KEGERAKAN TUHAN

KEGERAKAN TUHAN
IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
16 APRIL 2017
By: dr. Richard William

Bobby Hartanto

Matius 16:18 (TB) 
18: Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Gereja itu tidak bisa dikalahkan, karena Yesus sudah memberi kemenangan, Yesus yang membangun gereja. Kitab Hakim-Hakim menggambarkab mengenai kelima jawatab. Ehud dan Otniel melambangkan kerasulan. Deborah dan Barak mengenai kenabian. Gideon mengenai penginjil, Yefta mengenai gembala, Tola dan Gilead melambangkan pengajar. Kitab Hakim-Hakim ini datang sebelum Kitab Rut, dan Kitab Rut berbicara mengenai gereja Tuhan Yesus, karena di Kitab ini ada 3 karakter, Boas melambangkan Tuhan Yesus, Rut istrinya, melambangkan gereja Yesus Kristus, dan Naomi melambangkan Roh Kudus karena dia mempersiapkan Rut untuk Boas. Rut artinya tetap setia. Jadi setia. Kalau kita mau menyeleesaikan dengan baik, jadilah setia, jadi setia untuk negaramu, untuk setiap tugas yang diberikan kepadamu. Naomi itu artinya my joy. Di akhir zaman ini kalau kita mau menyelesaikan dengan baik, jangan kehilangan sukacitamu. Orpa artinya tetap bertahan dalam kesabaran.
Kalau engkau mau menyelesaikan dengan baik:
- TETAP SETIA,
- JANGAN KEHILANGAN SUKACITA,
- TETAP BERTAHAN DI DALAM KESABARAN.
Rut adalah orang asing tapi dia memutuskan untuk ikut Naomi. Engkau tidak bisa hanya mengikuti ekspresi Tuhan, tapi engkau harus ikuti Roh Kudus. Belajar ikuti Roh Kudus untuk masuk dari musim ke musim berikutnya. Kunci dari kegerakan akhir zaman adalah Roh Kudus!
Engkau harus bisa mengenali pergerakan Roh Kudus. Ketika engkau tidak mengharapkan paling sedikit, hari itulah Roh Kudus akan datang, dan mungkin ketika engkau sedang mengharapkan, Roh Kudus tidak datang, karena itu engkau harus siapkan dirimu!
Yesaya 30:26 (TB) 
26: Maka terang bulan purnama akan seperti terang matahari terik dan terang matahari terik akan tujuh kali ganda, yaitu seperti terangnya tujuh hari, pada waktu TUHAN membalut luka umat-Nya dan menyembuhkan bekas pukulan.
Gereka akhir zaman akan membawa urapan 7x lipat, kemuliaan 7x lipat. Yang Naomi lakukan pertama kali di Rut 2:2, Naomi memberikan posisi yang benar pada Rut. Engkau harus kenali ladang dimana Tuhan panggil engkau, mungkin rumahmu, mungkin tempat engkau bekerja, dll. Di ladang yang tepatlah engkau akan dapatkan hasilnya. Engkau tidak bisa menyuruh orang lain untuk melakukan yang harusnya engkau lakukan. Engkau harus temukan panggilanmu sendiri, tujuanmu sendiri, dan menjadi tetap setia dimana Tuhan taruh dirimu.
Ketika kegerakan Tuhan datang, ada 4 yang harus engkau lakukan:
Rut 3:3 (TB) 
3: maka mandilah dan beruraplah, pakailah pakaian bagusmu dan pergilah ke tempat pengirikan itu. Tetapi janganlah engkau ketahuan kepada orang itu, sebelum ia selesai makan dan minum.
1. Mandilah
2. Beruraplah
3. Pakailah pakaian bagus
4. Pergilah ke tempat pengirikan
1. Mandi berbicara tentang Firman Tuhan yang membasuh kita. Yosua 3:5 berkata untuk menguduskan diri karena Tuhan akan datang. Kecemaran itu akan datang dalam hidupmu dalam berbagai bentuk, iblis akan menyerang engkau dengan berbagai macam cara, tapi iblis juga bisa menyerangmu dengan membuatmu merasa spesial. Cara agar engkau tidak jatuh dalam iblis, jangan terlalu menganggap dirimu serius, tapi engkau harus memandikan dirimu setiap hari. Jangan biarkan pujian masuk dalam kepalamu. Jaga hatimu tetap murni, biar motivasimu tetap murni. Jaga sikap hatimu, jaga pola pikirmu. Jangan miliki ekspektasi. Selama masih ada orang di gereja, akan tetap ada masalah, kesalahpahaman, tapi tetap bersihkan dirimu, let it go, jangan berpegang pada masalah, belajar mengampuni, belajar untuk tidak mudah marah. Kalau Tuhan tidak pakai engkau, itu tidak apa-apa, jangan taruh dirimu di posisi yang penuh dengan tekanan. Engkau harus bisa seimbang, kita ini manusia biasa, tapi ketika urapan itu datang, barulah kita menjadi luar biasa.
2. Pengurapan itu memisahkan engkau dari orang banyak, membawa engkau bisa menyelesaikan masalah yang mustahil. Roh Kudus harus jadi sahabat terbaikmu, engkau harus mengenali pengurapan yang Tuhan beri dalam hidupmu. Engkau harus mengenali kapan pengurapan itu harus mengalir. Dari musik, bejana, di luar tubuh. Pengurapan harus tumbuh! Kejar, press in for greater anointing. New level, new demon. Engkau harus mengenal pengurapan, kLau idak, engkau akan dikalahkan.
3. Setiap musim yang baru, ada jubah yang baru  urapan kegerakan yang lama selali menentang kegerakan yang baru.
4. Pergi ke tempat pengirikan
Rut 3:4, 13:vl(TB) 
4: Jika ia membaringkan diri tidur, haruslah engkau perhatikan baik-baik tempat ia berbaring; kemudian datanglah dekat, singkapkanlah selimut dari kakinya dan berbaringlah di sana. Maka ia akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan."
13: Tinggallah di sini malam ini; dan besok pagi, jika ia mau menebus engkau, baik, biarlah ia menebus; tetapi jika ia tidak suka menebus engkau, maka akulah yang akan menebus engkau, demi TUHAN yang hidup. Berbaring sajalah tidur sampai pagi."
Ketika pengurapan meningkat, hadirat Tuhan juga meningkat. Kalau engkau punya kebiasaan doa semalaman, engkau akan jadi orang yang berbeda.
Talit itu seperti lambang worship, merendahkan diri dengan menudungi selendang doa tersebut. Your worship will determine your harvest, your revival. Rut melambangkan gereja Tuhan, dan Tuhan melambangkan yang nomor 7.
Pengurapan 7x lipat ada di Kitab Wahyu. Ketujuh gereja akhir zaman akan menerima 7 berkat, 7 terobosan.
1. Efesus: Seperti Henokh, tidak melihat kematian
Wahyu 2:7 (TB)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."
2. Smirna: Membawa hadirat Tuhan yang akan menguasai seluruh dunia dan melepaskan semua orang terikat
Wahyu 2:11 (TB) 
11: Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua."
3. Pergamus: Menerima pewahyuan yang baru yang belum pernah diterima sebelumnya. Nama yang baru.
Wahyu 2:17 (TB) 
17: Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapa pun, selain oleh yang menerimanya."
4. Tiatira: Bergerak dalam pengalaman dengan malaikat lebih dari gereja sebelumnya, dan itu menjadi normal. Pikirkan mereka, percaya, buka hati, expect mereka, dan engkau akan mengalaminya.
Wahyu 2:26 (TB) 
26: Dan barangsiapa menang dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa;
5. Sardis: Akan menerima hadiah dari Tuhan dan malaikat
Wahyu 3:5 (TB) 
5: Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.
6. Filadelfia: Membawa hadirat Tuhan yang berbeda, throne room presence.
Wahyu 3:12 (TB) 
12: Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.
Ketika hadirat Tuhan itu datang, engkau tidak bisa berdiri dengan kedua kakimu. Hadirat Tuhan akan meningkat begitu kuat, sehingga bahkan orang lain akan merasakan hadirat Tuhan dalam hidupmu.
7. Laodikia: duduk di tahta Yesus
Wahyu 3:21 (TB) 
21: Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.
Kegerakan terbesar Tuhan itu akan segera datang, yang belum pernah dilihat sebelumnya. Tapi sebelum semuanya itu terjadi, lakukan 4 hal tadi.
Musim baru, jubah baru.
Tetap di bawah kaki Yesus. Hasrat terbesarmu harusnya adalah hadirat Tuhan lebih dari pelayananmu. Kadang orang Kristen adalah orang yang paling sibuk, sibuk mengenai urusan gereja, tapi tidak pernah berdoa, tidak ada waktu berdoa, tidak ada kehidupan doa. Di surga, kita hanya akan menyembah Tuhan.

Komentar

Postingan Populer