Adenium Trend 2017

Adenium Trend 2017
IG : @gloriousadenium


Awal Tahun Ini Beberapa Nursery Merealese Adenium Bunga Tumpuk yang terbaru, ada beberapa trend warna yg sedang trend diantaranya Orange, Kuning, Ungu, Splash dan sebagainya.


Sosok adenium berpetal tumpuk itu langsung memikat perhatian. Kuntum bunga berbentuk bulat dengan warna dasar putih dan motif garis merah muda pekat yang tegas. Penampilannya berbeda dengan adenium double flower yang selama ini beredar di tanahair. Bunga tumpuk generasi pertama itu, contohnya dancing lady, bentuknya cenderung membintang dengan warna polos. Eloknya lagi, petal kedua si tumpuk baru itu membuka dengan sempurna.


“Adenium tumpuk ini merupakan hasil three way crossing (Adenium somalense var crispum x A. obesum) x A. somalense var somalense,”  tulis Handry Chuhairy, pemain adenium senior di Tangerang, Provinsi Banten, dalam surat elektroniknya kepada wartawan Trubus, Evy Syariefa, setelah melihat foto bunga tumpuk itu. Dugaan itu berdasar corak tegas di petal yang merupakan ciri khas somalense var crispum. Bentuk bulat merupakan bawaan obesum. Sementara darah somalense var somalense menitis pada daun dengan tulang kemerahan yang lebar.


Somalense var crispum dan somalense var somalense lazim dipakai penyilang di Taiwan untuk menghasilkan adenium dengan bunga atraktif karena bermotif seperti harry potter yang legendaris. Sementara A. obesum yang berbunga polos dan berukuran besar lebih banyak dipakai oleh penyilang di Thailand. Karakter seperti itulah yang ada pada dancing lady alias doxon, adenium pertama berbunga tumpuk yang berwarna merah polos. Harap mafhum, koleksi somalense Taiwan memang terlengkap, sementara Thailand gudang obesum.

Tumpuk impian

“Saya belum pernah melihat bunga seperti ini,” tulis Handry, salah satu pelopor tren adenium di Indonesia, tentang si petal ganda berbentuk bulat dan bermotif tegas itu. Mawar gurun tumpuk nan elok itu koleksi hasil silangan Zaida Flora di Jakarta Timur. Si empunya menamakan double tamara. Ia terlahir dari perkawinan antara tamara yang berpetal tunggal, warna putih kombinasi garis merah muda yang tipis dengan double beauty. Yang disebut terakhir mewariskan warna merah muda tegas pada garis-karena turunan crispum-dan sifat tumpuk.  Double tamara memiliki karakter bunga tumpuk impian: rajin berbunga, ukuran besar mencapai diameter 5-7 cm, dan petal kedua membuka sempurna.

Berbarengan dengan double tamara, juga lahir dua shabi star berpetal ganda lain. Salah satunya berwarna dasar kuning dengan splash merah hasil persilangan antara orion dan double beauty. Mawar gurun tumpuk itu juga bunga idaman. Harap mafhum warna kuning sulit didapatkan pada adenium. “Meski menggunakan indukan berwarna kuning, hanya sedikit keturunannya yang mewarisi warna itu,” tutur Zaida Flora yang menyilangkan adenium sejak enam tahun silam. Warna kuning diturunkan dari orion, sementara petal tumpuk berasal dari double beauty.

Jenis lain berukuran mini, diameter bunga hanya 3 cm. Si mini sangat rajin berbunga dan produktif. Dalam setiap pucuk memunculkan 6-7 bunga, bunga di pucuk berbeda muncul susul-menyusul. Lagi-lagi darah crispum hadir dari garis di petal. Salah satu induk bunga tumpuk mini itu adalah golden white crispum yang menurunkan sifat rajin berbunga.

Tiga susun

Penelusuran Trubus, membuktikan variasi mawar gurun tumpuk terus  bertambah. Bukan melulu hasil silangan penyilang di Thailand-pelopor adenium tumpuk-tapi juga silangan lokal. Hendri Susanto, hobiis di Surabaya, Jawa Timur,  mengoleksi putri tadulako. Mawar gurun berpetal triple itu hasil perkawinan antara doxon dengan harry potter. Putri tadulako salah satu triple pertama yang lahir di Indonesia.


Dari Thailand ada new triple white, new triple red, dan new triple pink. Hartono, kolektor tanaman hias di Surabaya, memboyong ketiganya dari nurseri Nabanant. Kebun adenium milik Anant Kulchaiwatna itu memang salah satu pelopor bunga tumpuk di Thailand. Nurseri Nabanant yang pertama kali memperbanyak dancing lady. Lalu melakukan persilangan antara adenium tumpuk merah itu dengan jenis-jenis lain seperti harry potter sehingga melahirkan banyak variasi, termasuk adenium berpetal tumpuk tiga.
Dari : Berbagai Sumber































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer