REALITA SION

REALITA SION

Saya mendapati hingga hari ini, gereja Tuhan (kebanyakan pemimpin dan jemaat) masih juga merasa 'asing' dengan manifestasi Sion.
Mereka sudah sering mendengar tentang Sion, bahkan ada banyak yang mempergunakan istilah 'Sion' sebagai nama gereja / organisasi mereka, tapi hampir tidak pernah (jarang) berinteraksi dengan realita Sion.

Dalam Ibr 12:22-24, Paulus menegaskan kembali berbagai dimensi yang terdapat didalam Sion yang sedang rindu untuk Bapa menifestasikan didalam dan melalui gerejaNya:

~~ 1. Realita Sion hanya akan dialami oleh mereka yang gila-gilaan mengejar/ mencari Tuhan.

Mazmur 84:5-7 (84-6)
(6) Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah !
7) Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.
(8) Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.

Alkitab menegaskan, hanya mereka yang terus hidup mengandalkan Tuhan & firmanNya, yang hatinya berketetapan untuk selalu alami realita Tuhan, akan terus alami pekerjaan firman & Roh didalam hidupnya.
Sion adalah sesuatu yqng bersifat Ilahi / supernatural; jadi hanya bisa di alami oleh mereka yang memang hidup dari pekerjaan firman & Roh.
Bukan usaha manusiawi kita yang membuat seseorang alami Sion.
Tapi tekad dan kecenderungan hati yang ia milikilah yang akan menghantarkannya mengalami interaksi dengan Sion !

~~ 2. Saat kita mengalami realita Sion, kita di bawa oleh Tuhan untuk di-establish-kan di bumi ini.

# Establish means: to cause (someone or something) to be widely known and accepted; to put (someone or something) in a position, role, etc., that will last for a long time -
Establish memiliki makna membuat seseorang atau sesuatu jadi dikenal luas dan di terima; menempatkan seseorang atau sesuatu pada posisinya, pada fungsinya yang akan membuatnya bertahan untuk waktu yang lama.

Saat orang percaya bersentuhan dengan Sion, orang percaya akan ditempatkan pada suatu posisi & fungsi tertentu yang membuatnya jadi di kenal luas/ di terima oleh masyarakat luas. Tuhan melakukannya secara Ilahi, dengan cara supernatural. Walau tidak terjadi dalam semalam tapi secara meyakinkan, Tuhan akan melakukannya.
Sama seperti saat seseorang menanam pohon di butuhkan suatu waktu tertentu sebelum mulai berbuah, demikian juga dengan kehidupan orang-orang benar.
Melalui perjalanan waktu, Tuhan membuat kehidupan orang percaya menjadi orang-orang yang berpengaruh, terpandang & di segani...

~~ 3. Interaksi dengan dimensi Sion akan mengkondisikan orang-orang percaya jadi hidup dalam dimensi Roh, dimensi keIlahian Tuhan, dimensi Supernatural di alam natural / lahiriah ini (Gal 4:26-27)

Kehidupan iman yang seharusnya menjadi fondasi dari kehidupan sehari-hari setiap orang percaya hanya akan di alami oleh mereka yang sudah bersentuhan dengan Sion.
Inilah dimensi rohani yang menjanjikan kemenangan dalam segala hal - kita menaklukkan dunia ini (1 Yoh 5:4)

Kita terus dilatih untuk hanya hidup dari firmanNya saja. Memastikan yang mustahil menjadi mungkin; yang tidak ada menjadi ada hanya karena kita terus memegang firmanNya !

#AkuCintaTuhan
(Ps. Steven Agustinus)

Message ini masih akan berlanjut besok...

Komentar

Postingan Populer