Passion ku

Passion ku



Sejak kuliah saya mempunyai passion untuk mempunyai usaha kebun tanaman hias. Proses merintis mulai dijalan kan saya mulai membeli tanaman hias mulai dari Bromelia, Tilandsia, Phalaenopsis, Anthurium daun.

Proses dimulai, saya coba ikut pameran dan dengan barang pinjaman saya mulai jualan tanaman hias, tiga kali saya mengikuti nya ada keuntungan yang di dapat.

Ketika kuliah hampir lulus, saya minta dibelikan tanah dan rumah di Salatiga namun mama saya menolak dengan cara menangis. Akhirnya tidak jadi usaha di Salatiga.

Saya pulang banyak tanaman yang ditinggalkan dan semua yang di rencana kan hancur.

Empat tahun saya di rumah, satu kali saya ikut lomba kreasi Resep Kecap Bango, saya terpilih menjadi 10 grand final tingkat Jawa Barat.

Kemudian selama tujuh tahun saya mengabdi saya mengembangkan Anthurium dan Adenium, Adenium lokal sampai menjadi 500 pot lebih. Kemudian saya pernah mengikuti training Organik Farming.

Kemudian saya meninggalkan apa yang saya kerjakan, ribuan pot hanya dibawa lima puluh pot lebih.

Kini saya selain menulis saya memulai kembali passion saya. Saya menanam Adenium bunga tumpuk.

Saya mulai mencoba menjual online Adenium tumpuk, ada kendala cuaca sehingga pertumbuhan Adenium tidak maksumal. Bonggol menjadi lembek karena media basah, harus diangkat dan di gantung. Jujur untuk memulai passion ini saya takut gagal.

Untuk mengeksekusi keputusan untuk terjun kepada passion ku selain menulis, di antara keraguan saya memutuskan untuk masuk dalam passionku.

Tuhan, Adenium yg menjadi koleksi ku belum sempurna, saya kembali belajar komposisi media tanam yang benar.

Buka kembsli buku Adenium yang ada, mengerti keadaan lingkungan dan menerapkan keseimbangan antara pengetahuan dan iman, saya juga mengurapi tanaman yg ada. Seru praktek iman.

Walaupun jualan on line baru laku satu, saya mau memcoba menekuninya. Amen

With Love

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer