Gereja Melahirkan Orang-orang Benar


Tuhan menghendaki gereja melahirkan orang-orang benar/ anak-anak kerajaan karena merekalah katalisator/ faktor penghantar untuk terjadinya terobosan, perubahan/ transformasi atas suatu bangsa.
Maz 85:9-13 (85-10) Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita.
(85-11) Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman.
(85-12) Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan menjenguk dari langit.
(85-13) Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.
(85-14) Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan akan membuat jejak kaki-Nya menjadi jalan.

Jadi siapakah sebenarnya yang berhak/ layak disebut sebagai 'Orang Benar'/ 'Anak-anak Kerajaan'?

1. Mereka adalah orang-orang yang sudah mengalami kelahiran baru.

Ada banyak orang baik 'diluar sana' tapi jika kita mau mengklasifikasikan 'orang benar', sudah pasti mereka haruslah orang yang sudah mengalami karya penebusan oleh darah Kristus - hidup mereka sudah dibenarkan melalui korban Kristus diatas kayu salib. Sesungguhnya diatas muka bumi ini tidak ada 'orang benar'; hanya mereka yang sudah dibenarkan melalui korban Kristus, dapat menjalani kehidupan sehari-hari mereka sebagai orang benar.

2. Mereka adalah Ciptaan Baru yang memutuskan untuk terus hidup mengikuti tuntunan hati nurani mereka yang murni.

Mereka yang sudah mengalami pengalaman kelahiran baru, alami hati nurani mereka dibersihkan dengan darah Kristus (Ibr 9:14) dan dengan terus belajar mengikuti tuntunan hati nurani mereka yang sudah di kuduskan tersebut, mereka dapat menjalani perjalanan hidup sebagai orang benar diatas muka bumi ini. Hati nurani yang sudah di bersihkan akan mengkondisikan kita jadi orang yang selalu haus-lapar akan kebenaran. Ketika Roh Kebenaran bekerja dalam hidup seseorang, Roh Kebenaran akan menghantar seseorang selalu hidup dalam kebenaran - menjadi orang benar...

3. Kehidupan sebagai Orang Benar akan termanifestasi dalam setiap ucapan, tindakan & motivasi hati yang tulus, akurat dihadapan Tuhan maupun manusia.

Saat seseorang terus mengikuti tuntunan hati nuraninya yang murni, Tuhan akan terus 'menata ulang' segala aspek kehidupan yang selama ini dijalaninya sehingga makin hari jadi makin tulus, akurat - sesuai dengan firman & keberadaan Tuhan sendiri (Mat 5:48) Cepat atau lambat Tuhan pasti akan mempromosikan keberadaan orang-orang benar yang Ia miliki (Mat 13:43)

4. Saat seseorang terus mengikuti tuntunan suara hatinya, tanpa ia sadari sesungguhnya ia sedang meninggalkan jalan kehidupan yang gelap dan berpindah ke jalan kehidupan yang penuh terang Tuhan

Ayub 32:8 Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.

Ams 20:27  Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

Tuhan berbicara dan memberikan tuntunan kepada kita tidak selalu dengan mempergunakan cara-cara yang spektakuler & supernatural. Seringkali Dia justru mempergunakan cara-cara yang sangat natural - mempergunakan suara batin/ suara hati nurani kita. Di saat kita terus mentaati suara hati nurani kita, tanpa kita sadari, kehidupan sehari-hari kita justru jadi semakin akurat di hadapan Tuhan & berakar makin makin kuat dalam kehidupan sehari-hari.
Saya yakin, justru melalui kehidupan sehari-hari yang akurat & kuat inilah Tuhan akan mulai mempromosikan serta menjadikan kehidupan kita jadi seperti pohon yang tumbuh besar, subur dan menghasilkan banyak buah sehingga akan memberkati banyak orang yang berinteraksi dengan diri kita.

5. Semakin seseorang membenahi setiap aspek kehidupan sehari-harinya, ia sedang menggenapi nubuatan firman yang mengatakan bahwa 'kehidupannya akan makin bertambah terang hingga rembang tengah hari' (Ams 4:18)

Kehidupan orang-orang benar akan makin jauh dari permasalahan yang bersumber dari berbagai ketidak akuratan. Yang akan ia hadapi biasanya hanyalah tantangan-tantangan yang bersumber dari ketidak akuratan yang masih ada di dunia sekitarnya. Setiapkali orang benar melewati suatu tantangan hidup, ia akan jadi makin kuat didalam Tuhan; berakar makin mendalam didalam kebenaran. Ia seperti sedang menaiki satu anak tangga kemuliaan yang lebih tinggi lagi...

6. Ketekunan untuk terus mengikuti tuntunan hati nurani akan memposisikan seseorang jadi berdampak kuat atas suatu teritorial/ area kehidupan.

Suara hati nurani seseorang akan menuntun orang yang bersangkutan untuk mulai menekuni suatu bidang keahlian tertentu. Dengan ketekunan untuk terus berkiprah di suatu area/ teritorial kehidupan tertentu - misal, menjadi seorang pengacara/ guru/ motivator dan lain-lain, seseorang tanpa ia sadari sedang terus membangun reputasinya. Dengan ditambah bekerjanya kuasa anugerah dalam hidup orang yang bersangkutan, reputasi yang ia miliki akan di pakai oleh Tuhan untuk menempatkan orang yang bersangkutan menjadi seseorang yang berpengaruh, berotoritas & berkuasa - membawa pola Ilahi untuk area kehidupan/ teritorial tersebut sehingga kehidupannya menghasilkan dampak yang sangat kuat. Ia jadi seperti tanaman/ pohon yang ditanam di pelataran Rumah Tuhan - bertumbuh dengan pesat, menjadi besar didalam anugerahNya sehingga kehidupan sehari-harinya akan dapat menaungi kehidupan banyak orang...
7. Ada banyak janji & firman yang menyatakan bahwa Tuhan bekerja sama dengan orang-orang benar untuk membawa perubahan & kemajuan atas negeri.

Sekali Tuhan berjanji, Ia pasti akan menepati janji tersebut. Itu sudah menjadi ketetapan Tuhan. Apapun jenis tantangan yang harus dihadapi oleh orang-orang benar, Dia akan selalu menyertai keberadaan orang benar tersebut. Dia akan terus menjagai mereka, menyertai & memberkati mereka. Justru melalui kehidupan orang-orang benar inilah, Tuhan akan menata ulang kehidupan sosial dari seluruh masyarakat yang ada sehingga sekali lagi kebenaran akan berkuasa di masyarakat luas; sekali lagi kehidupan orang-orang benar menjadi pola, cetakan & pengaruh yang kuat, yang akan menata ulang seluruh aspek kehidupan masyarakat yang ada di jaman ini...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)



Salah satu kotbah terbaik Ps. Steven Agustinus berjudul  “ATMOSFER  DOA” sudah diupload di aplikasi daily devotion Ps. Steven Agustinus.
Silahkan cek lebih lanjut di aplikasi.
Bagi yang belum install aplikasi ini silahkan mendapatkan dengan cara klik link berikut :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcc.dailydevotion
Atau masuk ke play store lalu search : Steven Agustinus
GBU.

Komentar

Postingan Populer