Benih dan Pohon



Alkitab banyak menggambarkan tentang pengaruh yang akan dimunculkan oleh orang-orang benar dengan gambaran seperti sebuah benih & pohon (Maz 1:1-3, Mat 13:1-23, 13:31-32, Maz 92:12-15, Yes 61:1-3, Yeh 47:12, Why 22:1-2)

Benih yang dimaksud tentu saja adalah benih firman dan ketika benih firman itu mulai bertumbuh dalam hidup orang percaya, sebagai hasilnya kehidupan orang-orang benar akan bermanifestasi seperti pohon-pohon yang dinubuatkan oleh Yehezkiel & Yohanes saat ia di buang di pulau Patmos.

1. Untuk benih dapat bertumbuh, benih tersebut harus dirawat.

Untuk manusia (Ciptaan Baru) dapat terus hidup (menjalani kehidupan Ilahi yang sudah diterima dari Tuhan saat alami kelahiran baru), ia membutuhkan firman. Firman digambarkan sebagai sebuah benih karena kemampuan yang dimiliki oleh firman tersebut. Dengan adanya firman dalam hidup Ciptaan Baru artinya (1) firman akan memulai terjadinya suatu siklus yang baru dalam hidup orang percaya, (2) firman akan memastikan keberlanjutan dari kehidupan Ilahi dalam hidup orang percaya, (3) firman akan memastikan terjadinya pertumbuhan & terobosan/ kemajuan dalam hidup orang percaya. Tapi itu semua membutuhkan kerja sama dari orang percaya yang bersangkutan. Orang percaya harus terus menjagai hati yang bergelora dalam kasih mula-mula; memastikan kondisi manusia rohnya tetap lembut, mudah dibentuk, mudah diajar dan mau berubah; mengkondisikan diri untuk selalu alami bekerjanya roh doa & roh pengenalan akan Tuhan... Itu semua adalah unsur-unsur yang dibutuhkan untuk memastikan benih firman yang tertabur akan dapat terus bertumbuh dalam hidupnya...

2. Untuk sebuah tanaman dapat terus berakar & bertumbuh menjadi suatu pohon, ia membutuhkan air & sinar matahari.

Adanya manusia roh yang terus berkobar dalam cinta akan Tuhan; roh yang lembut, mudah diajar & mau berubah; bekerjanya roh doa & roh pengenalan akan Tuhan dalam hidup seseorang akan mengkondisikan untuk orang yang bersangkutan jadi terus mengalami pekerjaan Roh secara nyata. Firman yang diterima oleh orang percaya butuh di pastikan tidak terganggu oleh ketidak mengertian, berbagai konflik batin ataupun kekuatiran dunia & tipu daya kekayaan (Mat 13:19-22) Adanya pekerjaan Roh dalam hidup seseorang memberi kepastian untuk setiap firman dapat berakar & bertumbuh dalam hidup orang yang bersangkutan; Roh bekerja menolong orang yang bersangkutan untuk dapat memahami implementasi setiap firman. Ada anugerah yang bekerja & memampukan orang yang bersangkutan untuk menjadi pelaku firman. Hal ini memberi posisi rohani yang otomatis membuatnya dapat menanggulangi berbagai gangguan dari roh kekuatiran & roh cinta akan uang. Tanah hati yang terbaik jadi mulai tersedia untuk firman dapat bekerja secara lebih mendalam.

3. Untuk suatu pohon dapat menghasilkan buah, ia membutuhkan lapisan tanah yang subur/ pupuk yang sesuai.

Untuk dibangkitkan menjadi orang-orang benar, kita harus terus mengikuti tuntunan Roh Kudus yang Ia nyatakan melalui suara hati nurani kita. Untuk itu harus dipastikan saat hati nurani mulai berbicara tidak boleh ada 'distorsi'/ gangguan dari pihak-pihak lain - dalam hal ini, aktifitas pekerjaan roh-roh dunia. Seringkali suara hati nurani seseorang yang sudah menyatakan arahan tertentu tidak bisa segera di taati karena masih adanya berbagai 'gangguan hama' dari roh-roh dunia ini. Akibatnya selalu terjadi 'pergulatan' untuk taat dalam pikiran/ hati. Fakta dari masih adanya pergulatan untuk mengikuti tuntunan suara hati nurani menunjukkan bahwa didalam kehidupan orang percaya seringkali masih ada berbagai celah yang bisa dimanfaatkan oleh Musuh untuk ikut 'bersuara & memberi opini'. Seringkali dalam hal ini dibutuhkan ketekunan dari orang percaya untuk terus memperkatakan firman & 'menutup' semua celah yang sering dipakai oleh musuh untuk berkata-kata dalam batin kita (Maz 8:2)

4. Sekali pohon mulai berbuah, sesungguhnya pohon tersebut akan menghasilkan banyak pohon-pohon lain yang sejenis.

Saat orang percaya terus mengikuti tuntunan hati nuraninya - saya yakin - salah satu arahan yang Roh Kudus akan lakukan adalah menuntun orang percaya yang bersangkutan untuk mengenali & memasuki 'ladang yang sudah Tuhan berkati' (Kej 27:27); jenis 'pekerjaan baik' (Ef 2:10) yang harus ia selesaikan. Di area kehidupan itulah Tuhan akan 'menaburkan' hidupnya menjadi suatu benih (Mat 13:36-38) Dengan orang percaya tersebut terus meng-out work setiap firman yang ia terima, hidupnya akan jadi seperti tanaman pohon korma (Maz 92:12-15), seperti pohon tarbantin kebenaran (Yes 61:3) maksudnya, walaupun Tuhan akan memunculkan kehidupan orang percaya tersebut menjadi orang-orang benar yang akan bercahaya seperti matahari dalam kerajaan Bapa (Mat 13:43) tapi Ia tidak akan mewujudkan hal tersebut dalam waktu semalam; Ia akan membiarkan orang percaya yang bersangkutan terus menumbuhkan akar-akar rohaninya untuk mengejar kebenaran dalam ketekunan; belajar menjadi lebih kuat dengan cara bergulat melawan berbagai tantangan yang bersumber dari keputusannya dalam mentaati suara Roh - melawan arus dunia ini; menjagai api pekerjaan Roh Kudus dan kadar haus-lapar akan Tuhan dalam batinnya hingga ia selalu alami cengkeraman realita Tuhan dalam hidupnya... Semua itu akan ikut membangun suatu reputasi tertentu dalam kehidupan orang percaya yang bersangkutan. Reputasi yang terbangun dalam kebenaran & anugerah inilah yang akan memposisikan orang percaya menjadi orang benar. Saat Tuhan melihat orang percaya yang Ia miliki siap untuk di promosikan menjadi bagian dari orang-orang benar, Bapa akan menciptakan suatu momentum rohani sebagai moment untuk 'mentahbiskan' kemunculan orang benar di suatu negeri. Sejak saat itulah apapun yang orang benar lakukan akan 'memberi makan' dan sekaligus 'menyembuhkan' bangsa-bangsa (Yeh 47:12, Why 22:1-2)#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)


Risalah Kotbah minggu Ps. Steven Agustinus tanggal 22 januari 2017 yang berjudul " DIBANGUN MENJADI ORANG BENAR" sudah di upload ke apk. Daily devotion. Silahkan di pelajari Dan praktekan.....

Khusus anda pengguna android, yang belum install apk tersebut silahkan Klik link berikut :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcc.dailydevotion

Atau masuk ke play store lalu search : Steven Agustinus

GBU.

Komentar

Postingan Populer