TAHU DIRI

TAHU DIRI
Ps Victor Purnomo
Ibadah Raya
Minggu Pagi
JKI Higher Than Ever
26/03/2017


Saudara kita pak Yosan mengerjakan dgn ajaib untuk Tuhan sebelum dia berpulang.
Org ini mengisi cawan hidupnya dgn luar biasa bahkan sebelum dia berpulang. Mari smua kita melayani Tuhan tdk ada org yg diam ditempat ini. Apa yg bisa kita kerjakan buat Tuhan. Mari aktif kerja buat Tuhan.

1 Tawarikh 17:2-4  Lalu berkatalah Natan kepada Daud: "Lakukanlah segala sesuatu yang dikandung hatimu, sebab Allah menyertai engkau."
Tetapi pada malam itu juga datanglah firman Allah kepada Natan, demikian:
"Pergilah, katakanlah kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman TUHAN: Bukanlah engkau yang akan mendirikan rumah bagi-Ku untuk didiami.

Daud merasa hidupnya sudah enak Tuhan sudah angkat daud jadi org yg berhasil. Ditengah keadaan yg bagus daud ingat ttg tabut Tuhan dan daud mau buat bait rumah untuk tabut Tuhan. Daud org yg tau diri. Harus berbuat sesuatu bagi Tuhan. Punyai trueself yg benar. Mengenal siapa diri kita sebenarnya?? Bnyk org yg gak kenal dirinya sendiri kekurangan dan kelebihan tdk tahu dan itu bahaya buat hidup kita.

Daud tau jati dirinya makanya dia tahu diri. Daud menghargai dan menghormati tabut Tuhan.

Co nabi nathan dgn daud
Belajar menghormati sesorang yg mempunyai karunia nabi. Natan diomongi Tuhan klo Tuhan tdk menyuruh daud membuat rumah tabut Tuhan. Nabi belum tentu benar tp kita harus mengormati dan menghargai. Daud binggung yg benar yg mana. Tapi reaksi daud,  dia menghadap Tuhan sendiri. Dan Tuhan berkata dgn jelas bukan daud yg membangun bait Allah tp anaknya yg membangun.

Masing masing kita harus belajar peka dgn Tuhan. Tuhan tau yg terbaik ketika bukan sesuai dgn yg kita mau. Nurut aja jng marah jengkel dan diam saja. Tuhan siapkan jalan kluar buat kita.

1 Tawarikh 28:10-16 Camkanlah sekarang, sebab TUHAN telah memilih engkau untuk mendirikan sebuah rumah menjadi tempat kudus. Kuatkanlah hatimu dan lakukanlah itu."
Lalu Daud menyerahkan kepada Salomo, anaknya, rencana bangunan dari balai Bait Suci dan ruangan-ruangannya, dari perbendaharaannya, kamar-kamar atas dan kamar-kamar dalamnya, serta dari ruangan untuk tutup pendamaian.
Selanjutnya rencana dari segala yang dipikirkannya mengenai pelataran rumah TUHAN, dan bilik-bilik di sekelilingnya, mengenai perbendaharaan-perbendaharaan rumah Allah dan perbendaharaan-perbendaharaan barang-barang kudus;
mengenai rombongan-rombongan para imam dan para orang Lewi dan mengenai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah TUHAN dan segala perkakas untuk ibadah di rumah TUHAN. Juga ia memberikan emas seberat yang diperlukan untuk segala perkakas pada tiap-tiap ibadah; dan diberikannya perak seberat yang diperlukan untuk segala perkakas perak pada tiap-tiap ibadah,
yakni sejumlah emas untuk kandil-kandil emas dan lampu-lampunya yang dari emas, seberat yang diperlukan tiap-tiap kandil dan lampu-lampunya, dan perak untuk kandil perak seberat yang diperlukan perak untuk satu kandil dan lampu-lampunya, sesuai dengan pemakaian tiap-tiap kandil dalam ibadah.
Kemudian diberikannya sejumlah emas untuk meja-meja roti sajian, meja demi meja, dan perak untuk meja-meja dari perak;

Daud hari itu tdk jengkel dan tdk marah kpda Tuhan tapi dia tahu anaknya yg akan bangun bait Tuhan tapi apa yg daud lakukan apa hanya diam??? tidak, tapi daud membuat design dan menghitung bahannya secara detail. Org ini tahu dgn tepat apa yg dia kerjakan. Daud mengatur smua dgn begitu lengkap. Hatinya bagus dan tau diri.  Mari jemaat Tuhan jadi org yg tau diri jadi org yg tdk sombong. Stiap org akan merendahkan hatinya karena tau diri.

Ada org org yg tdk tahu diri

1. Adonia

1 Raja-raja 1:5-6  Lalu Adonia, anak Hagit, meninggikan diri dengan berkata: "Aku ini mau menjadi raja." Ia melengkapi dirinya dengan kereta-kereta dan orang-orang berkuda serta lima puluh orang yang berlari di depannya.
Selama hidup Adonia ayahnya belum pernah menegor dia dengan ucapan: "Mengapa engkau berbuat begitu?" Ia pun sangat elok perawakannya dan dia adalah anak pertama sesudah Absalom.

Adonia tdk tau diri dia memaksa dirinya untuk jadi raja. Karena daud tdk pernah mengajar dan menegur adonia. ( tdk pernah ditegur, tdk disiplin,  akan jadi spti adonia)
Ijinkan Tuhan mendidik hidupmu. Hasilnya akan bagus, klo tidak kacau hidupmu. Dididik itu tdk enak tapi bagus,  mari trima dan ijinkan Tuhan didik hidup kita.

Stlah diampuni salomo,  adonia tidak bertobat dan belajar dari kesalahan dia malah meminta ibu batsyeba untuk tdk menolak apa yg adonia inginkan,
Adonia meminta Abisag jadi istrinya( itu gundiknya daud ). Adonia akhirnya dihukum mati karena tdk tahu diri.

1 Raja-raja 2:13-17, 20-22 Pada suatu hari Adonia, anak Hagit, masuk menghadap Batsyeba, ibu Salomo, lalu perempuan itu berkata: "Apakah engkau datang dengan maksud damai?" Jawabnya: "Ya, damai!"
Kemudian katanya: "Ada sesuatu yang hendak kukatakan kepadamu." Jawab perempuan itu: "Katakanlah!"
Lalu katanya: "Engkau sendiri tahu bahwa akulah yang berhak atas kedudukan raja, dan bahwa seluruh Israel mengharapkan, supaya aku menjadi raja; tetapi sebaliknya kedudukan raja jatuh kepada adikku, sebab dari TUHANlah ia mendapatnya.
Dan sekarang, satu permintaan saja kusampaikan kepadamu; janganlah tolak permintaanku." Jawab perempuan itu kepadanya: "Katakanlah!"
Maka katanya: "Bicarakanlah kiranya dengan raja Salomo, sebab ia tidak akan menolak permintaanmu, supaya Abisag, gadis Sunem itu, diberikannya kepadaku menjadi isteriku."
Berkatalah perempuan itu: "Suatu permintaan kecil saja yang kusampaikan kepadamu, janganlah tolak permintaanku." Jawab raja kepadanya: "Mintalah, ya ibu, sebab aku tidak akan menolak permintaanmu."
Kata perempuan itu: "Biarlah Abisag, gadis Sunem itu, diberikan kepada kakakmu Adonia menjadi isterinya."
Tetapi raja Salomo menjawab ibunya: "Mengapa engkau meminta hanya Abisag, gadis Sunem itu, untuk Adonia? Minta jugalah untuknya kedudukan raja! Bukankah dia saudaraku yang lebih tua, dan di pihaknya ada imam Abyatar dan Yoab, anak Zeruya?"

2. Seorang dtg di pesta

Lukas 14:8-11  "Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu,
supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah.
Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain.
Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Tempat yg paling terhormat jng km dudukin biarkan tuan rumah yg mempersilahkan anda duduk. Yg memberikan penghormatan itu Tuhan sbg tuan rumah dlm hidup kita.

Perjanjian pembaharuan. ( cincin)

Ulangan 7:9-10  Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan,
tetapi terhadap diri setiap orang dari mereka yang membenci Dia, Ia melakukan pembalasan dengan membinasakan orang itu. Ia tidak bertangguh terhadap orang yang membenci Dia. Ia langsung mengadakan pembalasan terhadap orang itu.

Lambang perjanjian kita dgn Tuhan jadi org yg setia dan mengasihi Tuhan.

Amin.

Tuhan memberkati.

Song =

Jangan berhenti tuk trus mendidikku.
Simpan ku dalam perkenananMu.
Sampai puncak lawatan
karakter dan unity,
tuntas sampai akhir.

Hujaniku trus dengan anugrahMu.
Ke tujuh Roh Mu hidup dalamku.
Sampai kedatanganMu.
Kita bertemu di awan.
Sampai TOV sampai semua....
sungguh amat baik.

Hendy Ferdiantantama

Komentar

Postingan Populer