Kekuatan Manusia Roh

Kekuatan Manusia Roh

Untuk sepenuhnya menaklukkan kekuatan Mamon dalam hidup seseorang - mengalahkan pekerjaan roh cinta akan uang & roh takut berkekurangan dalam hidup seseorang - dibutuhkan suatu takaran kepenuhan Roh yang terjadi dalam kehidupan orang yang bersangkutan.

1. Seseorang yang sudah menerima baptisan Roh akan dapat mengkondisikan dirinya untuk selalu ada pada level kepenuhan Roh yang membuatnya tidak bisa lagi di pengaruhi oleh aktifitas pekerjaan roh-roh dunia.

Kitab Ef 5:18  menuliskan: "Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,"
Dengan kata lain, Paulus menegaskan bahwa kepenuhan Roh adalah sesuatu yang bisa terus dikondisikan dalam hidup orang percaya.

Jika menyimak janji yang Tuhan berikan kepada murid-muridnya dalam kitab Kisah para rasul 1:8, kata 'kuasa' dalam kalimat ...kamu akan menerima 'kuasa'... ditulis dari kata Yunani Dunamis yang memiliki arti kekuatan, kemampuan yang tinggal permanen dalam diri seseorang; kemampuan untuk melakukan berbagai tindak mujizat; kekuasaan/ pengaruh seperti yang dimiliki oleh orang-orang kaya & orang-orang makmur - maka dengan kita telah menerima baptisan Roh Kudus, kita dapat mengkondisikan diri kita untuk selalu ada dalam kondisi dipenuhi Roh hanya dengan terus berkata-kata, memperkatakan firmanNya.

Mereka yang memiliki kekayaan/ kemakmuran seringkali merealisasikan apa yang mereka inginkan dengan hanya berkata-kata; demikian pula kita yang sudah menerima baptisan Roh; Tuhan memberikan kuasa/ kemampuan kepada kita untuk melakukan mujizat - dari sesuatu yang tidak ada, menjadi ada - dari 'kehidupan yang kosong', melalui deklarasi yang kita lakukan, kita bisa membuat hidup kita terus dalam keadaan 'penuh oleh Roh'.

Demikian pula dengan kita berkata-kata dalam bahasa Roh, Alkitab menyebut kita sedang 'membangun' manusia roh kita (1 Kor 14:4)

Saat seseorang menerima baptisan Roh, ia diberi kemampuan untuk berkata-kata dengan bahasa roh. Biasanya, orang yang bersangkutan hanya berkata-kata dalam satu-dua suku kata dalam bahasa roh. Dari satu-dua suku kata, kita harus kembangkan menjadi suatu kalimat dalam bahasa roh.

Dari satu-dua kalimat, terus kembangkan bahasa roh yang ada menjadi suatu bahasa (alat komunikasi) - ada intonasi, penekanan kalimat. Saat bahasa roh kita sudah menjadi suatu alat komunikasi, latihlah agar menjadi suatu kekuatan didalam batin kita.

Kekuatan manusia roh kita bisa jauh berlipat ganda lebih kuat dari keberadaan lahiriah kita.

2. Seseorang yang menjalani kehidupan sehari-harinya dalam kondisi mengalami kepenuhan Roh pasti memiliki kondisi kehidupan yang berbeda.

Berikut adalah karakteristik dari orang yang sedang hidup dalam kepenuhan Roh Kudus:

a. Disetiap situasi yang ia hadapi selalu ada firman di mulutnya (Kis 2:14-18, Mat 4:1-11)

b. Ada suatu 'kesadaran diri' untuk selalu meresponi apa yang terjadi dengan respon yang positif/ akurat (Ef 5:15-16 - perhatikan terjemahan FAYH: "Jadi, berhati-hatilah dengan kelakuan Saudara; masa ini adalah masa yang jahat. Jangan berlaku bodoh, tetapi jadilah bijaksana; pakailah setiap kesempatan yang ada untuk melakukan kebajikan."

~> Alam sadar & bawah sadar kita ada dalam kendali Roh Kudus

c. Kehidupan sehari-harinya memanifestasikan pola Ilahi yang sudah Tuhan bangun melalui pewahyuan firman & pekerjaan Roh yang terjadi secara konstan dalam hidupnya (Ef 5:17, Rom 12:2)
Perhatikan terjemahan Alkitab Versi Mudah di Baca berikut:

Rom 12:2 Jangan mengubah dirimu menjadi seperti orang di dunia ini, tetapi BIARLAH ALLAH MENGUBAH BAGIAN DALAM DIRIMU DENGAN CARA BERPIKIR YANG BARU.  Jadi, kamu akan mampu memutuskan dan menerima yang dikehendaki Allah bagimu. Kamu akan dapat mengerti yang baik, dan yang menyenangkan bagi-Nya, dan yang sempurna.

Demikian juga dalam Alkitab terjemahan Firman Allah Yang Hidup:

Rom 12:2  Jangan meniru tingkah laku dan kebiasaan dunia ini, melainkan JADILAH ORANG DENGAN KEPRIBADIAN YANG SAMA SEKALI BARU DALAM SEGALA PERBUATAN DAN PIKIRAN, niscaya Saudara akan mengerti dari pengalaman sendiri bahwa jalan-jalan Allah itu sempurna dan sungguh-sungguh memuaskan Saudara.

Bahkan dalam terjemahan FAYH, ayat dlm Ef 5:19 memberikan gambaran yang lebih jelas tentang 'pola Ilahi' yang perlu terbangun dalam hidup setiap orang percaya:

Ef 5:19  Hendaklah Saudara banyak membicarakan Tuhan, mengutip mazmur serta puji-pujian, dan menyanyikan lagu-lagu rohani dengan tulus hati. #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)


Kotbah Ps. Steven Agustinus berjudul "IKATAN  JANJI"  dan risalah kotbah minggu 12 Febuari 2017 berjudul "KEBANGKITAN  ANAK  KERAJAAN" sudah di upload ke apk. Daily devotion.

Dapatkan segera aplikasi Daily Devotion Anda dan Download langsung Khotbah "Ikatan Janji" dari Ps. Steven Agustinus http://bit.ly/2jBO19D

Atau masuk ke Playstore lalu seach : Steven Agustinus.

Komentar

Postingan Populer