

Jurnalis : Bobby Hartanto


Yesaya 40:28-31
28: Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.
29: Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
30: Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
31: tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.


28: Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.
Ada perkataan yang disampaikan Tuhan melalui Nabi Yesaya, dan dimulai dengan kata "tidakkah kamu tahu?" Kita sebagai anak Tuhan harus tahu banyak hal, harus tahu apa yang jadi hak dan bagian dalam hidup kita. Hanya orang yang tahu yang bisa mendapatkan apa yang Tuhan sediakan untuk hidup kita. Banyak orang Kristen yang tidak tahu banyak, hanya tahu sedikit, sehingga yang mereka dapat juga sedikit. Tapi ketika engkau tahu banyak, artinya kita bisa dapatkan banyak hal dalam hidup kita. Kalau kita seorang ahli waris, tapi kalau engkau tidak tahu kalau sebenarnya warisan itu hakmu dan milikmu, ya itu tidak akan bisa jadi milikmu sekalipun engkau memang ahli warisnya. Tuhan mau kita mendengar dan mengerti banyak hal. Dia itu Tuhan yang kekal, Tuhan yang tidak pernah capek, Dia mau selalu membuat kita jadi orang yang selalu kuat. Dia Tuhan yang bersemangat, bergairah. Orang yang tidak capek itu bisa membuat banyak hal, tapi kalau sudah capek, tidak bersemangat, ya tidak bisa lakukan banyak hal. Yang membuat kita bergairah itu ketika kita berjalan bersama dengan Tuhan. Kita dengan Tuhan itu sedang dibawa ke sebuah adventure, petualangan. Kalau Petrus tidak pernah mendengar dan melakukan yang Tuhan katakan kepadanya untuk datang, Petrus tidak akan pernah bisa berjalan di atas air. Tugas kita itu yang penting mentaati Dia, barulah kita nanti akan mengetahui apa maksud sesungguhnya yang Tuhan mau.

29: Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Setiap kita akan melalui yang namanya tidak ada kekuatan, kelelahan, tapi ketika engkau bersama Dia, Dia yang akan memberi kekuatan kepada yang lemah. Ketika engkau lelah dan sedang mogok, engkau itu hanya perlu sebuah "kabel jumper" atau sambungan yang terhubung pada Sumbernya yang bisa membuat kita jalan kembali. Tugas kita itu yang penting kita "nyantol" dengan Tuhan, karena Dia punya unlimited power, Dia punya yang tidak terbatas, sehingga apa yang mogok di dalam hidup kita itu bisa jalan kembali.

30: Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,

Orang muda itu melambangkan orang yang kuat, dan dikatakan orang yang muda saja jatuh, apalagi yang tua. Tapi di ayat selanjutnya Tuhan buat perbedaan.

31: tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Menantikan Tuhan, menunggu Tuhan itu artinya dua diikat menjadi satu, seperti dua kabel diikat menjadi satu. Ketika dua menjadi satu, selemah apapun kita, tapi kalau kita dijadikan satu dengan yang kuat, yang lemah itu akan jadi kuat, bukan karena yang lemah, tapi karena yang kuat itu melindungi yang lemah. Ketika engkau menjadi satu dengan Tuhan, kekuatanmu itu seperti ditukar dengan Tuhan. Seperti ketika menukar rupiah menjadi dollar, kalau engkau tidak berikan rupiahmu, ya engkau tidak dapat dollarnya. Ketika engkau menantikan Tuhan, menempel dengan Tuhan, itu seperti engkau memberikan kelemahanmu dan Tuhan berikan kekuatanNya kepada kita.

Mengapa Simson menjadi orang yang kuat? Karena setiap itu Roh Tuhan turun ke atas hidupnya, dia bisa kalahkan sangat banyak orang bahkan tanpa perlu menggunakan senjata, kuncinya ketika Roh Tuhan ada di atas hidupnya.

Daud bahkan begitu berani maju ketika orang lain mundur dalam peperangan. Daud ingat karena ada urapan Tuhan turun kepadanya melalui Samuel, dan yang dari Tuhan itulah yang tidak bisa dipungkiri, yang membuat dia menjadi orang yang luar biasa dan berani. Ketika kita bertemu dengan Tuhan, pasti ada yang berubah dan berbeda dalam hidup kita. Kalau tidak ada yang berubah, justru itu ada pertanyaan kenapa macet?

Rajawali terbang di ayat tersebut itu dikatakan mount up, terbang ke atas, terbang semakin tinggi, tapi diperlukan sebuah kekuatan untuk terbang lebih tinggi. Kita harus kuat, tidak ada pilihan lain lagi, sebab ketika engkau lemah, engkau itu anak siapa? Anak itu selalu mirip dengan orang tuanya, kalau hidup kita lemah, kita anak siapa? Tuhan itu kuat, Dia menghadapi semuanya itu kuat. Engkau tidak akan pernah tahu kekuatanmu seberapa tanpa ada ujian.

Rajawali kalau dia terbang, dia mengandalkan angin. Di Alkitab, angin itu berbicara tentang Roh Tuhan, bukan hanya mengenai masalah. Di perjanjian lama dikatakan Ruakh, Roh Tuhan. Kekuatan terbang rajawali bisa sampai 400km. Semakin besar kekuatan terbangmu, sejauh itulah engkau bisa dapatkan mangsa dan jarahan. Kalau engkau hanya bisa terbang sejauh 1km, ya engkau hanya bisa dapatkan apa yang ada di radius itu. Semakin jauh kekuatanmu terbang, semakin besar teritorial yang engkau mliki, semakin besar jatah dan jarahan yang engkau akan dapatkan. Rajawali kalau membuat sarangnya itu bukan di tempat yang mudah, tapi dia buat di puncak gunung, di atas pohon tertinggi, dll, selalu membuat di tempat yang sukar. Kita bukan orang yang gampangan, tapi buat kita, kita tidak boleh mencari yang gampang, tapi justru kita harus kerjakan dan buat yang sukar sekalipun. Yang gampang, banyak orang yang mau lakukan, yang sukar, tidak semua orang mau lakukan. Tuhan mau tetapkan apa yang begitu sukar dan tidak bisa orang lain capai itu untuk jadi bagian kita. Bukan yang rata-rata, tapi yang di atas rata-rata yang diberikan kepada kita. Semakin tinggi rajawali terbang, semakin tajam dan semakin banyak yang dia bisa lihat. Semakin engkau rendah, semakin engkau sukar melihat. Tuhan mau bawa kita lebih tinggi agar kita bisa lihat apa yang Tuhan sediakan di depan, karena ketika engkau bisa melihatnya, engkau bisa mendapatkannya.

Semua itu engkau bisa dapatkan asalkan kita tidak menjadi lelah, karena ketika datang masanya menuai, kalau kita menjadi lemah, kita tidak bisa menuai. Jangan pernah lihat kondisimu saat ini, jangan terbatas karena itu, tapi lakukan exchange itu dengan Tuhan, bertemu dengan Tuhan dan lakukan tukaran dengan Tuhan. Perempuan yang sakit pendarahan, dia menjamah Tuhan. Dia sakit belasan tahun, dia sangat lemah, tapi ketika dia menyentuh jubah Yesus, tiba-tiba pertukaran itu terjadi, lemahnya itu hilang, dan dia bisa kuat berdiri. Ketika orang kusta itu bersentuhan dengan Yesus, dia menjadi tahir. Ketika kita bersentuhan dengan Yesus, sesuatu yang besar dan ajaib itu akan terjadi.

Nanti-nantikan Tuhan, dan semua yang luar biasa dan ajaib itu akan Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Dia punya begitu banyak sumber daya, tapi Dia cari siapa orang yang mencari Dia. Kalau engkau tahu hidupmu lemah, temukan Tuhan dalam hidupmu. Tuhan mau buat hidup kita jadi orang yang luar biasa. Sebelum kita dibawa terbang oleh Tuhan, kita akan dilatih oleh Tuhan. Latihan tidak enak, tapi itu bagus untukmu. Kalau engkau berhenti berlatih, sejauh itulah kapasita yang ada padamu Tapi ketika engkau terus berlatih, kapasitasmu itu akan semakin diperbesar. Medali itu disiapkan untuk yang menang. Izinkan Tuhan melatih dan membawa kita terus naik hingga kita didapati sebagai orang yang kuat di hadapan Tuhan.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer