Lembah Pengharapan

Ps Victor Purnomo
JKI HTE sore



Minggu, 18 Desember 2016

Lembah Pengharapan

Script By: Hendy Ferdiantantama
Kita masuk GT GL dan GN
Th depan kita akan jalani waktu yg luar biasa dgn Tuhan.

Ada janji Tuhan dalam hidup kita, semua yg tov yg kita trima ada yg harus dilewati yaitu lembah u bisa naik k gunung gunung tinggi.
Gunung lambang puncak keberhasilan
Lembah sesuatu yg kurang enak dibawah
Tapi kita harus lewati itu.

Kejadian 26:15-24 Segala sumur, yang digali dalam zaman Abraham, ayahnya, oleh hamba-hamba ayahnya itu, telah ditutup oleh orang Filistin dan ditimbun dengan tanah.
Lalu kata Abimelekh kepada Ishak: "Pergilah dari tengah-tengah kami sebab engkau telah menjadi jauh lebih berkuasa dari pada kami."
Jadi pergilah Ishak dari situ dan berkemahlah ia di lembah Gerar, dan ia menetap di situ.
Kemudian Ishak menggali kembali sumur-sumur yang digali dalam zaman Abraham, ayahnya, dan yang telah ditutup oleh orang Filistin sesudah Abraham mati; disebutkannyalah nama sumur-sumur itu menurut nama-nama yang telah diberikan oleh ayahnya.
Ketika hamba-hamba Ishak menggali di lembah itu, mereka mendapati di situ mata air yang berbual-bual airnya.
Lalu bertengkarlah para gembala Gerar dengan para gembala Ishak. Kata mereka: "Air ini kepunyaan kami." Dan Ishak menamai sumur itu Esek, karena mereka bertengkar dengan dia di sana.
Kemudian mereka menggali sumur lain, dan mereka bertengkar juga tentang itu. Maka Ishak menamai sumur itu Sitna.
Ia pindah dari situ dan menggali sumur yang lain lagi, tetapi tentang sumur ini mereka tidak bertengkar. Sumur ini dinamainya Rehobot, dan ia berkata: "Sekarang TUHAN telah memberikan kelonggaran kepada kita, sehingga kita dapat beranak cucu di negeri ini."
Dari situ ia pergi ke Bersyeba.
Lalu pada malam itu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Akulah Allah ayahmu Abraham; janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau; Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu."

Abimelek menganggap ishak itu saingan, karena abimelekh mengerti Tuhan menyertai ishak. Krn itu ishak diusir dari daerah itu.
Abimelek melihat dlm diri ishak ada otoritas kluar dari dirinya.

Kalau hidup kita tdk ada apa apanya org tdk akan terganggu dlm hidup kita. Tapi kalau ada gangguan maka hidup kita ini ada sesuatu didlm kita.
Setiap kita ini org org yg berbahaya bagi kerajaan musuh. Amin

*Lembah pertama*
# Gerar = diseret
Buat Tuhan tdk ada pilihan lain harus diseret. Kalau Tuhan sedang menyeret hidup kita ada pertanda bagus buat hidup kita artinya kita akan dibawa ke level yg lebih lagi.
Hari itu ishak bergerak.
Ishak menggali smua sumur sumur org filistin. Airnya berbual bual,  gembala gembala mereka bisa minum air itu.
Esek = pertengkaran ( bertengkar gembala ishak dan gembala gerar)
Diberikan tempat itu pada gembala gerar.

# Sitna = bertikai bertengkar
Ishak memberikannya. Itu mental kerajaan surga. Kemanapun kita bergerak kita akan membawa air yg berbual bual.
Smua yg kita gali berbual hasilnya.

# rehobot = tempat yg luas lapang dan besar.
Disitu ishak tinggal. Tuhan akan menyediakan rehobot buat hidup kita. Kita akan nikmati itu.

Minta ke Tuhan tarik hidupku paksakan kehendakMu. Lagi susah minta tolong Tuhan Yesus.

2 Samuel 5:17-25 Ketika didengar orang Filistin, bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas Israel, maka majulah semua orang Filistin untuk menangkap Daud. Tetapi Daud mendengar hal itu, lalu ia pergi ke kubu pertahanan.

Ketika orang Filistin itu datang dan memencar di lembah Refaim,
bertanyalah Daud kepada TUHAN: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu? Akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab Daud: "Majulah, sebab Aku pasti akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu."

Lalu datanglah Daud di Baal-Perasim dan memukul mereka kalah di sana. Berkatalah ia: "TUHAN telah menerobos musuhku di depanku seperti air menerobos." Sebab itu orang menamakan tempat itu Baal-Perasim.

Orang Filistin itu meninggalkan berhalanya di sana, lalu Daud dan orang-orangnya mengangkatnya.

Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim,
maka bertanyalah Daud kepada TUHAN, dan Ia menjawab: "Janganlah maju, tetapi buatlah gerakan lingkaran sampai ke belakang mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau.

Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau bertindak cepat, sebab pada waktu itu TUHAN telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin."
Dan Daud berbuat demikian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, maka ia memukul kalah orang Filistin, mulai dari Geba sampai dekat Gezer.

Filistin musuh langganan org israel. Dia dtg ketika daud diurapi jadi raja. Biar daud tdk punya kuasa dan mencoba mengalahkan daud.

*Lembah kedua*
# lembah raksasa = lembah Refaim
Harus kita hadapi. Kunci kemenangan daud tanya Tuhan. Jng terburu buru. Hadapi itu dan kalahkan setiap musuh. Tuhan menolong daud dgn begitu mudah.
Kelemahan kita adalah kita sok tau dan keminter disitu kita banyak gagal. Sebenarnya kita tdk tau banyak. Kalau bukan Dia yg membuka kita bisa kalah. Tanya dulu strateginya.

*Kunci tanya Tuhan apapun*
 Akan terhindar dari smua kegagalan dan kerugian.
Minta Tuhan buat kita mengerti kalau Tuhan bicara.
@ kepekaan.

Hari itu daud plg dgn kemenangan besar.

# Mazmur 84:6-7  (84-7) Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.
(84-8) Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.

Untuk bisa mjdi kuat kita harus lewati lembah baka dan air mata.  Disitu Tuhan sedang training kita. Untuk ketemu dgn Tuhan dan bisa naik ke gunung itu.

*Lembah ketiga*
Lembah baka = air mata = kerat mengeluarkan getah.

Tumbuhan yg menghasilkan getah yg harum adalah ( dr pohon yg dikerat)
# Kemenyan
Para imam mengambil itu dijadikan dupa yg harum.
# pohon mur
Menghasilkan getah yg begitu harum

Lembah itu bagus klo kita bisa melewatinya bukan air mata kepahitan tapi mata air yang harum dan menyenangkan Tuhan. Mata air itu memberikan kehidupan.
Klo kita bisa melewati lembah itu ada keharuman dan kita tiba tiba jadi org yg begitu kuat untuk mendaki setiap gunung sampai ke puncaknya.

Ujungnya ada kemenangan yg besar. Mari lewati lembah itu.

Amin.

Tuhan memberkati.

Song :

YA TUHAN KUPERCAYA, AKU PERCAYA
LEWATI LEMBAH AIR MATA, AKU PERCAYA
FIRMAN-MU YA DAN AMIN, AKU PERCAYA
KEM'NANGAN SUDAH KAU JAMIN
AKU PERCAYA

Amin.

Komentar

Postingan Populer