Membangun Hidup Sesuai Firman Tuhan

Pastor Steven Agustinus 
 
Saya mendapati Roh Kudus sdg trs mengkondisikan utk setiap org percaya mengalami peralihan dari sekedar menjadi pendengar & penikmat firman, mulai berubah menjadi para pelaku firman. Roh Kudus trs berbicara & memberikan arahan utk org-org percaya membangun suatu gaya hidup baru yg mengkondisikan diri mrk utk selalu bersentuhan dg firman & pekerjaan RohNya. Gaya hidup Ilahi inilah yg akan mengkondisikan utk org-org percaya mengalami perubahan jati diri menjadi org-org yg diberkati, menjadi org-org yg disertai Tuhan & menjadi org-org yg diurapi...
1. Membangun gaya hidup bergantung pada firmanNya.

Matius 4:4  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Sejak mans jatuh dlm dosa, mans cenderung mempergunakan kekuatannya sendiri utk menjalani kehidupan sehari-hari mrk; tp sesungguhnya Tuhan yg menjadikan mans, telah memprogram mans utk hidup hanya dr firmanNya saja. Tanpa adanya firman Tuhan, mans tdk pernah menjalani kehidupan sehari-hari mrk scr utuh. Selalu akan ada satu 'missing ingredient' yg mans rasakan dlm hidupnya. Meskipun mans bisa meraih kesuksesan mrk dg mengandalkan kekuatannya sendiri, tp di puncak kesuksesan yg mrk nikmati, mrk justru merasakan masih adanya 'sesuatu yg kosong' dlm batin mrk... kekosongan itu hanya dpt diisi dg firmanNya.... Keberadaan Firman dlm hidup seseorg adl merupakan 'the missing ingredient' yg hrs segera di penuhi...!

Dengan kita mulai mendisiplin diri utk membaca satu ayat/ satu perikop/ satu pasal firman dr Alkitab, kita sdg melatih & mengkondisikan diri utk belajar hidup dr firmanNya. Meski terkadang ayat firman yg kita baca dr Alkitab belum sepenuhnya kita pahami, tp saat kita trs bertekun membaca, menjadikan sbg bahan doa atau menubuatkan ayat firman yg kita baca, secara perlahan tp pasti, kita sdg menyelaraskan frekwensi kehidupan kita dg frekwensi surgawi. Akan tiba saatnya - setelah kita belajar bertekun dlm membaca & mendeklarasikan/ menubuatkan firman ke dlm hidup kita pribadi - sekali waktu nanti, secara pribadi Bapa Surgawi akan berkata-kata - memberikan firmanNya kpd kita scr pribadi.... Pencipta langit & bumi kembali berkata-kata kpd kita mans...! Saat hal itu terjadi, kita betul-betul sdg menjalani suatu jalan kehidupan yg bersumber dr firmanNya!

Oooo what a day...! Saat seseorg terkondisikan utk hidup hanya dr firmanNya, ia-lah org yg akan Tuhan pakai utk mendemonstrasikan kedaulatan kuasaNya di bumi ini - dlm kehidupan sehari-hari. Berbagai hal yg dianggap mustahil oleh org banyak - selama Tuhan sdh menyatakan firmanNya, satu persatu akan mulai di wujudkan oleh org percaya yg ada...

Mulailah dr perkara sederhana yg Tuhan suruh utk kita lakukan: disiplin diri kita utk setiap jam selalu berinteraksi dg ayat-ayat Alkitab...

2. Membangun gaya hidup oleh Iman - mendemonstrasikan kuasa Roh.
Rom 1:17  Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

1 Yoh 5:4  sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

Dengan seseorg trs mendisiplin diri - menggosokkan firman dlm kehidupannya, belajar hidup hanya dr firman - ia akan selalu menikmati bekerjanya dimensi iman dlm kehidupan sehari-harinya. Setiap firman yg ia baca, yg di jelaskan/ diberi pemahaman yg akurat oleh Roh Kudus, scr otomatis akan membuat bertumbuh & bekerjanya dimensi iman dlm hidup org ybs. Sesungguhnya, Iman bknlah sekedar 'sesuatu yg kita yakini' - iman adl suatu pribadi! Saat 'Pribadi Iman' mulai bertumbuh dlm hidup kita, 'pribadi Iman' inilah yg akan memberikan dorongan/ menggerakkan kita utk melakukan sesuatu - kita menyebutnya dg istilah 'tindakan iman'...!

Setiap tindakan iman yg kita lakukan krn mengikuti 'dorongan dari dalam' yg kita rasakan, mengkondisikan diri kita utk mengalahkan semua kekuatan hukum alam yg selama ini bekerja dlm kehidupan semua org... Tuhan sdg mentransfer kita utk mulai hidup dalam alam mujizat!

Org-org percaya yg trs membangun gaya hidup dr firman akan mendapati bgm Roh Kudus mengkondisikan terjadinya 'transfer kehidupan' ini...kita tdk lg hidup dialam lahiriah yg penuh dg keterbatasan; Roh membawa kita hidup dalam alam mujizat...!
Saat hal itu terjadi, saya yakin, demonstrasi manifestasi kuasa Tuhan scr lbh terbuka & massive dlm kehidupan sehari-hari akan mulai terjadi scr lbh sering. Dan semua itu terjadi melalui kehidupan sehari-hari yg kita jalani!

Kesembuhan, mujizat & berbagai tanda ajaib akan mengikuti - terjadi secara begitu saja dalam kehidupan org percaya & melalui kehidupan org-org percaya... menjamah kehidupan banyak org yg berinteraksi dg org-org percaya tsb... Tuhan berkenan tinggal dlm kehidupan org percaya & memanifestasikan DiriNya melalui kehidupan org percaya...! Kehidypan org percay tlh dijadikan Tuhan menjadi BaitNya di bumi ini....!

Utk lbh memahami pembahasan diatas, dan utk dpt dijadikan sbg tuntunan pembacaan Alkitab, mengimajinasikan & menubuatkan firman ke dlm kehidupan pribadi, bacalah Kis 2:41-47, Kis 4:23-37, Kis 5:12-16, Yes 35:1-10 #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer