Ketaatan Terhadap Arahan Tuhan

Ketaatan Terhadap Arahan Tuhan




Dalam kehidupan kita selalu ada 'garis waktu' - Timeline, dimana di dalam timeline tersebut ada periode-periode waktu tertentu yang menuntut kita untuk melakukan sesuatu; saya menyebutnya dengan istilah 'Kewajiban pokok yang harus kita lakukan'.

Ijinkan saya menjelaskannya melalui suatu ilustrasi: Saat seorang anak dilahirkan, ada suatu periode tertentu - Timeline tertentu, yang harus dilewati oleh anak tersebut sebelum ia menjadi dewasa: Masa bayi sampai masa kanak-kanak, itu adalah masa untuk ia bermain dan belajar/ mencontoh dari 'dunia kecilnya' - itu adalah Kewajiban pokok yang harus ia jalani/ lakukan. Ketika si anak sudah memasuki usia bersekolah secara formal - kembali ini berbicara tentang Garis waktu/ Timeline, maka Kewajiban pokok yang harus ia jalani/ lakukan adalah belajar! Memang dia tetap boleh bermain & terus belajar dari lingkungannya, tapi tugas utamanya adalah menuntut ilmu di bangku sekolah - sampai ia ada di jenjang mahasiswa. Setelah wisuda, anak tersebut sekarang memasuki periode garis waktu - Timeline yang lain lagi : periode bekerja & meniti karir; di Timeline ini, ada Kewajiban pokok lain yang harus ia lakukan: menunjukkan keahlian & keprofesionalan kerja. Belum lagi jika anak yang bersangkutan sudah mulai memiliki pasangan hidup dan bersiap untuk membina rumah tangga, artinya akan ada periode Garis waktu/ Timeline lain yang harus ia jalani dan otomatis akan ada Kewajiban pokok baru yang harus ia jalani/ kerjakan... demikian seterusnya hingga ia dipanggil Tuhan nanti...

Di dalam perjalanan prophetis yang kita jalani sesungguhnya Tuhan juga menetapkan suatu Timeline - periode

Garis waktu dimana didalamnya juga akan ada suatu Kewajiban pokok yang harus ia jalani/ lakukan. Dengan kita mengetahui dimana posisi kita dalam Timeline yang Tuhan tetapkan, otomatis kita juga jadi tahu apa yang menjadi Kewajiban pokok yang harus kita jalani/ lakukan. Melakukan dengan tekun apa yang menjadi Kewajiban pokok dalam periode kehidupan kita akan menghantarkan kita untuk menjadi lebih unggul/ menjadi yang terbaik saat Tuhan menghantarkan kita menjalani Timeline kita di fase yang selanjutnya.

Dapat dikatakan bahwa apa yang Tuhan lakukan dalam hidup kita kemarin tidak lain adalah untuk mempersiapkan kita di masa kini. Apa yang kita lakukan saat ini sebagai wujud ketaatan pada arahan RohNya, tidak lain adalah untuk mempersiapkan kita dalam menjalani masa depan yang lebih baik!

Jika masa kini kita penuh dengan pergumulan/ masalah, hal itu selalu disebabkan karena kita tidak memanfaatkan momentum/ anugerah yang Tuhan berikan di masa lalu; dan jika kita ingin 'memutus' siklus kegagalan dari hidup masa depan kita, mau tidak mau kita harus melakukannya di masa kini!
Ketaatan kita pada arahan Tuhan di masa kini, selalu akan memposisikan kita menjadi pribadi yang lebih unggul di masa depan.

Pastikan kita selalu mentaati apapun yang menjadi arahan Tuhan; taati dengan segera, taati dengan sukacita dan taatilah dengan penuh ketekunan; saya yakin, Tuhan yang sedang memposisikan dirimu untuk menjadi yang terbaik dimasa depan, akan memastikan dirimu menjadi yang terbaik dari antara orang banyak di generasimu...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer