Table 39

Table 39
- Ev Lisa Sanusi-


Zakheus.
Lukas 19:1-2. Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Zakheus ini pejabat pemerintahan bagian pajak, dia status nya tinggi sehingga kaya banget. Dia bkn org Yahudi. Dia bekerja buat kerajaan Romawi. Zakheus sdh denger Yesus (mujizat, kesembuhan Ilahi). Ayat 3-4. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ.

Zakheus artinya pure (murni), hatinya murni. Buat Zakheus di posisi nya, setiap hari menerima setoran rakyat, ada yg mampu yah bayar, Ada yg ngak mampu diseret sama tentara. Hatinya ada compasion - belas kasihan yg kuat. Kenapa dia mau melihat Yesus? Matius 5:8. Berbahagialah orang yang suci hatinya,karena mereka akan melihat Allah. Mata hati itu yg terdalam. Rahasia kerajaan Allah akan disingkapkan jika kita punya hati yg murni. Zakheus desperately to see Jesus. Desperately ini sampai frustasi. Sebenarnya setiap manusia sejahat apapun punya hati nurani. Sebenarnya hati yg desperate itu yg akan mengejar Tuhan. Kita kepengin cari FirmanNya. Seringkali Tuhan ijinkan kita ini mengalami frustasi. Persembahan yg paling harum ialah hati yg frustasi yg mengejar / mencari Tuhan.

Yg paling Tuhan suka dr Maria Magdalena, yg membuat dia org pertama yg diketemui oleh Tuhan Yesus pd waktu bangkit. Semua krn hati nya yg terus dipecahkan terus menerus. Setiap kali dia habis melacur, dia kumpulkan uang nya (dgn hati yg dipecahkan). Setiap kali Maria Magdalena ketemu Tuhan selalu tersungkur dan mencium kakiNya. Naikkan Narwastu pd waktu hdpmu sedang dihancurkan. Zakheus ini stress krn terus menerus melihat ada org yg ngak bisa bayar pajak, diseret masuk ke penjara. Keterbatasan nya ngak bisa menghentikan dia ketemu Tuhan Yesus. Matius 6:24. Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon." Waktu kebenaran itu disampaikan, dia cari Tuhan yg hdp bukan mamon.

Sebenarnya kerinduan itulah yg membuat Tuhan mengadahkan ke atas pohon. Lukas 19:5
Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Setiap ada hati yg dipecahkan membuat Tuhan mencari siapa dan Tuhan mengenalNya. Mazmur 139:13. Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Tuhan kenal kita by name. Dia sangat tahu by name. Waktu hari hati dipecahkan, Tuhan datang ke rumah mu. Yohanes 10:3. Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. DIA panggil kita dgn nama dan menuntun keluar.

Cari Tuhan dan kau akan temukan Tuhan, berikan jawaban dan membuka hal yg baru. Mari selesaikan panggilan masing2. Gesekan antara saudara itu menghentikan kita lari ke Tuhan. Kadang2 hati kita murni tapi ngak menghitung. Ada org yg spt paman Gober tidur diatas uang, nanti pas Tuhan datang ngak sadar. Bagian kita mengangkat saudara kita hand in hand. Kita harus berakar dengan kuat supaya hati dipecahkan, sehingga minyak Narwastu terus naik dihadapanNya. Sewaktu Tuhan bawa naik maka bangunan nya punya fondasi yg kuat.

Kenapa Zakheus harus naik pohon ara? Pohon ara tinggi nya sampe 17m. Pohon ara - the tree of hope - pohon pengharapan. Disaat kita frustasi, naik pohon ara, buat ketemu sama Tuhan. Berhenti utk marah atas keadaanmu, tutup yg lama, naik ke pohon ara. Ada selalu pengharapan dlm hdp kita. Lukas 19:8 Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat." Dihadapan Tuhan selalu ada tanda. Angka 4 adalah pintu. Pintu pertobatan, pintu cinta, pintu kasih setia. Sejak hari Zakheus percaya dan bertemu dgn Tuhan maka dia anak Abraham. Semua perjanjian Abraham Ishak Israel menjadi milik nya. Lukas 17:6. Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

Waktu kita naik dan punya pengharapan, tiba2 kita punya benih iman / Ilahi. Artinya tercabutlah engkau dr tanahmu, dan aku akan tanam engkau di lautan yg luas. Pohon ara akarnya paling keras. Ditanam di lautan - punya kapasitas yg besar. Yg Tuhan sediakan besar banget. Sedalam apa lautan. Tdk akan goncangan. Kita harus cari Tuhan Yesus. Tujuan kita kerja ialah jiwa2. Waktu hati kita buat org banyak, tetap Tuhan akan pakai.

"Kerinduan yg sangat dalam membawa perubahan yg sangat dahsyat"
Sumber FB : Amelia Shine

Komentar

Postingan Populer