Takaran Anugerah 3



Message ini adalah kelanjutan dari message di hari Sabtu yang lalu dan hari Senin kemarin...

 3. Anugerah yang Bapa curahkan di setiap level rohani membutuhkan suatu respon yang akurat sebelum mulai bekerja & menciptakan suatu momentum yang bakal menghantarkan kita untuk menaiki level baru dari kemuliaanNya.

Saya makin belajar bahwa ternyata segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah merupakan hasil kerja sama antara Kedaulatan Tuhan dengan pengambilan keputusan yang kita lakukan. Seseorang akan mengalami banyak terobosan & terus bertumbuh dengan pesat karena ia memutuskan untuk tidak menyia-nyiakan takaran anugerah yang sudah Tuhan berikan dalam hidupnya. Dari tekad yang ia 'tunjukkan', Tuhan memberikan respon dengan membawanya alami terobosan & pertumbuhan yang lebih lagi. Demikianlah siklus terobosan & pertumbuhan dalam hidup seseorang akan terus berlanjut - sampai rembang tengah hari (Ams 4:18)

a. Jagai momentum rohani didalam hidup kita.

Setiapkali Bapa mencurahkan anugerahNya - ada suatu pekerjaan Roh yang kita alami dalam hidup kita - otomatis kita akan merasakan adanya suatu gelora emosi yang meluap-luap, penuh keantusiasan; ada sorak sukacita & sorai sorai kemenangan yang mengalir, memancar dari dalam batin kita (Yer 33:7-12) Setiapkali Tuhan menghadirkan suatu 'permulaan yang baru', akan selalu ada gelora emosi positif yang dirasakan oleh orang yang bersangkutan. Gelora emosional yang dirasakan oleh orang tersebut adalah merupakan pertanda adanya suatu momentum yang baru, yang Tuhan hadirkan dalam hidup seseorang.

Momentum baru tersebut akan menggerakkan orang yang bersangkutan untuk mengejar Tuhan secara lebih lagi. Dengan mengikuti dorongan yang ada, artinya orang yang bersangkutan sedang mengikuti & memelihara kekuatan momentum rohani tersebut.

b. Jadikan pembacaan & menghafalkan firman sebagai 'bahan baku' untuk menjagai kekuatan momentum rohani yang ada.

Sama seperti api unggun membutuhkan kayu api-kayu api baru untuk membuatnya tetap menyala penuh, demikian pula dengan level pekerjaan Roh Kudus didalam kita; dibutuhkan adanya firman-firman yang baru, yang memang dengan sengaja kita 'gosokkan' ke dalam manusia roh kita sehingga kadar pekerjaan roh dalam hidup kita jadi makin bertambah kuat.

Jangan sekedar membaca firman; bacalah firman secara sedemikian rupa sehingga kita bisa merasakan ada satu bagian firman yang seperti 'menggores' dalam batin kita.

Apa yang 'terasa menggores' dalam batin itulah yang harus terus kita hafalkan & imajinasikan mulai terjadi dalam diri kita.

Tindakan kita 'menggoreskan firman' dalam batin sesungguhnya adalah suatu tindakan aktif yang kita lakukan untuk terus 'menyalibkan' kedagingan kita. Inilah yang akan memastikan kehidupan Kristus jadi terus nyata & takaran anugerah dalam hidup kita jadi terus bertumbuh & bertambah didalam kehidupan kita...

Memang tidak mudah untuk memastikan setiap hari akan selalu ada bagian-bagian tertentu dari firmanNya yang bakal menggores batin kita; tapi itulah wujud ketekunan yang Bapa 'tuntut' dari diri kita jika kita memang merindukan untuk terus dapat bertumbuh didalam anugerahNya.

Kita harus memilih, jenis kuk apa & kuk dari siapa yang mau kita pikul (Ul 28:47-48, Mat 11:28-30) Ketetapan hati yang kita jalani untuk terus mengejar realita Tuhan akan memberikan kepastian  selalu adanya pekerjaan Roh didalam kehidupan kita.

c. Teruslah terbuka untuk mengikuti arahan-arahan baru/ tidak lazim yang Roh Kudus lakukan dalam batin kita.

Program pelatihan yang Roh Kudus lakukan dalam hidup kita adalah untuk memastikan agar manusia batiniah yang kita miliki jadi terbangun makin akurat, tajam & perkasa. Semua itu dibutuhkan dalam keseharian kita demi untuk menangkal segala bentuk pengaruh & tipu daya musuh yang terus bekerja demi untuk membuat kita jadi tergelincir keluar dari jalan-jalan yang sudah Tuhan tetapkan bagi kita. Saat kita termakan oleh tipu daya Iblis, secara tidak langsung, kita sudah membiarkan bejana kehidupan kita jadi bocor. Akhirnya, apapun yang Tuhan berikan dalam hidup kita, akan seperti 'menguap' begitu saja karena memang ada 'kebocoran rohani' didalam hidup kita. Takaran anugerah dalam hidup kita tidak akan mungkin jadi bertumbuh...

Pastikan kita terus mendapati dari hari ke hari, level kekuatan pekerjaan Roh dalam hidup kita terus meningkat; kekuatan cengkeraman realita hadirat Tuhan dalam batin kita terus meningkat - selalu ada gelora keantusiasan, sukacita & keyakinan akan penyertaan Tuhan dalam batin kita.

~ Jika Roh Kudus mulai menggerakkan kita untuk lebih banyak memperkatakan firman....taati hal tersebut!

~ Jika Roh menggerakkan kita untuk berdoa dalam bahasa roh secara lebih lama & bersuara keras....taati hal tersebut!

~ Jika Roh menggerakkan kita untuk berpuasa....taati hal tersebut!

~ Jika kita mulai merasakan level kekuatan manusia roh kita jadi mengendor, level gelora keantusiasan mulai memudar.... segera ambil waktu berpuasa dan cari wajahNya lebih lagi...
Pendek kata, dimensi anugerah dalam kehidupan kita akan terus bertumbuh selama kita bisa memastikan selalu ada pekerjaan Roh dalam batin kita. Adanya  dinamika Roh didalam hidup kita, memberi kepastian untuk selalu terjadinya momentum rohani yang bakal 'melempar kita' untuk naik ke level kemuliaan yang lebih dahsyat lagi...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Khusus anda pengguna android, yang belum install apk tersebut silahkan Klik link berikut :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcc.dailydevotion

Atau masuk ke play store lalu search : Steven Agustinus

GBU.

Komentar

Postingan Populer