GETSEMANI

*GETSEMANI*
*Daily Devotion*

Matius 26:36 (TB)  Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Duduklah di sini, sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa."

http://www.bibleforandroid.com/v/61bda51456b1

_*Renungan*_

Getsemani (Yunani: γεθσημανί - GETHSÊMANI, dari kata Aram : "GAT-SYEMEN," 'perasan minyak'), yaitu nama 'taman/ kebun' (Yunani: κῆπος - KÊPOS, Yohanes 18:1), di timur Yerusalem, seberang lembah Kidron dekat Bukit Zaitun (Matius 26:30). Getsemani adalah kebun/ taman pada dekat Bukit Zaitun (Lukas 22:39; Yohanes 18:1) tempat Yesus ditangkap (Markus 14:32 dst).

Yesus memberi teladan bahwa berdoalah ketika menghadapi pergumulan hidup. Pada saat itu Yesus sedang bergumul agar cawan itu dilalukan dari pada-Nya, Ia minta bukan kehendak-Nya yang jadi, Yesus menyerahkan kepada kehendak Bapa-Nya.

Di Injil Lukas dikatakan “Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah”. (Lukas 22:44).

Seseorang yang mengalami pergumulan yang berat akan mengalami yang dalam dunia kedokteran disebut “Hematohidrosis”. Di bawah tekanan yang hebat, pembuluh darah halus dalam kelenjar keringat dapat pecah sehingga keringat bercampur dengan darah. Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa pergumulan yang Yesus hadapi sangat berat. Cawan yang Ia minta lalu adalah penderitaan rohani di mana Ia terpisah dari Bapa-Nya.

Di Taman Getsemani, adalah Tempat Dimana Kita berkomunikasi dengan Tuhan ditengah pergumulan kita. Buah Zaitun sebelum menjadi Minyak Zaitun harus mengalami proses yaitu yaitu diperas sampai mengeluarkan minyak. minyak itu di tampung dalam sebuah CAWAN.

Mari Penuhi Cawan Keintiman kita dengan Tuhan. Di Getsemani adalah tempat kita diperas hingga mengeluarkan minyak yang harum dihadapan Tuhan Yesus Raja kita. Amin

By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer