Peperangan Rohani Sesungguhnya



Suka ataupun tidak, sesungguhnya saat Tuhan membawa kita mengalami kelahiran baru dan kita berlari-lari mengejar panggilan Tuhan dalam hidup kita, sesungguhnya kita ada pada suatu peperangan rohani yang besar.
Selama sekian waktu lamanya, Fallen Angel telah menjadi penguasa atas kota-kota & bangsa. Mereka mempengaruhi & menguasai/ mengendalikan orang-orang -  dan bahkan terkadang mengendalikan berbagai peristiwa yang terjadi atas kota/ bangsa. Tapi sekarang sejak Tuhan memiliki adanya Ciptaan Baru atas suatu kota/ bangsa, Bapa berencana memakai Ciptaan Baru untuk menjadi agen yang menghadirkan KerajaanNya. Tuhan berniat menjatuhkan para penguasa angkasa yang selama ini menjadi penguasa kota dan menggantinya dengan Gereja.

Melalui Gereja - kumpulan dari Ciptaan Baru yang bergerak dalam destiny yang sama, mewarisi Roh kebangkitan yang sama & bersinergi untuk mewujudkan agenda kerajaan yang sama - Tuhan berniat menghadirkan pengaruh, kehidupan & kultur Kerajaan ke kota-kota & bangsa. Tentu akan ada perlawanan dari Musuh.

Disinilah peperangan rohani yang sesungguhnya terjadi. Tapi Alkitab dengan jelas telah menubuatkan bahwa Iblis akan kehilangan posisi yang selama ini ia kuasai (Why 12:7-9) Gereja akan mengambil alih posisi sebagai 'pemberi pengaruh, penguasa & pengendali/ pengayom kehidupan' atas kota-kota & bahkan bangsa...

1.  Pastikan apapun yang kita kerjakan, orang-orang yang ada disekitar kita maupun institusi yang menjadi kendaraan kita telah ada dalam keakuratan.

Sesungguhnya, kita sedang ada pada suatu peperangan rohani yang sangat dahsyat. Tuhan berkeinginan untuk memakai kita menjatuhkan penguasa angkasa atas suatu kota/ bangsa. Tentu saja Musuh tidak akan tinggal diam; satu-satunya perlawanan yang bisa mereka lakukan untuk menggagalkan rencana Bapa dalam hidup kita hanyalah saat mereka menemukan adanya ketidak akuratan dalam hidup kita, orang-orang sekitar kita ataupun institusi yang sedang kita pakai untuk menghasilkan perubahan atas kota. Itu sebabnya adalah penting untuk kita memastikan diri kita terlebih dahulu hidup dalam keakuratan!
Melalui keakuratan yang terbangun dalam hidup kita (khususnya dalam meresponi segala sesuatu - Roh Kudus akan melatih kita untuk tidak bereaksi negatif atas apapun yang terjadi; memastikan pengambilan keputusan kita selalu selaras dengan firman) barulah Tuhan akan memakai hidup kita untuk menduplikasi keakuratan yang ada tersebut ke orang-orang yang ada disekitar kita:

a. Lingkaran Keluarga - pasangan hidup, anak, kerabat...

b. Lingkaran Pekerjaan - apa yang kita kerjakan, bagaimana cara kita mengerjakannya...

c. Lingkaran Kehidupan Sosial - Teman, komunitas yang kita miliki...

2. Teruslah memiliki roh yang tenang/ stabil
Kitab 1 Petrus 5:8 memberikan resep ampuh untuk kita tidak akan pernah dapat di perdaya/ intimidasi oleh si Jahat.

Tidak peduli ia mempergunakan wujud seperti seekor singa yang mengaum - memanfaatkan berbagai peristiwa untuk dapat mengintimidasi, membuat kita merasa kecil & tak berdaya - tapi saat kuasa firman & Roh terus menyingkapkan keberadaan Tuhan sebagai Allah yang setia & berdaulat, kita akan terus menikmati ketenangan dalam mans roh kita. Ada suatu kesadaran bahwa apapun yang harus kita lalui dalam peperangan rohani yang ada, Tuhan tetap penguasa tunggal yang mengontrol, menguasai & mengatur segala sesuatu... Kekuatiran (anxiety - kegelisahan, beban pikiran) tidak akan pernah bisa mengganggu kehidupan kita. Kehidupan sehari-hari yang kita miliki sepenuhnya dikuasai ketenangan & kedamaian ruang tahta; sukacita Roh Kudus akan terus mengalir menjadi sumber kekuatan kita.

3. Terus bangun keteguhan keyakinan dalam batin kita; jadilah orang yang keras kepala dalam memegang/ bertumpu pada firmanNya.

Dengan segala macam cara Musuh akan berupaya menggagalkan perjalanan prophetis yang sedang kita jalani. Tapi jangan pernah mau menyerah dengan beratnya situasi/ keadaan yang memang harus kita hadapi. Disaat kita hidup dalam keakuratan - minimal sedang membangun keakuratan, maka setiap pergumulan, pergulatan & tantangan yang memang harus kita hadapi artinya bersumber dari ketidak akuratan yang berasal dari orang-orang maupun dunia di sekeliling kita. Hal ini masih jauh lebih mudah untuk ditanggulangi. Karena diri kita sendiri ada dalam keakuratan, maka dapat dipastikan Tuhan ada bersama kita. Dengan adanya Tuhan bersama kita, siapa yang berani melawan Dia? Siapa yang bisa menahan ataupun menggagalkan Dia? (Maz 18:29, 60:14, 108:14,

Dengan kita memiliki dasar keyakinan yang akurat tentang siapa kita didalam Dia, tentang siapa Dia yang sudah memanggil kita, tidak ada satupun tipu daya Musuh yang akan berhasil melemahkan usaha kita dalam menggantikan posisi menjadi sumber pengaruh atas kota & bangsa.
Sekali lagi aku deklarasikan & nubuatkan: Masa perubahan sudah tiba! Inilah saatnya untuk anak-anak Kerajaan dimunculkan oleh Tuhan atas bangsa ini...!

#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)


Kotbah Ps. Steven Agustinus berjudul "IKATAN  JANJI"  dan risalah kotbah minggu 05 Febuari 2017 berjudul "MENANGGULANGI  ROH  INTIMIDASI,  KEKUATIRAN  DAN  EMOSI  NEGATIF" sudah di upload ke apk. Daily devotion.

Dapatkan segera aplikasi Daily Devotion Anda dan Download langsung Khotbah "Ikatan Janji" dari Ps. Steven Agustinus http://bit.ly/2jBO19D

Atau masuk ke Playstore lalu seach : Steven Agustinus.

Komentar

Postingan Populer