Kesetiaan Yang Menyentuh Hati Tuhan

= KESETIAAN YANG MENYENTUH HATI TUHAN =
Ps. Hengky Kusworo
Victory Community Church



Matius 15 : 21 - 28 " Perempuan Kanaan Yang Percaya "
Kisah tentang perempuan Kanaan yang menjumpai Yesus karena anak perempuan nya yang kerasukan setan.

Bagaimana kita punya sikap hati yang dapat menyentuh hati Tuhan...yang sampai Tuhan bisa berkata WOW...yang ini lain.. yang ini beda.

Konotasi pada jaman Tuhan Yesus saat itu.. Tuhan Yesus dipanggil oleh perempuan Kanaan tersebut anak Daud.  Itu sebetulnya menunjukkan Mesias. Jaman itu tidak boleh sembarangan menyebutkan anak Daud. Bahkan diantara 12 murid Tuhan Yesus.. Tuhan Yesus bertanya menurut kalian siapa Aku ini..?? Murid2 ada yang bilang Tuhan Yesus itu Yeremia,  Yesaya, Yohanes Pembaptis..Nabi yang akan datang. Tapi Petrus yang mendapatkan pewahyuan dari Bapa menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah Yang Hidup.
Perempuan Kanaan seorang ibu yang bukan orang Israel yang memanggil Tuhan yang tidak kebanyakan.

Saudara dalam hidupmu kalau engkau bisa panggil Tuhan, Dia wahyukan pribadinya dalam hidup kita, tiba2 saudara akan mendapat sesuatu yang Tuhan berkata jadi sesuai iman mu.

Ayat 23 Perempuan Kanaan ini berteriak teriak memanggil Yesus tapi Tuhan Yesus tidak menjawabnya. Tuhan sedang mengukur.. Tuhan sedang menguji iman ibu ini.

Kalau hari ini kita berdoa mencari Tuhan sampai berteriak2 sampai orang lain menyuruh kita diam karena doa kita tidak dijawab. Jangan berhenti...teriak lebih keras lagi. Karena seringkali yang menghentikan kita itu orang terdekat..orang yang merasa rohani.

Ayat 24 Tuhan katakan Aku diutus hanya untuk umatku Yahudi.. Aku diutus bukan untuk orang Kanaan.

Tuhan kok keras ya pak...??
Saudara kalau sampai batas itu saudara terhentikan,  Tuhan tidak akan kagum dengan kita dan kita tidak akan dapat jawaban doa.

Ayat 25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata " Tuhan tolong aku "

Kalau doa kita belum di jawab... Sembah Tuhan.
Kata menyembah artinya " Pruskuneo " dalam bahasa aslinya seperti anjing yang menjilat tangan tuan nya.

Sharing : Bapak PAP pernah cerita pada jaman itu ada gereja yang fenomenal, booming diseluruh Indonesia. Begitu buka disatu kota..satu pulau banyak ribuan jemaat yang datang. Sampai itu menggentarkan gereja2 yang lain.
Suatu kali Bapak PAP bertemu founder dari gereja tersebut di airport. bapak PAP bertanya ke hamba Tuhan tersebut " Pak ini saya mau jujur... Pak kehadiran gereja Bapak diseluruh Indonesia menggentarkan,  begitu gereja buka ribuan orang datang.
Bapak founder tersebut berkata Petrus,  tidak banyak orang bertanya seperti kamu. Kamu tahu sementara pendeta2 melihat didepan ada halaman, ruang suci dan ruang maha Kudus. Nah yang didepan isinya domba, kambing yang pada ribut dengan urusan korban bakaran dll aku tidak..trus Bapak PAP bilang lhaa Bapak gimana...?? Bapak founder itu bilang aku tidak...aku langsung menerobos..aku masuk ruang maha Kudus,  Tuhan aku sembah...kan langsung ketemu Tuhan Yesus. Itu cerita mengubahkan bapak PAP...karena waktu itu gereja kami masih kecil...ibadah pagi 25 orang sedang sore jemaat titipan 300 orang

Ayat 26 Tetapi Yesus menjawab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak2 dan melemparkan nya kepada anjing.
Ayat 27 Kata perempuan itu benar Tuhan namun anjing itu makan remah2 yang jatuh dari meja tuanya.
Ayat 28 Kata Yesus Hai ibu...besar iman mu.

Saudara kalau engkau berani merendah..paling rendah..Serendah rendahnya manusia...diinjak...tidak dianggap seorangpun..orang bilang tidak bisa..
Engkau merendah seperti anjing menjilat tangan tuan mu.
Tuhan berkata yang ini lain... Ini membuat Tuhan kagum.

Orang yang rendah hati naiknya cepat, orang yang tinggi hati jatuhnya cepat. Sebelum kejatuhan muncul yang nama nya kesombongan.

Amsal 3 : 3 Janganlah kiranya Kasih dan Setia meninggalkan engkau.  Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah pada loh hatimu.

Sifat yang disukai Tuhan dari contoh seekor anjing adalah kesetiaan.

Janganlah KASIH dan SETIA meninggalkan kita.

Saudara anjing itu punya sifat Setia,  kata menyembah itu seperti anjing yang menjilat tangan tuan nya.

1. Anjing itu mengabdi cuman pada satu tuan,  anjing tidak bisa pindah ke tuan yang lain.

Alkitab berkata engkau tidak dapat mengabdi kepada dua tuan,  kepada Yesus atau Mamon ( Matius 6 : 24 )
Jangan ada ilah lain dihadapan ku...
Jabatan,  uang,  kedudukan, itu bisa seperti illah dan engkau harus meletakkan itu dihadapan Yesus.

Contoh : Saya punya teman punya anjing peliharaan jenis american pitbull jika anjing tersebut menggigit tangan tidak akan dilepaskan...mau dipukul, dihajar tidak akan di lepas. Teman saya itu istrinya yang pelihara anjing tersebut. Suatu kali ada tetangga mereka yang mabuk dan pada saat mabuk lompat pagar ke rumah teman saya..begitu masuk lansung tangan nya digigit oleh anjing pitbull. Suami tersebut tahu dan memanggil istrinya.. karena anjing pitbull mendengar suara tuannya maka di lepaslah gigitan nya.

2. Anjing akan Setia sampai mati
Saya ikut pak PAP sudah 25 tahun. Begitu beliau meninggal saya berada disamping beliau. Itu hari tgl 13 Maret 2016 pkl 23.00 di rumah beliau saat sedang duduk di kasur itu tiba2 Tuhan panggil pulang. Itu pukulan yang cukup berat buat saya.., seumur hidup saya sampai menangis selama 2 minggu. Saya duduk disitu dengan 2 Putri beliau dan staff kami pompa jantung..kami pukul berkali2. Kami doa sampai semua jurus di Alkitab saya keluarkan  jurus kebangkitan, jurus bahasa roh, tengking maut saya keluarkan. Lho pak kok mengabdinya sama orang....???
Firman sangat jelas berkata kalau engkau yang kelihatan saja tidak bisa mengasihi apalagi yang tidak kelihatan.

Saya belajar mengabdikan hidup saya seperti Joshua kepada Musa..dan Firman mengenal Joshua atribut nya adalah hamba nya Musa. Saya mengabdikan hidup saya seperti Elisa kepada Elia sehingga Elisa disebut abdinya Elia.

Firman jelas bicara anjing itu Setia..anjing tidak bisa ganti tuan

Contoh tokoh di Alkitab

1. Ruth ( Ruth 1:16 )
Ruth begitu Setia mengikuti Naomi, hati Ruth berpaut kepada Naomi. Tuhan berkata yang ini beda...yang ini tidak ada.
Alkitab terutama Perjanjian Lama kental dengan budaya Yahudi.  Jarang ada nama wanita disebut..karena jaman itu superior pada laki2. Tapi kalau ada satu wanita yang sampai Tuhan terkesima karena ini beda.... Naomi miskin Ruth tetap ikut.. Tuhan sepertinya teracung dalam hidupnya,  Rut tetap ikut Naomi. Yang benih seperti ini harus jadi nenek moyang Yesus.

Hari ini menemukan orang Kristen yang Setia susah,  bahasa saya orang hari2 ini lebih mementingkan oppurtunis...mana yang lebih menguntungkan. Padahal ada satu sifat yang Tuhan paling suka yaitu Setia.

Dari Rut lah lahir seorang Raja besar yaitu Raja Daud. Karena apa yang Rut katakan... Bangsa mu adalah bangsaku.. Kemana engkau pergi aku akan pergi,  dimanapun engkau bermalam akupun ikut bermalam.

2. Sadrakh,  Mesakh dan Abednego ( Daniel 3 : 17 )
Seandainya Tuhan tidak menjawab doa mu...?? Masihkah engkau sembah Yesus...??

Seandainya masalahmu tidak selesai, dibiarkan oleh Tuhan bisa tidak kita berkata seperti Sadrakh.. Mesakh dan Abednego seandainya tidak..kita berkata kami akan tetap menyembah Allah Jehova.

3. Musa
Cinta untuk rumahMu menghanguskan aku Tuhan. Musa duduk 40 hari 40 malam. Tuhan berkata ini orang orang yang Cinta dan setia untuk segenap rumahKu. Musa punya Abdi yang bernama Joshua yang selalu menunggu tuan nya. Saat Musa ketemu Tuhan hadirat Tuhan didalam kemah. Setelah Musa keluar Joshua duduk dalam kemah, duduk dapat remah2 nya. Begitu pergantian pemimpin siapa yang menggantikan Musa yaitu Joshua.

Penutup :
Di Jepang ada seekor anjing bernama Hachiko..dipelihara seorang Professor. Hachiko punya kebiasaan mengantar Professor ke stasiun kereta api. Dan pada waktu pulang kerja Hachiko selalu menjemput professor di setasiun kereta api yang sama. Suatu kali karena serangan jantung sang professor meninggal dunia.. Hachiko karena seekor anjing tidak mengetahui. Hachiko menunggu professor di stasiun kereta api tesebut..disuruh pulang tidak mau. Banyak orang memberi Hachiko makan. Selama 9 tahun Hachiko menunggu di stasiun sampai Hachiko meninggal.

Tuhan suka sifat Setia sampai akhir. Jangan pernah berganti tuan. Hidup kita hanya mengabdi kepada Yesus saja bukan kepada Mamon.

Miliki sifat SETIA seperti anjing..Setia sampai akhir..❤❤❤

Halleluyah.. To GOD be the glory

Komentar

Postingan Populer