Excellent Living

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
2 APRIL 2017
By: Ps. Robert Lie

EXCELLENT LIVING


Daniel 1:8-9 (TB)
8: Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.
9: Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu;

Daniel bukan hanya excellent, tapi dia punya kehidupan yang excellent. Kita tidak akan bisa jadi more than excellent kalau kita tidak mengerti yang namanya excellent.
Daniel orang yang luar biasa setia, dia tetap berusaha mebahan untuk tetap memegang nilai yang ia jaga dan miliki, walaupun dia adalah minoritas.
Daniel tetap berani memegang teguh dan tidak terpengaruh keadaan yang ada.

Apa yang engkau pertontonkan pada anakmu itulah yang akan diturunkan pada anakmu. Apa yang engkau lakukan pada orang tuamu, itulah yang akan engkau tuai dari anakmu suatu saat. Apapun yang dilakukan orang lain padamu, engkau harus berkata terima kasih. Kekristenan tidak mengajarkan kita untuk kurang ajar. Kekristenan bukan ketika di gereja, tapi ketika di rumah. Kebesaran seorang pemimpin akan dilihat bagaimana dia memperlakukan bawahannya. Bahkan hukum Taurat juga berkata hormati ayah dan ibumu, dan di kitab Amsal dikatakan kalau tidak, pelitamu akan padam.

Daniel dibuang ke Babel tapi dia diangkat jadi pelayan raja, namun dia tidak mau menajiskan dirinya dengan santapan raja. Daniel orang minoritas, tapi dia berani melawan arus. Hanya ikan mati yang mengikuti arus, ikan hidup bisa melawan arus. Kita tidak bisa hidup dengan standar dunia. Banyak yang menurunkan standar dirinya dengan mengikuti standar dunia, padahal standar dunia sudah turun.

Bagaimana kelakuanmu di rumah Tuhan, seharusnya seperti itulah kelakuanmu di luar gereja. Bagaimana engkau mengkhususkan dirimu untuk Tuhan, begitulah Tuhan juga akan gunakan dirimu secara khusus.

Daniel 2:46-47 (TB)
46: Lalu sujudlah raja Nebukadnezar serta menyembah Daniel; juga dititahkannya mempersembahkan korban dan bau-bauan kepadanya.
47: Berkatalah raja kepada Daniel: "Sesungguhnyalah, Allahmu itu Allah yang mengatasi segala allah dan Yang berkuasa atas segala raja, dan Yang menyingkapkan rahasia-rahasia, sebab engkau telah dapat menyingkapkan rahasia itu."

Bahkan Raja pun sujud hormat pada Daniel karena takjub akan kepandaian yang Daniel miliki, dia cakap dalam semua hal yang dia lakukan, bahkan di kala Daniel sudah menjadi besar, dia tidsk lupa dengan teman-temannya. Inilah yang jarang dimiliki oleh orang pada umumnya, dimana dia tidak melupakan teman / orang yang berjasa padanya.

Banyak orang yang punya karunia, tapi tidak punya karakter. Excellent living adalah fondasi dasar untuk engkau jadi more than excellent, from glory to glory, to the greater glory and the greatest level of glory. Jangan mau jadi orang Kristen yang biasa-biasa, tapi jadi yang more than excellent. Kalau engkau kaya, jangan memandang rendah orang yang belum kaya, karena Tuhan bisa membalikkan semua keadaan yang ada. Kalau engkau kaya, jadi orang kaya yang excellent. Kalau engkau belum kaya, jadilah orang yang bekerja dengan excellent, karakter yang excellent.

Daniel 5:11-15 (TB)
11: sebab dalam kerajaan tuanku ada seorang yang penuh dengan roh para dewa yang kudus! Dalam zaman ayah tuanku ada terdapat pada orang itu kecerahan, akal budi dan hikmat yang seperti hikmat para dewa. Ia telah diangkat oleh raja Nebukadnezar, ayah tuanku menjadi kepala orang-orang berilmu, para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum,
12: karena pada orang itu terdapat roh yang luar biasa dan pengetahuan dan akal budi, sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan kekusutan, yakni pada Daniel yang dinamai Beltsazar oleh raja. Baiklah sekarang Daniel dipanggil dan ia akan memberitahukan maknanya!"
13: Lalu dibawalah Daniel menghadap raja. Bertanyalah raja kepada Daniel: "Engkaukah Daniel itu, salah seorang buangan yang telah diangkut oleh raja, ayahku, dari tanah Yehuda?
14: Telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau penuh dengan roh para dewa, dan bahwa padamu terdapat kecerahan, akal budi dan hikmat yang luar biasa.
15: Kepadaku telah dibawa orang-orang bijaksana, para ahli jampi, supaya mereka membaca tulisan ini dan memberitahukan maknanya kepadaku, tetapi mereka tidak sanggup mengatakan makna perkataan itu.

Daniel punya roh yang excellent. Excellent itu bukan keluar dari mulut kita, tapi dari mulut orang lain, berasal dari penilaian orang lain. Excellent itu keluar dari mulut orang.

Daniel 6:1-5 (TB)
(6-2) Lalu berkenanlah Darius mengangkat seratus dua puluh wakil-wakil raja atas kerajaannya; mereka akan ditempatkan di seluruh kerajaan;
(6-3) membawahi mereka diangkat pula tiga pejabat tinggi, dan Daniel adalah salah satu dari ketiga orang itu; kepada merekalah para wakil-wakil raja harus memberi pertanggungan jawab, supaya raja jangan dirugikan.
(6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
(6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.
(6-6) Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!"

Raja Darius dan Nebukadnezzar yang mengatakan kalau Daniel adalah orang yang excellent. Daniel diakui oleh orang banyak sebagai orang yang memiliki pengetahuan dan hikmat yang luar biasa. Orang yang excellent tidak perlu membicarakan tentang dirinya sendiri, tapi orang lainlah yang akan mempromosikan dirinya atas kepandaian dan kepintarannya. Daniel tidak sibuk mempromosikan dirinya sendiri. Walaupun para pejabat berusaha menjatuhkan Daniel, tapi tidak didapatkan kesalahan dalam dirinya karena Daniel setia dan tetap berpegang pada prinsip yang dia miliki.
Raja Darius bersaksi tentang Daniel kepada banyak orang. Inilah karakter orang yang excellent, selalu dipromosikan oleh ornag lain bahkan atasannya. Akan ada tantangan yang terjadi karena modernisasi,  perubahan zaman, tapi tetaplah setia dan jangan terpengaruh. Daniel menjadi dampak bagi Kerajaan terbesar di saat itu, yakni Kerajaan Babel.

Daniel 5:12 (TB)
12: karena pada orang itu terdapat roh yang luar biasa dan pengetahuan dan akal budi, sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan kekusutan, yakni pada Daniel yang dinamai Beltsazar oleh raja. Baiklah sekarang Daniel dipanggil dan ia akan memberitahukan maknanya!"

Arti kata luar biasa dalam bahasa Ibrani adalah yattir, artinya unggul, excellent, dan kata ini juga berasal dari kata yathar yang salah satu artinya adalah make plentuous (membuat melimpah), preserve (mempertahankan). Roh yang ada di dalam Daniel begitu luar biasa, dia mempertahankan dan membuat apa yang ia punya menjadi berlimpah, sampai ia menonjol di antara orang-orang sekitarnya. Raja yang memerintah Kerajaan Babel berganti-ganti, namun kedudukan Daniel selalu bertahan dan meningkat.

Spirit of excellent tidak hanya mempertahankan apa yang dia punya, tapi juga membuatnya menjadi berlimpah dan terus meningkat. Kalau engkau pemusik, ya harus ngulik, tarianmu harus jadi lebih baik, khotbahmu harus lebih dari yang lain, semua skillmu harus lebih dari yang lain dan menonjol dari orang lain. Namun karaktermu juga harus bagus, sehingga engkau tidak hanya skillful dan bisa memberi yang terbaik untuk Tuhan, tapi juga karaktermu diakui oleh orang lain, engkau tidak hanya jago bermain musik / menari / dll, tapi juga punya karakter yang baik di hadapan orang lain.

Kita tidak bisa hidup seperti ini terus. Expand, terus stretching your faith. Belajar mempertahankan apa yang Tuhan percayakan, tapi membuatnya berlimpah dan jadi menonjol dari yang lain.
Orang yang biasa-biasa itulah yang akan mematikan excellent. Orang excellent itu berpikir di atas rata-rata, berpikir yang lebih dari yang orang lain pikirkan. Banyak yang mematikan spirit yang unggul karena mau yang biasa saja, tidak mau ribet. Jangan mau pakai standar biasa-biasa. Biasakan punya spirit yang unggul. Apa yang engkau tabur, itulah yang engkau tuai. Kalau engkau mau yang terbaik dari Tuhan, ya engkau harus tabur yang terbaik untuk Tuhan. Tapi kalau engkau tabur yang biasa, ya engkau akan terima yang biasa juga.

Uang itu adalah berkat yang levelnya paling rendah dari berkat Tuhan. Pengurapan untuk membawa uang itulah yang lebih penting daripada uangnya sendiri. Kalau engkau diberkati, bukannya engkau tidak perlu kerja lagi, itu salah. Kalau engkau diberkati, itu bukan karena perbuatanmu, tapi karena ada pengurapan Tuhan. Pengurapanlah yang akan membuat kekayaan itu datang dalam hidupmu.

Bagaimana membangun kehidupan yang excellent?

1. Dapat Dipercaya (trustworthy)

Daniel 6:1-4
(6-1) Darius, orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun.
(6-2) Lalu berkenanlah Darius mengangkat seratus dua puluh wakil-wakil raja atas kerajaannya; mereka akan ditempatkan di seluruh kerajaan;
(6-3) membawahi mereka diangkat pula tiga pejabat tinggi, dan Daniel adalah salah satu dari ketiga orang itu; kepada merekalah para wakil-wakil raja harus memberi pertanggungan jawab, supaya raja jangan dirugikan.
(6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
Orang yang dipercaya pasti akan mendapat kepercayaan yang lebih.

Daniel salah satu dari pejabat tinggi yang diangkat Raja Darius, dia dipercaya untuk memegang suatu jabatan tertinggi dalan kerajaannya, dan jelas bahwa Raja Darius bersahabat dengan Daniel dan percaya pada Daniel. Jangan bangga hanya menjadi orang Kristen yang percaya tapi jadilah orang yang dapat DIPERCAYA. setia dengan perkara kecil!
Kalau engkau percaya dengan atasan, itu biasa, tapi ketika pemimpinmu percaya padamu dan engkau bisa dipercaya, itu baru luar biasa. Engkau percaya pada bapakmu atau bosmu, itu biasa, tapi kalau engkau dipercaya bapakmu atau bosmu, baru itu excellent. Daniel lakukan semua dengan cakap, tidak ada yang lalai sama sekali.

Kalau engkau cakap dan bisa bertanggungjawab dengan apa yang dipercayakan padamu, itu baru excellent.

2. Kesetiaan (faithfullness)

Daniel 6:4 (TB)
(6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.
Kesetiaanlah yang membuat Daniel unggul, lebih menonjol dari semua pejabat dan wakil raja lainnya. Daniel tidak didapati kesalahan apapun dari dirinya keculai dalam hal ibadahnya dengan Tuhan. Kalau engkau mau jadi orang yang unggul, jangan lalai.

Amsal 20:6 (TB)
6: Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?
Baik hati bagus, ganteng dan pintar juga bagus, tapi yang setia itu yang susah ditemukan. Tuhan tidak butuh uang kita, yang penting adalah kesetiaanmu.

Mazmur 101:6 (TB)
6: Mataku tertuju kepada orang-orang yang setiawan di negeri, supaya mereka diam bersama-sama dengan aku. Orang yang hidup dengan cara yang tak bercela, akan melayani aku.

Kalau hidupmu tidak bercela dan menjadi orang yang setia, engkau akan hidup bersama raja dan bisa melayani raja.
Setia bukan hanya menjaga, tapi juga produktif, aktif. Spirit of excellent itu tidak hanya menjaga, tapi juga membuatnya berkelimpahan hingga menonjol. Setia bukan ketika diberi 1, dikembalikan 1, tapi diberi 5, dikembalikan 10. Orang yang excellent bukan orang yang sibuk membandingkan diri dengan orang lain, tapi menantang dirinya sendiri untuk bida menjadi lebih baik lagi. Be productive, don't just busy.

- Bagaimana caranya bisa mendengar lebih baik lagi
- Bagaimana kita melakukan hal yang melampaui batas menjadi luar biasa baik

3. Ketetapan hati

Daniel 1:8 (TB)
8: Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.

Daniel adalah pemuda yang dibuang ke Babel dan dipilih untuk menjadi pelayan raja, tapi dia tetap berketetapan untuk tidak memakan makanan raja.
- Ketetapan hati terhadap mulut
- Ketetapan hati terhadap mata
- Ketetapan hati terhadap telinga
- Ketetapan hati untuk menjaga hati
Daniel dikhianati, difitnah, dihukum, tapi dia tidak protes, karena dia berketetapan untuk menjaga hati dan tidak membuat pembelaan, karena dia tahu kalau Tuhan di pihaknya, siapa yang akan melawan dirinya.

4. Memiliki kehidupan doa

Daniel 6:10 (TB)
(6-11) Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.

Daniel punya persekutuan pribadi dan bergaul akrab dengan Allah dalam doa. Kunci keberhasilan tokoh-tokoh dalam Perjanjian Lama maupun Baru, mereka memiliki akses langsung dengan Tuhan melalui persekutuan doanya. Abrahan bisa tawar-menawar dengan Allah untuk keselamatan Lot (Sodom). Yesus pagi-pagi benar berdoa. Doa adalah nafas dan kekuatan orang percaya. Daniel sendiri artinya Tuhan adalah hakim, dan hal itu nyata dalam kehidupannya. Daniel dibela Allah karena ia tidak bersalah dan perlindungan Tuhan sangat ajaib.

Kehidupan doa adalah dasar sebelum 3 hal sebelumnya engkau miliki (trustworthty, faitfulness, ketetapan hati). Tuhan sedang mencurahkan berkat yang ajaib, tapi masalahnya yang hanya spirit of excellent yang bisa mendapatkannya. Kalau engkau tidak bisa dipercaya, Tuhan tidak akan percayakan kekayaan pada dirimu.

Daniel 6:22 (TB)
(6-23) Allahku telah mengutus malaikat-Nya untuk mengatupkan mulut singa-singa itu, sehingga mereka tidak mengapa-apakan aku, karena ternyata aku tak bersalah di hadapan-Nya; tetapi juga terhadap tuanku, ya raja, aku tidak melakukan kejahatan."

Daniel 12:3 (TB)  Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.

Kalau engkau punya excellent living, engkau akan menjadi seperti bintang dan menuntun banyak orang pada kebenaran. Ambil keputusan, buat ketetapan hati. Be faithful, be trustworthy, miliki kehidupan doa yang benar. Semua jabatan tinggi, gaji besar, semua hanya untuk orang yang excellent. The right man in the right place, and the right man in the right salary. Siapa berbuat banyak, akan mengalami banyak. Siapa menabur banyak, dia yang akan menuai banyak.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Bobby Hartanto

Komentar

Postingan Populer