KARAKTERMU MASA DEPANMU 8

"Karakter RAMAH DAN SABAR" - 8 -

BERBAGI MAKANAN, MINUMAN, TEMPAT BERLINDUNG DAN PERCAKAPAN DGN ORG LAIN.
MELEWATI MASA SULIT TANPA MENGELUH DAN MEMBERIKAN TENGGAT WAKTU.

Dan Raja itu akan menjawab mereka; aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yg kamu lakukan utk salah seorg saudara-Ku yg paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. (Matius 25 : 40)

Saya berdoa agar kita membuka hati kita utk mempunyai hati yg besar, hati yg bsr utk menerima dan melayani org2 tanpa adanya syarat ataupun tuntutan. Bagaimana pun mahanaim ada karens melayani dan memheri makan. Padahal di awal, di antara kita tdk byk org2 yg sangat baik, tapi karena kita punya hati yg besar, maka Tuhan terus memberkati sampai saat ini. Bukan artinya kita hrs biarkan kekotoran dan kejelekan utk tetap ada, tapi punya hati yg bsr itu sampai sdr bisa terima yg jelek dan rubah itu jadi kebaikan.
Selain itu, Hospitality juga bagian dari melayani byk hal. Bisa soal makanan, soal keinginan sampai sdr mrngenal org2 yg sdr layani. Coba utk melayani dgn care, melayani dgn kesungguhan dan melayani dgn pengenalan sampai saudaramu akan senang berada di sekelilingmu karena hospitality yg sdr buat sungguh ajaib, maka sdr akan dibawa. Tuhan terus dlm next level. Dan semakin dipercayakan byk hal. Mari belajar punyai hati besar dan melayani maka kita akan terus dibawa Tuhan ke next level, dari kemuliaan sampai kepada kemuliaan.

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, org yg menguasai dirinya, melebihi org yg merebut kita. (Amsal 16 : 32)

Salah satu bentuk kesabaran adalah sdr cepat mendengar dan lambat utk berkata-kata dan lambat utk marah.

Seringkali hati kita ini bisa menjadi sgt cepat gusar, terganggu, dan mudah sekali utk terprovokasi. Misalnya hanya karena sdr mendengar suatu berita yg kurang menyenangkan atau laporan yg berantakan, hatimu menjadi marah dan mood'nya langsung berantakan, padahal berita/laporan itu belum tentu benar dan terpercaya.

Jika sdr mengalami kondisi seperti itu, harus belajar lebih tenang dlm melihat segala situasi dan kondisi, berusaha tetap perkataan yg lemah lembut dan manis.

Kalau sdr berhasil dan menenangkan hatimu sekalipun sdr dengar byk berita yg tdk menyenangkan, maka sesungguhnya sdr sdh menang thd setiap distraction/gangguan, bisikan dan sdr akan lebih mudah utk berjalan ke arah yg Tuhan tunjukan kpd saudara.

Sabar merupakan salah satu karakter Tuhan sendiri, Tuhan kita adalah Tuhan yg panjang sabar. Seringkali kita berbuat salah dan jatuh dlm dosa, namun kesabaran Tuhan masih tetap ada utk kits, kita juga sebagai manusia hrs tahu diri, Tuhan kita memang panjang sabar tetapi bukan maha sabar sehingga kita tdk boleh bermain-main dgn kasih karunia Tuhan. Sebagai anak-anak Tuhan maka seharusnya kita mewarisi sifat Tuhan ini. Kesabaran dlm melewati segala sesuatu yg Tuhan ijinkan dan Tuhan sudah tetapkan.

Sampai batas mana sih kita harus sabar ? Sampai sepanjang-panjangnya kita hrs belajar bersabar. Sebab ujian kesabaran bisa terjadi kapanpun dan kita tdk pernah tahu  kapan itu datang. Mari terus belajar panjang sabar sama seperti Bspa kita yg panjang sabar.

Disalin dari "Karakter-Mu.. Masa Depanmu" oleh : Ev. Mikhael Iin Tjipto W.

Aby Desy Fajarwati

Komentar

Postingan Populer