Berseru Kepada Tuhan

Berseru Kepada Tuhan


Yer 33:3  Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.

Saat saya membaca kata 'Berserulah kepadaKu...' dalam Alkitab berbahasa Ibrani, dipergunakan kata: Qârâ' yang memiliki arti Memanggil/ dipanggil untuk datang. Dan dalam ayat firman yang ada, Tuhan berjanji bahwa Ia akan menyatakan - membuat gamblang hal-hal yang selama ini tersembunyi/ menjadi misteri dalam kehidupan kita; membuat hal tersebut menjadi sesuatu yang kita alami secara pribadi.

Memahami pernyataan firman yang Tuhan nyatakan, ada beberapa pertanyaan/ kegundahan yang selama ini kita miliki & masih sering mengganggu dalam hidup yang akan dapat terjawab secara tuntas:

1. Tentang tujuan hidup
Seringkali kita bertanya-tanya, mengapa kita terlahir dalam dunia ini? Apa sebetulnya tujuan hidup kita? Apa destiny yang harus kita wujudkan? dan lain-lain

Ada segudang pertanyaan yang sepertinya tak terjawab yang terus berputar-putar dalam pikiran kita untuk pada akhirnya mengendap dalam hati dan hanya menjadi 'kotoran penyumbat' aliran air hidup yang seharusnya mengalir dalam batin kita...

Tapi dengan membangun sebuah sikap hati untuk kita mengundang Tuhan memasuki kehidupan/ 'dunia kita', Dia sendiri yang akan membukakan mata rohani kita untuk dapat melihat 'dunia kita' sebagaimana Dia melihat kita.

a. Pastikan kita memiliki sikap hati yang terbuka untuk menerima koreksian.

Alasan kita terus memiliki berbagai pertanyaan tentang kehidupan yang sepertinya tidak pernah terjawab adalah karena sesungguhnya jawabannya ada 'didalam diri kita sendiri'; tapi karena masih adanya berbagai ketidak akuratan - dan kita merasa diri kita sudah benar sehingga tidak membutuhkan koreksian, maka kita jadi sulit untuk menemukan jawaban atas pertanyaan kita tersebut.

b. Pastikan kita bertanya kepada Tuhan dengan spirit yang tulus, memang kita membutuhkan sebuah jawaban dan bukan sedang melancarkan suatu protes kepadaNya.

Ada banyak orang yang mengajukan pertanyaan tentang kehidupan kepada Tuhan tidak pernah menerima jawaban dariNya karena mereka bertanya bukan untuk meminta jawaban tapi untuk melontarkan kekesalan/ kefrustasian hatinya.

Dengan memastikan spirit kita tetap tahir, saya yakin, saat kita berseru & memanggil Dia untuk datang ke dalam hidup kita, Dia-pun pasti datang. Dan sama seperti Kristus yang sudah bangkit itu menemui ke dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus untuk menerangkan nubuatan para nabi tentang Kristus yang harus menderita, mati & bangkit kembali; membuat batin mereka kembali berkobar-kobar dalam pengharapan & iman (Luk 24:25-32) menemukan kembali tujuan hidup mereka, hal yang sama akan Tuhan lakukan dalam hidup kita!

Miliki sikap hati yang akurat dan berserulah kepadaNya; undang Dia untuk datang dalam kehidupanmu dan alamilah perubahan besar & mendasar dalam hidupmu...

2. Tentang mengapa kita mengalami beberapa pengalaman buruk yang sesungguhnya tidak pernah kita harapkan untuk terjadi.

Saat seseorang sedang dirundung kemalangan, ada bencana, musibah yang harus ia hadapi & lalui - khususnya jika seseorang harus kehilangan orang yang ia sayangi/ sangat berharga dalam hidupnya - jawaban apapun yang diberikan seringkali tetap sulit untuk ia terima.

Karena sesungguhnya orang yang bersangkutan lebih mengharapkan kembali orang yang ia cintai tersebut dan bukannya penjelasan panjang lebar tentang mengapa peristiwa buruk tersebut diijinkan Tuhan untuk terjadi dalam hidupnya...

Disaat kita berseru, memanggil Tuhan untuk datang & memasuki 'dunia kita', sesungguhnya Dia juga berkerinduan untuk dapat membenahi 'dunia kita' yang menjadi kacau gara-gara terjadinya bencana, musibah ataupun berbagai peristiwa yang tidak diharapkan untuk terjadi...

a. Firman yang Tuhan berikan akan menghentikan 'badai yang sedang mengamuk' dalam kehidupan kita.

Dengan berseru memanggil Dia untuk datang ke dalam kehidupan kita, 'badai kehidupan' sebesar apapun yang sedang mengamuk, akan begitu saja diteduhkannya. FirmanNya lebih berkuasa dari semua badai yang pernah ada... Jadi jangan pernah menyerah, tetaplah berseru kepadaNya, dan undang Dia untuk masuk ke dalam hidupmu, kembali akan ada ketenangan & damai sejahtera yang berasal dari Tuhan sendiri yang akan memenuhi batinmu...

b. Firman yang Tuhan beri akan menjadi tuntunan kehidupan bagi kita yang sedang tersesat/ berputar-putar di padang gurun rohani kita.

Seringkali pengambilan keputusan keliru yang pernah kita ambil di waktu lalu akan menghantarkan perjalanan hidup kita jadi berputar-putar tanpa suatu arah yang jelas.

Dibutuhkan keterbukaan terhadap pekerjaan Roh Kudus & kerendahan hati untuk mengakui kekeliruan yang kita lakukan sebelum kita mendapati bagaimana Tuhan akan kembali menyatakan firmanNya & mengarahkan kita untuk kembali melangkah ke dalam tujuan Ilahi yang Ia miliki.

Pendek kata, adalah kerinduan hati Tuhan untuk Ia dapat kembali berinteraksi dengan kita sebagai anak kesayanganNya dan membenahi apapun kondisi kehidupan yang belum akurat yang Ia temukan masih ada dalam kehidupan kita.

Berserulah kepadaNya, buka seluruh aspek kehidupan kita kepadaNya dan biarkan Dia bekerja membenahi seluruh aspek hidup kita,

Masa perubahan sudah tiba! Masa untuk anak-anak kerajaan dinyatakan sedang datang.... Bersiaplah, karena era kerajaanNya akan kembali dinyatakan melalui gerejaNya...! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer