EMPAT SUNGAI 1

EMPAT SUNGAI
GBI SHEKINAH TEMANGGUNG
MINGGU, 28 Mei 2017
Ev. Indriati Tjipto


Hari Ini Tuhan katakan bahwa bagi Pasangan Suami Istri Yang Sudah Lama Merindukan Anak, Tuhan akan memberikannya. Pak Hadi dan Bu Linda saya minta tolong untuk mendoakan pasangan yang mau mempunyai anak.

Hari Ini Tuhan mau berikan pengurapan kepada orang-orang yang mempunyai panggilan tentara.

Hari ini kita akan belajar tentang EMPAT SUNGAI.

Kisah Para Rasul 1:6-7 (TB)  Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"
Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

1. URUSAN WAKTU Adalah URUSAN BAPA, URUSAN KITA Adalah BEREAKSI TEPAT

Ilustrasi : Kempompong yang akan menjadi kupu-kupu, Kupu-Kupu ini akan menyobek dan berusaha keluar dan ia akan terbang setelah sayapnya kuat, tetapi jika kita membantu menyobek kepompong itu maka, sayap kupu-kupu itu akan menjadi lemah dan tidak bisa terbang.

Jika kita mengandung seorang bayi, maka dalam WAKTU Sembilan Bulan bayi itu siap dilahirkan dengan organ yang lengkap.

Jika dilahirkan kurang dari sembilan bulan maka bayi akan pre mature semua organ tubuh bayi belum matang.

Janin didalam rahim ibunya tugas dia adalah bertumbuh hingga matang.

Jika kita saat ini belum dipakai Tuhan seperti masih disimpan, waktu adalah URUSAN BAPA.

Seringkali ketika kita berada dalam kemiskinan kita bertanya kapan kita keluar dari Kemiskinan.

2. BELAJAR MENANGKAP KAIROS TUHAN

Saya melihat banyak anak-anak TUHAN yang melewatkan Kairos TUHAN dalam hidup nya.

Ilustrasi : Ketika Banjir terjadi seorang anak Tuhan berdoa kepada Tuhan agar minta di lepaskan dari Musibah Banjir, ketika ia dijemput oleh petugas dengan perahu karet, ia tidak mau ditolong karena ia menantikan pertolongan Tuhan.

Sampai air itu setinggi atap, ia akhirnya dijemput Helikopter namun ia tetap menolak karena Ia menantikan pertolongan dari Tuhan.

Ia melewatkan Kairos Tuhan, akhirnya ia mati tenggelam dan ia melewatkan pertolongan Tuhan yang diberikan kepada dia. Ia tidak melihat Kairos Tuhan.

Banyak anak-anak Tuhan yang tidak bisa melihat Kairos Tuhan karena ia berpikir Kairos Tuhan harus sesuai moodnya, sesuai dengan keinginannya.

INGAT CARA TUHAN bukan CARA mu. Kita Mencintai TUHAN bukan dengan CARA kita sendiri. Kita harus mencintai TUHAN dengan Cara Tuhan.

Banyak orang-orang ingin memberikan sesuatu buat Ibu Iin, saya bilang lebih baik berikan kepada orang-orang miskin, saya sudah cukup gemuk, berikan roti untuk yang miskin. Orang-orang tersebut tetap ngotot memberikan untuk saya.

Saul ditolak Tuhan karena memberikan persembahan untuk Tuhan, ia TIDAK TAAT sama TUHAN.

Kairos itu muncul Day by Day. Daud menerima Kairos Tuhan saat ia menggembala di Padang Rumput.

Daud menerima Kairos menjadi Panglima saat ia melihat Goliat mengejek dan mengutuki bangsa Israel.

Lima Ribu Orang diberi makan saat anak kecil menerima Kairos Tuhan, ia menyerah kan lima roti dan dua ikan.

Kairos Tuhan Saya terima saat saya umur sembilan tahun, saya mulai mengajar anak-anak jalanan yang miskin. Ketika umur 12 tahun saya mulai menjemput anak-anak untuk datang ke sekolah minggu.

Kairos Tuhan datang ketika saya di Belanda, saya mengabdi kepada pemimpin yang baru setahun bertobat. Dia tidak mengerti Firman, saya sediakan bahan kotbah jika dia mau kotbah. Saya bahkan kadang membersihkan rumahnya.

Saul mengabdi pada Samuel, Daud mengabdi pada Saul.

TANGKAP KAIROS TUHAN Maka engkau akan NAIK.

Ilustrasi :  Di Amerika ada seorang Office Boy atau Room Boy, ia bekerja di sebuah Hotel, waktu itu Musim Salju, datang taxi yang membawa seorang nenek, ia langsung ambil payung dan menjemput nenek tersebut, sampai di Resepsionis kamar penuh, Room Boy ini menawarkan tempat istirahat yang sederhana untuk nenek tersebut, kemudian waktu setahun berlalu, TIBA-TIBA ada mobil Limousine berhenti di hotel tempat room boy ini bekerja, ia mencari room boy dan membawa room boy untuk menemui seorang, ternyata nenek yang ia tolong waktu itu.Akhirnya ia ditawari pekerjaan dan menjadi Manager Hotel Berbintang.

Waktu dan Momentum yang tidak pernah kita lihat, reaksi mu menentukan. Kairos Tuhan itu Sa'deg Sa'nyet.

3. PLEROMA

Efesus 4:13

Efesus 4:13 (TB)  sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

http://www.bibleforandroid.com/v/fbdcc45c609e


Paulus memberikan pengertian yang sangat mulia untuk menjelaskan tujuan gereja. Dia mengatakan bahwa gereja mempunyai tujuan untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Pleroma. Menjadi terisi penuh hingga sama dengan kepenuhan Kristus. Ini berarti gereja merupakan pembawa kemuliaan Kristus di dalam dunia ini.[i] Ini merupakan pengertian yang akan membawa perubahan yang begitu besar dalam melihat pelayanan di gereja. Mengapa gereja ada di dunia ini? Karena gereja adalah pembawa kemuliaan dari Kristus di dalam dunia. Baik Efesus 1:23 maupun Efesus 4:13 menjelaskan hal ini. Karena itulah gereja harus menjadikan Pleroma, atau keadaan penuh yang sama seperti Kristus, menjadi tujuan dari setiap kegiatan dan pelayanannya. Inilah sebabnya mengapa Paulus, sebelum membahas ayat ini, lebih dulu membahas mengenai kesatuan jemaat di mana dia sebelumnya telah memberikan penjelasan mengenai anugerah Tuhan yang memberikan para hamba Tuhan, yaitu para penginjil, gembala, dan pengajar bagi gereja. Semua memenuhi panggilan pelayanannya untuk suatu tujuan yang sama, yaitu pleroma. Kepenuhan Kristus sehingga gereja menjadi gambaran kemuliaan Kristus bagi dunia ini.

Yusuf dipanggil secara TIBA-TIBA untuk mengartikan Mimpi Firaun. Ini sebenarnya sudah masuk Masa Pleroma.

Hidup dalam suatu masa, Anugerah, itu semua Tergantung DariMu.

TUHAN mengatakan Indonesia Kuserahkan Dalam Tangan Anak-anak Ku.

Pada waktu Yusuf di Panggil Firaun, ia mengikuti kebiasaan ata budaya Mesir, Yusuf di Make Over sesuai budaya Mesir, orang yang mau ketemu Raja harus bersih, rambut klimis.

Kemudian Yusuf ambil inisiatif sebelum ia diangkat jadi Penguasa Mesir.

Hari-hari ini saudara hidup di Masa Pleroma. Hidup dalam Otoritas Tuhan.

Sewaktu akan Pelayanan Ke Sanger Talaud, waktu itu ombak laut sedang tinggi, kata orang disana saya salah menentukan Jadwal. Saya berkata Saya turun dari Pesawat tidak ada ombak tinggi, semua normal. Selama dua hari saya disana tidak ada ombak.

Begitu saya pulang dan sampai di Jakarta ombak kembali tinggi.

Pleroma Artinya PENUH, Segala Sesuatu Ada di Tangan Mu.

Ibu Debora Puji awalnya hanya mengelola satu menara Doa dan selama lima tahun ia bisa mengembangkan pelayanan doa di lima gereja.

Ibu Nita Awal mulanya melayani satu rumah singgah dengan dana lima juta sebulan, sekarang ia sudah mengelola ribuan rumah singgah dengan biaya operasional 150 juta perbulan.

Ibu Ruth Apung awal mula ia mengembangkan Catering dengan modal 50 juta, sekarang dengan omset 200-300 juta sebulan.

Mereka adalah orang-orang yang powerful bisa mengembangkan dua talenta menjadi empat talenta, lima talenta jadi sepuluh talenta.

Kolose 1:19 (TB)  Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

Kepenuhan disini berarti Pleroma, Siap menerima Kepenuhan Tuhan.

Kisah Para Rasul 1:8 (TB)  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Kita sudah terima Kuasa, Menerima Kuasa Similiar atau Segaris dengan Perintah Tuhan di Taman Eden.

TAMAN EDEN artinya

1. KESUKAAN

Jadikan Kita Kesukaan Tuhan. Contoh : Pak Petrus Agung jika ketemu Soto ia pasti makan walaupun sudah makan, karena ia suka soto.

Pak Petrus Hadi kesukaan nya Kecap, Sambel, Kerupuk dan Pecel, ia walaupun di rumah makan mahal jika ada makanan kesukaan nya ia memilih makan makanan kesukaan nya.

HATI TUHAN, CINTA TUHAN tertuju pada kita, jika kita, menjadi KESUKAAN TUHAN.

Tuhan akan kangen pada kita ditengah-tengah Noise. Tidak perlu Jadi Besar untuk menjadi KESUKAAN TUHAN.

Menjadi Kesukaan Tuhan pasti Jadi Besar. Doa yang Tepat Sasaran akan Powerful. DOA itu tidak teriak-teriak.

2. KESAYANGAN TUHAN = Diproteksi TUHAN.

3. KENIKMATAN

SUNGAI PISON Artinya Menyebar Luas

Berita kan Injil Kerajaan Tuhan, Mengembangkan Talenta kita.

Hari-hari ini semua staff Mahanaim dilatih jadi pembicara Seminar, Mulai dari Cleaning Service dilatih dan memenangkan jiwa di sekolah-sekolah

SUNGAI GIHON Artinya Mengeluarkan BENIH ILAHI

Kita harus mengeluarkan aliran-aliran Air Kehidupan. Kamis Malam Tuhan suruh mengecek keberadaan para pemusik, ternyata mereka tidak ada ditempat, akhirnya mereka saya suruh menyiapkan anak-anak didiknya untuk main musik sabtu.

Sabtunya pembicara Doa Pagi menanyakan anak-anak belajar musik dimana ? saya jawab belajar otodidak, saya pikir kata pembicara tersebut anak-anak ini belajar otodidak, seperti pemain keyboard adalah anak panti yang diajar oleh Erick Stanley, mereka belajar nanya menggunakan kertas karton.

Pembicara nya kaget dan terkagum-kagum sama anak pemain musik.

Amin

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer