Domba Di Padang Efrata

Domba Di Padang Efrata

Ps Victor Kristijanto Purnomo

JKI Higher Than Ever

Ibadah Natal Pagi


Minggu, 25 Desember 2016

 

Mikha 5:2 (5-1) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
Daud adalah seorang anak yg dilahirkan dibetlehem
Pengurapan raja diterima daud dibetlehem. 


Yesus juga ditetapkan untuk memilih dilahirkan dibetlehem


Lukas 2:8-15 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. 

Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.


Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:


Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."


Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:


"Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya." 


Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."

Kelompok yg paling dipilih Tuhan yaitu

1. Para Gembala

Karena kebanyakan org memakai domba sebagai korban, tdk boleh ada yg cacat ketika akan dipersembahkan, tapi ahli ahli taurat malah menjualnya dgn sangat mahal. Domba khusus yg wajib di bawa dibait Allah. 

Waktu malaikat dtg menjumpai para gembala itu merupakan hari pertama para gembala bertemu, ketika pesan disampaikan oleh malaikat kpd para gembala bahwa ada tanda buat Mesias itu dibungkus kain lampin. 

Mereka para gembala tau,
Kain lampin itu sign tanda domba domba untuk menjadi korban.
Gembala org yg mengerti ttg Tuhan. 


Org yg kenal Tuhan. Org yg pertama kali Tuhan akan bicara ttg rencana dan hatiNya.

Yesaya 53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
Org yg mengasihi dan mencintai Tuhan. Org yg dekat dgn Tuhan. Dan mengenal hatinya. 

2. Org Majus

Matius 2:1-6 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: 


Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel." 


Ada tanda dilangit dan memberikan org majus itu menemukan bayi Yesus, akan tiba saatnya akan ada org org yg tdk kenal Tuhan dimunculkan dlm hati mereka dan bertanya dimana juru selamat?? Ada pada Yesus. 

Org majus punya passion yg lebih kuat u mencari Yesus. Kejar kejar dan kejar ( hampir 2 th mereka berjalan u mencapai apa yg Tuhan gerakkan)
Tdk ada ditengah tengah kita yg padam gairahnya. 

Passion membuat negara negara kota kota desa desa menjadi gempar. Org Majus merupakan org itu. 


Bnyk org hatinya beku dan dingin ( co ahli ahli taurat)
Walaupun ada kegerakan org itu tetap berhenti, mari jadi org yg bergerak dgn Tuhan. Org majus tdk pernah menanyakan apakah benar yg lahir juru selamat??? Tapi mereka tdk tanya karena ada kebenaran didlmnya. Kalau kita tau kebenarannya maka dunia tdk Bis menggoncang kita. 


Ketika yg dilihat berbeda dgn yg dipikiran maka kebanyakan kita cancel dan kecewa, tp org org majus percaya dgn hatinya bahwa itu Yesus. Yg dihati itu tdk bisa dicuri. Dan emas kemenyan dan mur itu diberikan Tuhan. 

#Emas = lambang kerajaan = You are the King ( org majus mengakui Yesus pertama kali sbg raja) #Kemenyan = pohon yg dikerat dan mengeluarkan bau harum, untuk mengumpulkan kemenyan itu tdk mudah karena getahnya sangat sedikit. Engkau adalah iman = perantara manusia dengan Tuhan. #Mur = dipakai sbg wangi wangian waktu org mau dimakamkan, dgn sebuah tanda bahwa satu hari bayi itu akan mati sebagai korban. 

Org Majus org yg mengasihi dan mencintai Tuhan. 


Herodes tdk bisa mendekat
Ahli taurat tdk bisa mendekat
Kalau kita mau dekat dgn Tuhan satu alasannya ketika kita mencintai dan mengasihi Tuhan.

Pesan natal
Mari punya kasih dan passion yg begitu kuat, jng berhenti ditengah jalan sampai kita ketemu Yesus.

Amin. 

Tuhan memberkati. 

Song
Glorify your name
Glorify your name
Glorify your name in all the earth


Script Writer : Hendy Ferdiantamtama

Komentar

Postingan Populer