Allah Adalah Penolong ku

Allah Adalah Penolong ku


Bahan Renungan :

Keluaran 18:4 (TB)  dan yang seorang lagi bernama Eliezer, sebab katanya: "Allah bapaku adalah penolongku dan telah menyelamatkan aku dari pedang Firaun."

http://www.bibleforandroid.com/v/f0622cfb8815

Eliezer (bahasa Ibrani: אֱלִיעֶזֶר, Standar Eliʿézer Tiberias ʾĔlîʿézer, "El (Allah)-ku adalah penolong") adalah putra kedua Musa dan istrinya, Zipora menurut catatan Kitab Keluaran di Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.[1][2] Namanya dalam bahasa Ibrani diberikan Musa karena katanya: "Allah bapaku (="Eli") adalah penolongku ("-ezer") dan telah menyelamatkan aku dari pedang Firaun."
Eliezer, Ibrani: אֱלִיעֶזֶר - 'ELI'EZER, 'Allah penolong'. Nama ini sering muncul dalam Alkitab.

Kita Belajar Dari :

1. Eliezer, Hamba Abraham

* Kejadian 15:2-3
15:2 LAI TB, Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu."
KJV, And Abram said, LORD God, what wilt thou give me, seeing I go childless, and the steward of my house is this Eliezer of Damascus?
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אַבְרָם אֲדֹנָי יֱהוִה מַה־תִּתֶּן־לִי וְאָנֹכִי הֹולֵךְ עֲרִירִי וּבֶן־מֶשֶׁק בֵּיתִי הוּא דַּמֶּשֶׂק אֱלִיעֶזֶר׃
Translit interlinear, VAYOMER {dan dia berkata} 'AV'RAM {abram} ADONAI {Tuhanku} YEHOVIH (dibaca: 'Elohim, YHVH) MAH-TITEN-LI {apakah yang akan Kau berikan kepadaku} VE'ANOKHI {sebab aku} HOLEKH {berjalan} 'ARIRI {tanpa anak} UVEN-MESHEK {dan putera-waris} BEITI {rumahku/ keluargaku} HU {dia} DAMESEQ {orang damsyik} 'ELI'EZER {Eliezer}

15:3 LAI TB, Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku."
KJV, And Abram said, Behold, to me thou hast given no seed: and, lo, one born in my house is mine heir.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר אַבְרָם הֵן לִי לֹא נָתַתָּה זָרַע וְהִנֵּה בֶן־בֵּיתִי יֹורֵשׁ אֹתִי׃
Translit interlinear, VAYOMER {dan dia berkata} 'AV'RAM {abram} HEN {lihatlah} LI {kepadaku} LO {tidak} NATATAH {Engkau memberikan} ZARA {keturunan} VEHINEH {dan sehingga} VEN-BEITI {hamba di rumahku} YORESH {dia mewarisi} 'OTI {-ku}

Eliezer orang Damsyik, hamba utama Abraham dan ahli warisnya sebelum kelahiran Ismael dan Ishak (Kejadian 15:2-3). Kebiasaan yg memperbolehkan suatu keluarga yg tanpa anak mengangkat seseorang dari luar keluarganya menjadi ahli warisnya, diketahui dari banyak sumber bertarikh thn 2000-1500 sM. Ahli waris yg diangkat seperti itu menduduki tempat kedua jika seorang anak sulung lahir kemudian. (Reff: D. J Wiseman, IBA, 1959, hlm 25-26. Mengenai kebiasaan ini di Ur, kr 1800 sM, lih DJ Wiseman, JTVI 88, 1956, hlm 124. Mengenai contoh-contoh kebiasaan ini dalam lempeng dari Nuzi, lih C. H Gordon, BA 3, 1940, hlm 1-12; dalam Speiser, AASOR 10, 1930, terdapat terjemahan naskah-naskah dari Nuzi H 60; H 67 (hlm 30, 32 dst).

Catatan mengenai Eliezer:
Arti nama : Allah adalah pertolongan
Disebut pertama : Kejadian 15:2
Namanya disebut : 13 kali
Kitab yang menyebut : 1 buku : Kejadian
Pekerjaan : Kepala pelayan Abraham - Kejadian 15:2
Terakhir disebut : Kejadian 24:66
Fakta penting : Tugas Eliezer yang dikenal dalam Alkitab adalah ketika Abraham memberikan tugas tugas kepadanya untuk mencarikan istri bagi Ishak. Abraham (Kejadian 24).


2. Eliezer, Anak kedua Musa.

Anak Musa yg kedua diberi nama Eliezer sebagai ingatan luputnya Musa dari pedang Firaun (Keluaran 18:4; 1 Tawarikh 23:15). Anak Eliezer hanya satu, yaitu Rehabya, tapi keturunan Rehabya banyak, dan seorang di antaranya Selomit, yg menjadi pengawas perbendaharaan barang-barang kudus yg dikuduskan Daud (1 Tawarikh 23:17-18; 26:25-26).

Catatan mengenai Eliezer bin Musa:
Arti nama : Allah adalah pertolongan
Ayah : Musa - Keluaran 18:2-4
Ibu : Zipora - Keluaran 18 ; 2-4
Anak laki-laki : Rehabia - 1 Tawarikh 23:17
Saudara laki-laki : Gersom - Keluaran 2:22
Disebut pertama : Kejadian 18:4
Namanya disebut : 5 kali
Kitab yang menyebut : 1 buku : Ayub
Terakhir disebut : 1 Tawarikh 26:28
Fakta penting : Ia anak kedua Musa (Keluaran 18:2-4).


3. Eliezer, Cucu Benyamin.

Cucu Benyamin, yg menjadi nenek moyang dari suatu suku Benyamin di kemudian hari (1 Tawarikh 7:8).


4. Eliezer, Salah seorang dari 7 Imam.

Eliezer, salah seorang dari 7 imam yg meniup sangkakala (atau nafiri; Yosua 6:4; 1 Taw 15:24) di hadapan tabut Allah, waktu Daud membawanya ke Yerusalem.


5. Eliezer bin Zikhri.

Eliezer anak Zikhri, kepala suku Ruben pada pemerintahan Daud (1 Tawarikh 27:16).


6. Eliezer, Nabi.

Eliezer, nabi yg menubuatkan kepada raja Yosafat dari Yehuda, bahwa armada kapalnya yg di Ezion-Geber akan pecah, sebagai hukuman karena ia bersekutu dengan Ahazia, raja Israel yg fasik itu (2 Tawarikh 20:35-37).


7. Eliezer, seorang di zaman Ezra.

Satu dari 11 orang yg ditugaskan Ezra untuk mencari orang-orang Lewi yg hendak kembali ke Yerusalem pada thn 458 sM (Ezr 8:16 dab).


8-10. 3 orang bernama Eliezer:

Eliezer, nama dari tiga orang, termasuk seorang imam dan seorang Lewi, yg telah mengambil istri dari bangsa asing (Ezra 10:18, 23, 31).


11. Eliezer, leluhur Yesus Kristus.

Seorang yg tampil dalam garis silsilah kemanusiaan Yesus dalam Lukas 3:29.

Eliezer Adalah Hamba Dari Abraham, Ia adalah orang yang menolong Abraham untuk menemukan Ribkah untuk menjadi istrinya Ishak.

Ishak adalah Ahli Warisnya Abraham, Ia melanjutkan Garis Keturunan Abraham dan Dari Ribkah Lahir Esau dan Yakub.

Melalui Yakub lahirlah 12 Suku Israel. Artinya Eliezer Adalah Allah Bapaku Adalah Penolong ku.

Tuhan Engkau Adalah Penolong ku untuk mendapatkan Tanah Goshenku dan TUHAN yang menolong aku untuk mendapatkan rumah untuk Saya tinggal dan Usaha.

Dua Tahun Waktu membangun, Secara Manusia saya Nol apakah saya mampu membangun Glorious Nursery dan Cafe. Secara Manusia Nol hanya bermodalkan Adenium yang Ada Di Sini.

Tuhan Tolong HambaMu yang Tidak Percaya ini. Bagaimana Caranya Impian dan Kesukaan ku jadi nyata. Amin

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer