LEMBAH BAKA

LEMBAH BAKA
HIGHER THAN EVER
Minggu, 12 Nopember 2017

Pdt Victor Kristijanto

Psalm 84[a]
For the director of music. According to gittith.[b] Of the Sons of Korah. A psalm.

1 How lovely is your dwelling place,
    Lord Almighty!
2 My soul yearns, even faints,
    for the courts of the Lord;
my heart and my flesh cry out
    for the living God.
3 Even the sparrow has found a home,
    and the swallow a nest for herself,
    where she may have her young—
a place near your altar,
    Lord Almighty, my King and my God.
4 Blessed are those who dwell in your house;
    they are ever praising you.[c]
5 Blessed are those whose strength is in you,
    whose hearts are set on pilgrimage.
6 As they pass through the Valley of Baka,
    they make it a place of springs;
    the autumn rains also cover it with pools.[d]
7 They go from strength to strength,
    till each appears before God in Zion.
8 Hear my prayer, Lord God Almighty;
    listen to me, God of Jacob.
9 Look on our shield,[e] O God;
    look with favor on your anointed one.
10 Better is one day in your courts
    than a thousand elsewhere;
I would rather be a doorkeeper in the house of my God
    than dwell in the tents of the wicked.
11 For the Lord God is a sun and shield;
    the Lord bestows favor and honor;
no good thing does he withhold
    from those whose walk is blameless.
12 Lord Almighty,
    blessed is the one who trusts in you.

Mazmur 84 ditulis oleh Bani Korah, anak-anak dari Korah sekelompok orang yang tertolak. Dulu Korah memberontak pada Yosua,  Ia dan Keluarganya termasuk golongan pengkhianat atau pemberontak. Mereka ditelan oleh bumi. Mereka adalah orang yang pernah kalah dalam hidupnya dan punya masa lalu yang buruk tapi Bani Korah tidak pernah berhenti menyerah. Ia mencoba bangkit dan ia mempunyai kerinduan akan Tuhan.


Meskipun orang mencap bani korah jelek tapi ia tetap mau dekat dengan Tuhan. tapi dikatakan di ayat itu berkata ingin 'berkata ketemu Tuhan di 'pelataran-pelataran'Mu. mengapa mereka tidak berkata masuk ke ruang maha kudus? mereka merasa ga layak karena mereka tergolong pemberontak.mereka sadar akan diri mereka. mereka dari suku lewi tapi tidak berani masuk ke ruang kudus bahkan ruang maha kudus karena mereka merasa tidak layak sebagai keturunan pemberontak yang boleh masuk hanya imam besar. di dalam pelataran ada mezbah bakaran dan korban ukupan, di ruang kudus ada kaki dian dan meja unjukan roti. di ruang maha kudus ada tabut Tuhan.

Mereka Keturunan Yang Melayani Tuhan yang sama. Di waktu yang lalu Tuhan menghukum keluarga nya. Disaat kemudian mereka melayani Tuhan yang sama.

Mereka Menaikkan Mazmur-Mazmur untuk Tuhan. Walaupun mereka mengalami kesukaran, mereka tetap Harus Mencari Tuhan.

Jika kita mengalami hal yang tidak baik maka kita akan bosan. Kita harus mempunyai kecanduan dan rindu akan Tuhan.

Sampai Sel-sel dalam tubuhnya sakit, ia tetap mencari Tuhan.

Mazmur 84:4
Burung Kecil, Selalu ingin Dekat Tuhan. Meletakkan Korban diatas Mezbah.

Memberikan Korban Tidak Akan Berat Jika Hatinya Mengasihi Dia.

"Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat. " (Maz 84:7)

Lembah Baka dalam bahasa aslinya diartikan lembah kering, kematian, dan airmata. Dari istilah kita mengerti itu adalah tempat yang mengerikan dan tidak menyenangkan bagi manusia. Tapi ayat diatas menyatakan berbeda. Ayat ini menyatakan bahwa ada sekelompok orang yang menganggap tempat ini adalah suatu tempat berkat. Siapakah orang-orang itu ?

Dunia dianggap sebagai lembah baka bagi sebagian orang karena penuh dengan kesesakan dan airmata. Tapi bagi orang percaya lembah baka dapat diubahkan menjadi lembah kehidupan yang baik.

Siapakah orang-orang yang dapat mengubah lembah baka menjadi lembah kehidupan/mata air?

Orang-orang biasa yang rindu dekat dengan Tuhan

"Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah! (Maz 84:5-6)

Orang-orang yang suka tinggal dekat dengan Tuhan dan memuji-muji Tuhan. Hasrat kehidupannya hanya ingin menyenangkan dan merindukan Tuhan. Orang yang dekat dengan Tuhan memiliki kuasa untuk mengubah lembah baka menjadi lembah yang penuh dengan berkat. Pulihkan kembali hasrat dan kerinduan kita kepada Tuhan. Contoh Daud adalah pribadi yang sangup mengubah lembah baka menjadi lembah kehidupan karena Daud intim dengan Tuhan.

Orang-orang yang punya kuasa untuk mengubah keadaan
"Apa yang ditinggalkan belalang pengerip telah dimakan belalang pindahan, apa yang ditinggalkan belalang pindahan telah dimakan belalang pelompat, dan apa yang ditinggalkan belalang pelompat telah dimakan belalang pelahap." (Yoel 1:4)
Ayat diatas menggambarkan suatu keadaan yang buruk yang dialami oleh bangsa Israel sebagai orang pilihan Tuhan. Mengapa orang pilihan Tuhan mengalami keadaan yang buruk? Karena meja korban Allah sudah tidak berfungsi lagi dihadapan Tuhan artinya bangsa Israel sudah tidak intim dengan Tuhan dan tidak memiliki kuasa lagi. Bagi kita sebagai orang percaya harus aktif untuk segera berhubungan dengan Tuhan melalui doa, pujian dan penyembahan. Paksakan dirimu untuk memiliki waktu mengadakan hubungan dengan Tuhan.

Orang-orang yang Hidup Kudus
"Sebab sesungguhnya, siapa yang jauh dari pada-Mu akan binasa; Kaubinasakan semua orang, yang berzinah dengan meninggalkan Engkau." (Maz. 73:27)

Ayat diatas menunjukkan bahwa orang yang hidupnya tidak kudus dihadapan Tuhan akan mengalami keadaan yang buruk dan berkat menjauh dari hidupnya. Ketika kita hidup kudus maka kita akan disanggupkan Tuhan untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Daud berhasil Melewati Lembah Baka. Ketika Daud Berada di Gua Adulam, Ia berhasil membangun pasukan. Ia bisa mengubah Lembah Air Mata Menjadi Mata Air.

Destiny Kita Adalah Sion, Tempat Kediaman Allah. Sion adalah Tempat Keajaiban Terjadi.

Amin...

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Writer : Joshua Ivan Sudrajat




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer