FAITHFULLNESS

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
7 MEI 2017

By: Ps. Robert Lie

FAITHFULNESS: It's a lifetime process
Bobby Hartanto


Gunung adalah tempat dimana seseorang bisa mengalami pengangkatan yang dari Tuhan, contoh Abraham, Musa, Yesus, dll.

Untuk masuk dalam glorious exaltation, ada 3 kunci:
1. Kerendahan hati
Ketika engkau merendahkan diri, maka engkau akan diangkat, dan juga sebaliknya.
2. Kesetiaan
Matius 25: setia dalam perkara kecil maka engkau akan dipercaya perkara yang lebih besar.
3. Mau belajar dan mau diajar
Banyak yang hanya mau belajar tapi tidak mau diajar. Banyak juga yang hanya mau belajar dari orang yang dia rasa lebih hebat darinya, padahal kita bisa belajar dari semua orang, termasuk dari orang yang melakukan kesalahan sekalipun (belajar untuk tidak mengikuti / mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang lain).

Prinsip air:
- Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah
- Posisikan diri lebih rendah dari orang lain agar engkau bisa dapatkan sesuatu
- Kalau engkau memposisikan dirimu lebih tinggi dari orang lain, engkau tidak akan pernah bisa mendapatkan pengajaran apapun dari orang tersebut.
- Sekalipun orang lebih rendah levelnya atau dari anak-anak, kalau engkau bisa merendahkan diri untuk mendengar dan belajar, engkau pasti akan diberkat atau mendapatkan sesuatu hal dari orang tersebut

Ada mimpi mengenai 3 gunung:
1. Gunung setia
2. Gunung takut Tuhan
3. Gunung semaunya sendiri

Gunung setia:
- Tuhan yang pilih dan tetapkan siapa yang masuk
- Kalau kita masuk, bukan berarti kita sudah setia, tapi kita sedang dalam proses menuju setia!
- Masuk dalam proses seperti tanah liat dan tukang periuk, agar kita bisa masuk dalam kesetiaan namun di dalam ukuran kesetiaan yang dari Tuhan
- Ada banyak kursi, berbicara mengenai belajar dan diajar

2 Tawarikh 7:15-16
15: Sekarang mata-Ku terbuka dan telinga-Ku menaruh perhatian kepada doa dari tempat ini.
16: Sekarang telah Kupilih dan Kukuduskan rumah ini, supaya nama-Ku tinggal di situ untuk selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa.

Ini adalah Firman Tuhan untuk tempat ini! Mata Tuhan terbuka, telinga Tuhan menaruh perhatian pada doa yang dinaikkan di tempat ini. Tuhan pilih dan kuduskan tempat ini. Ketika Tuhan ada di tempat ini, tempat ini akan jadi berkat dan juga akan diberkati, juga ketika engkau berdoa, doamu akan dijawab Tuhan.

2 Tawarikh 7:13-14
13: Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku,
14: dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Kalau engkau mengalami yang tidak enak terus menerus, Tuhan sudah berikan caranya agar engkau mengalami pemulihan, yaitu merendahkan diri, berdoa, mencari Tuhan, bertobat! Lakukan semua dengan konsisten, apapun keadaannya, tetap berdoa! Seperti kata pepatah, banyak doa banyak berkat, tidak berdoa tidak ada berkat! Doa adalah nafas orang Kristen, baca Firman adalah makanan.

Setia itu faithfulness, berasal dari kata Ibrani EMUNAH, artinya firmness (keteguhan), steadfastness (ketabahan), fidelity (kesetiaan, ketepatan), stability (stabil), steady (tetap), truly (sungguh), truth (kebenaran).

Terhadap orang yang setia, Tuhan berlaku setia. Terhadap orang yang licik, Tuhan berbelat-belit.
EMUNAH: melakukan dengan tepat dan konsisten ; melakukan yang tepat dan benar dengan penuh stabilan dan keteguhan

2 Tawarikh 7:17
17: Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku,

Ciri kesetiaan:
- Berbuat yang Tuhan perintahkan
- Tetap mengikuti ketetapan dan peraturan Tuhan
- Tidak perlu diingatkan / dinasehati lagi
- Tetap berdoa apapun yang terjadi
- Murid sejati itu yang nurut dan taat!

Bilangan 12:7
7: Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia (neeman) dalam segenap rumah-Ku.

Musa mengalami glorious exaltation karena dia setia dalam segenap rumah Tuhan. Mata Tuhan itu tertuju atas rumah ini, jadi berada di pelayanan apapun kita, kita harus setia, setialah!

1 Samuel 22:14
14: Lalu Ahimelekh menjawab raja: "Tetapi siapakah di antara segala pegawaimu yang dapat dipercaya (neeman) seperti Daud, apalagi ia menantu raja dan kepala para pengawalmu, dan dihormati dalam rumahmu?

Daud diakui oleh raja Ahimelekh sebagai orang yang dapat dipercaya atau dengan kata lain, SETIA (faithful) .
Ulangan 7:9
9: Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia (ha-neeman), yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan, 

Kata Ibrani Emunah, neeman, ha-neeman, asal katanya adalah "aman", yaitu believe (percaya), to confirm, support. Kalau engkau percaya, engkau akan bisa setia, karena dasar dari kesetiaan kita adalah kita percaya.

Kejadian 15:5-6
5: Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."
6: Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.

- Kejadian 12: Tuhan berjanji bahwa Abraham akan menjadi bapak banyak bangsa
- Kejadian 13, 14, 15, adalah PROSES yang dialami Abraham 
- Kejadian 15:5-6 tadi dikatakan bahwa Abraham percaya sekalipun dia sudah diuji terus-terusan. Sekalipun sudah diperhitungkan sebagai kebenaran, Abraham belum mengalami breakthrough
- Kejadian 17: sunat, Abraham menguatkan kepercayaannya

Kuatkan kepercayaanmu pada Tuhan, baru engkau bisa setia. Abraham menunggu 25 tahun baru dia bisa mendapatkan Ishak. Bahkan setelah punya anak, dia tetap taat sekalipun ketika itu anaknya disuruh Tuhan untuk dipersembahkan / dikorbankan.

Kejadian 26:4-5
4: Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,
5: karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku."

Tuhan beri perjanjian kepada Abraham karena dia tetap teguh dalam ketaatannya kepada Tuhan.
- Kejadian 15:6 >> "AMAN" >> bukan tentang percaya, tapi dia tetap teguh di dalam Tuhan
- Kejadian 26:5 >> dia teguh dalam ketaatan pada Tuhan dan juga kepada Taurat Tuhan, dan inilah 2 ciri kesetiaan seperti yang juga dilakukan oleh Daud.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer