Mendeteksi Yang Terjadi Di Alam Roh


Cara paling sederhana untuk mendeteksi berbagai aktifitas yang terjadi dalam alam roh sekitar kehidupan kita adalah dengan memperhatikan/ mewaspadai berbagai pemikiran yang melintasi pikiran kita serta terus mencermati kondisi emosi yang kita rasakan. Logikanya, jika kehidupan kita ada dalam lingkupan hadirat Tuhan, seharusnya semua pemikiran yang melintasi pikiran kita hanyalah semua hal yang 'benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji (Fil 4:8) dan damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan terus menguasai emosi/ batin kita (Fil 4:7)
Jika pikiran & perasaan kita mulai menjadi galau, memunculkan banyak pemikiran & emosi yang negatif, otomatis kita bisa langsung menyatakan bahwa sedang ada serangan dari roh-roh jahat/ roh-roh dunia yang berupaya membawa kita sebagai Ciptaan Baru untuk kembali hidup dalam tekanan, intimidasi & pengaruh/ tipu daya si Jahat.

1. Tindakan aktif yang kita lakukan untuk memaksa/ mengkondisikan pikiran selalu mengimajinasikan firman adalah sebuah proses yang harus kita lalui demi untuk merombak 'cetakan dunia' yang masih kita bawa pada tubuh (kehidupan) lahiriah kita.

Selama 'cetakan dunia' yang ada pada sikap hati, dasar keyakinan & gaya hidup sehari-hari belum mengalami perombakan, Musuh akan terus memiliki adanya 'celah' dalam kehidupan kita yang akan terus mereka manfaatkan demi menekan & mengintimidasi hidup kita yang sedang dalam proses pertumbuhan. Apapun pertumbuhan yang sudah kita raih dalam kehidupan kita, akan coba untuk dirusak oleh Musuh. Itu sebabnya, adalah penting untuk 'memaksa' diri kita terus bertekun dalam pengajaran para rasul maupun dalam membaca & merenungkan firman secara pribadi. Ini adalah jenis kuk yang dari Tuhan, yang memang harus kita pikul; dibandingkan dengan kuk besi yang akan musuh taruh atas pundak kita (baca & bandingkan antara Mat 11:28-30 dengan Ul 28:47-48) Dengan semua 'celah' didalam hidup kita mulai kita 'tutup' melalui langkah pertobatan & tindakan membangun keakuratan, otomatis Musuh juga jadi tidak memiliki peluang/ sarana untuk mengganggu kehidupan kita lagi.

Semakin sering kita merenungkan firman - saya mendorong anda untuk melakukan pendisiplinan diri dengan membaca firman satu jam sekali - semakin terjaga atmosfir rohani dalam hidup kita. Damai sejahtera & sukacita oleh Roh akan terus melingkupi kehidupan sehari-hari kita...

2. Belajarlah untuk meresponi segala sesuatu yang terjadi dalam hidup sehari-hari secara akurat - jangan bereaksi karena biasanya hanya akan cenderung membuat kita jadi memunculkan reaksi yang tidak akurat.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa di sadari, banyak dari kita yang justru lebih sering memunculkan reaksi daripada respon. Itu sebabnya, Musuh jadi lebih mudah memanipulasi kita. Reaksi yang kita munculkan saat menghadapi sesuatu seringkali dipengaruhi oleh kondisi emosi yang sedang kita rasakan. Jika emosi kita sedang negatif, kecenderungan munculnya reaksi negatif juga sangat besar. Sedang respon seringkali muncul dari nalar yang sehat/ pemikiran positif sehingga selalu memunculkan kecenderungan yang positif pula...

Dengan seseorang melakukan perenungan firman - apalagi jika melakukan pendisiplinan membaca firman satu jam sekali - level 'kesadaran diri' yang ia miliki akan meningkat tajam. Inilah yang mengkondisikan dirinya jadi tidak mudah bereaksi (secara negatif) saat menghadapi sesuatu yang tidak enak/ tidak sesuai dengan yang diharapkan. Respon yang akurat adalah merupakan hasil dari berkuasanya pekerjaan firman/ Roh dalam manusia batiniah seseorang sehingga mampu mengendalikan gejolak jiwa dan keinginan tubuhnya. Tidak ada satu orangpun yang bisa memunculkan respon akurat tanpa adanya 'kesadaran diri' ini; biasanya dalam menghadapi segala sesuatu, orang cenderung mengikuti naluri, emosi dan instingnya yang seringkali justru akan memperburuk keadaan. Tapi inilah waktunya untuk setiap Ciptaan Baru menjalani & membangun kehidupan sehari-harinya dengan respon & pengambilan keputusan yang akurat. Dapat dikatakan, respon akurat yang kita munculkan akan 'membuka pintu gerbang sorga' dalam kehidupan kita; sedang reaksi negatif yang kita munculkan hanya memberi peluang untuk pintu gerbang neraka bermanifestasi dalam kehidupan sehari-hari kita...

Pastikan pintu gerbang sorga selalu nyata dalam kehidupan kita, menjamah & menjangkau banyak orang yang berinteraksi dengan diri kita...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer