MANUSIA ROH KITA AKTIF

Kita Menerima Dari Tuhan Saat Manusia Roh Kita Aktif



Sebagai satu-satunya makhluk ciptaan yang diciptakan dari dua unsur: Debu tanah & nafas hidup Tuhan sendiri (Kej 2:7) Kita diberi kemampuan oleh Tuhan untuk dapat hidup di dua dunia sekaligus: alam lahiriah ini dan dunia roh. Terlebih setelah kita menjadi Ciptaan Baru, ada pribadi Roh Kudus yang  terus menyertai kita dan bertindak sebagai seorang Penolong dalam hidup kita.

1. Kita tidak lagi menghadapi situasi/ keadaan sehari-hari dengan kekuatan lahiriah/ manusiawi kita.
Dengan adanya pribadi Roh Kudus, setiapkali kita harus menghadapi sesuatu dalam kehidupan sehari-hari, kita akan dapat menghadapinya dengan kekuatan & arahan yang datang dari Roh Kudus.

Misalkan, sekali waktu kita menghadapi suatu tantangan dalam aspek keuangan. Secara lahiriah, kita yang sedang menghadapi tantangan keuangan mungkin mendapati bagaimana situasi & keadaan/ fakta lahiriah yang ada sama sekali tidak membesarkan hati; cenderung membuat kita jadi tawar hati/ tertekan. Tapi sesungguhnya, di dalam alam roh, ada pribadi Roh Kudus yang bisa membawa manusia roh kita memasuki ruang tahta dan mendiskusikan tentang pergumulan keuangan yang sedang kita hadapi secara langsung dengan Tuhan.
Roma 8:26  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Roh Kudus sendiri berdoa kepada Allah bagi kepentingan kita. Dan Roh Kudus yang berdoa bagi kita tersebut, di satu sisi yang lain, justru bergerak untuk menyelidiki pikiran & hati Bapa berkaitan dengan kondisi/ keadaan kita tersebut.

1 Kor 2:10   Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Saat Roh Kudus menemukan isi hati/ pikiran Tuhan berkaitan dengan kondisi/ keadaan yang sedang kita hadapi, Roh akan menyatakannya kepada kita. Kita jadi memiliki pikiran Tuhan;

1 Kor 2:16  Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.
dan pikiran Tuhan itulah yang ketika datang dalam hidup kita, menjadi suatu strategi, arahan/ tuntunan untuk kita mengubah semua batu sandungan, menjadi batu loncatan; mengubah ancaman, menjadi peluang; mengubah masalah/ kutuk menjadi berkat & terobosan....

2. Melalui doa dalam bahasa roh, kita sedang berkolaborasi dengan Roh Kudus, menaikkan syafaat di hadapan Bapa; sekaligus mengaktifasi manusia roh kita sehingga memudahkan untuk kita menerima pikiran Tuhan/ suara Tuhan yang dinyatakan oleh Roh KudusNya.

Ingat selalu, Allah itu roh. Apapun yang akan Ia berikan kepada kita selalu Ia berikan dalam bentuk dimensi rohani dan Ia memberikannya melalui Roh KudusNya. Kita hanya bisa menerima apa yang Roh Kudus bawa dari Tuhan ketika manusia roh kita ada dalam keadaan aktif. Sama seperti suatu rekening bank. Walau ada fasilitas transfer antar rekening via ATM - dan dalam hitungan detik transfer yang kita lakukan atas suatu rekening akan seketika dapat dinikmati penerima transfer tersebut, ada satu syarat yang dibutuhkan: rekening penerima harus dalam keadaan aktif!

Kita berdoa dalam bahasa roh karena kita tidak mengetahui apa yang harus kita doakan/ deklarasikan. Tapi saat manusia roh kita aktif & mulai menerima pernyataan-pernyataan Roh tentang apa yang menjadi pikiran/ suara Tuhan, kita harus berhenti berkata-kata dalam bahasa roh & mulai mempergunakan suara Tuhan yang kita terima sebagai suatu deklarasi!

Deklarasikan, perkatakan suara Tuhan tersebut secara sedemikian rupa sampai emosi/ batin kita jadi bergelora, antusias, penuh semangat...

Hal tersebut akan menginisiatifi terjadinya berbagai terobosan & perubahan dalam alam lahiriah kita...

Roma 8:28   Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer