Berani Memberkati Orang Lain

AOC BANDUNG
1 MEI 2017

By: Ev. Daniel Krestianto
Bobby Hartanto



Hal yang paling benar adalah hidup dalam ketaatan, tangkap apa yang Tuhan katakan dan suruh. Jangan hanya semangat ketika mau diberkati, tapi semangat ketika mau memberkati. Banyak yang ketika mau terima berkat baru semangat, itu level awal, tapi Firman berkata lebih baik memberi daripada menerima, itu next level. Miliki karakter yang benar, bukan kita minta tangan Tuhan, tapi temukan pribadi Yesus. Jangan seperti murid Yesus, tinggal sekamar, makan semeja, tapi banyak yang tidak berubah, bahkan ketika Yesus ditangkap semua lari, tidak ada yang menyertai Yesus, tidak ada yang di dekat Yesus. Itu tandanya bahwa karakter mereka belum berubah. Kapan mereka berubah? Justru ketika mereka menyaksikan dan melihat Yesus bangkit dari antara orang mati, mereka "terbuka" bahwa mereka sendiri, tidak ada orang yang kelihatan yang mereka percayai atau mereka ikuti. Ketika Yesus kembali ke surga mereka baru sadar, tapi Tuhan berkata, Dia pergi, tapi Dia minta Roh Kudus, dan jadi Imanuel, Tuhan beserta kita. Yudas yang menjual Yesus dengan 30 keping perak, dia adalah bendahara Tuhan, dia yang memegang keuangan Yesus dan timNya. Yudas sebenarnya pribadi yang bisa dipanuti, bisa membuat mujizat, dia seorang pemimpin, dia mengatur semua keuangannya, tapi dia juga mengkhianati Yesus, karena mentalnya tidak berubah, dia masih membutuhkan "mana buktinya?", dia mencari keuntungan sendiri.

Banyak yang hanya bisa sepakat dengan pemimpin tapi tidak bisa sepakat dengan keluarga pemimpin. Itulah yang membuat hidup orang tersebut tidak akan breakthrough, akan mengalami kegagalan. Orang tidak akan bisa berjalan sepakat kalau masih ada ganjalan di hati. Kita itu mau dibawa ke dalam pengalaman yang supranatural, yang tidak masuk akal. Kenapa banyak yang ditinggal? Karena tidak menabur, tidak melepaskan keuangan ketika pemimpinnya berkata untuk membangun Bait Allah. Jangan sampai kita tidak diangkat! Dengan kita melepaskan keuangan, sekalipun tidak banyak, Pengangkatan itu tidak ada yang kedua kalinya! Yang mengubah kita, hidup kita, itu ketika kita bertemu Tuhan, punya hubungan yang intim dengan Tuhan, hadiratNya, itu yang mengubah hidup kita. Kalau engkau tidak mengalami dan bertemu Yesus, jangan jadi orang Kristen! Temui dan kenali Yesus bahwa Dia adalah Tuhan yang dahsyat! Bulan ini bulan anugrah, tinggal engkau berkata engkau mau. Gumulkan dan cari Yesus, hidupmu akan berubah total!

Ketika anak bungsu bertobat, dia langsung mau kembali, dia tidak hanya ngomong, tapi dia berjalan kembali ke rumah bapaknya. Banyak yang hanya terima terima terima secara roh tapi tidak menjalankannya. Anak bungsu berjalan, dia lupakan masa lalu, bertolak belakang dengan dosa dan masa lalunya. Kalau engkau berkata mau berubah, saat ini datang ke Tuhan dan semangat, jangan hanya menunggu untuk menerima. Ketika anak bungsu kembali dan datang, bapaknya dari jauh sudah melihat dan lari menghampiri anak bungsu itu. Ketika engkau bertobat dan meresponi pertobatanmu, Bapa di surga itu melihat dan kehidupanmu akan berubah total, dari yang tidak ada jadi ada. Tuhan mau bawa kita lari bahkan terbang untuk mengalami hal yang supranatural, yang aneh-aneh. Banyak yang ingin mengalami mujizat untuk pembuktian diri, ingin diterima di kalangannya. Jadi bendahara Tuhan yang baik, maka Tuhan akan percayakan sesuatu yang besar dalam hidupmu.

Jangan pernah lupakan hineni. Yudas lupa tentang hineni. Dia merasa lebih dari yang lain. Yudas itu orang yang dipercaya. Jangan sampai engkau sudah lama pelayanan dan engkau menaikkan derajatmu, engkau merasa sudah dipakai Tuhan. Jangan lupa hineni! Seorang pemimpin itu harus bisa melakukan di atas rata-rata, karena kalau tidak engkau akan diturunkan dan hanya akan jadi boneka seperti Saul. Saul masuk neraka, padahal dia pernah dipakai Tuhan dan dia adalah orang yang the best. Karakternya tidak berubah, tapi dia seorang pemimpin, bahkan dia lebih sungkan dengan manusia dibanding dengan Tuhan, pada akhirnya dia dipotong dan masuk neraka karena bunuh diri. Pelayanan tidak membuat orang masuk surga, tapi pelayanan membuat harta kita di surga banyak. Namun kalau hartanya banyak tapi tiketnya tidak ada, ya jadi harta tidak bertuan, dan banyak harta tidak bertuan di surga. Banyak yang berbuat baik di dunia tapi tidak punya tiket ke surga, sehingga jadi harta tidak bertuan di surga. Kalau kita bisa lakukan lebih, ini waktunya.

Layani Tuhan dengan segenap hati, matikan kedagingan, maka Tuhan akan angkat engkau. Semua karena Tuhan. Mezbah berdiri dari 4 unsur, salah satunya adalah air. Air melambangkan pentahiran dan juga ROh Kudus. Kita bukan orang yang kudus, tapi kita orang yang dikuduskan Tuhan. Kita bukan orang yang benar, tapi kita orang yang dibenarkan Tuhan. Berjalan dengan Roh Kudus!

Mazmur 51:6-8
(51-6) Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu.
(51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku. 
(51-8) Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku.

Siapkan dirimu untuk berlari bersama dengan Tuhan. Jadi orang yang di atas rata-rata, jangan komplain kalau orang lain tidak lakukan tapi kita harus lakukan. Murid Tuhan Yesus kebanyakan tidak punya titel, tapi semua bisa dipakai Tuhan. Lakukan di atas rata-rata!

Yesus ketika di taman Getsemani sebelum ditangkap, Dia teriakkan hineni, karena Dia tahu, kalau disuruh memilih, Dia tidak mau, tapi Dia sadar, Dia harus hineni, karena itulah ketaatan total itu harus. Banyak yang juga minta fasilitas, ingin diakui. Fokus pada Yesus, jangan minta fasilitas, lakukan di atas rata-rata karena cinta, karena mengasihi Yesus. Ketika engkau melakukan bagianmu yaitu ketaatan mutlak, sesuatu yang di atas rata-rata, bukan karena untuk kesombongan atau ingin dihargai, atau ingin diterima, tapi karena cinta kepada Tuhan, jaminan itu akan turun, covenant Tuhan akan turun. Makin engkau lakukan dengan cinta, makin covenant itu akan turun semakin kuat dan semakin kuat.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer