INTIM DENGAN ALLAH

Intim dengan Allah

Ditulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo

keintiman-pasangan-suami-istriSaudara sekalian mulai minggu ini dan beberapa minggu seterusnya, sampai beberapa kali saya akan menyampaikan satu bagian pengajaran secara berkaitan dan satu dengan yang lain akan saling susun menyusun, sehingga kita belajar preset upon preset, line upon line, seperti yang pernah saya sampaikan beberapa minggu yang lalu.

Apa yang saya mau bagikan buat saudara, saudara sejak bulan oktober tahun yang lalu, saya mengalami Allah merubah hidup saya dalam konsep pengenalan akan Tuhan secara radikal dan sangat berbeda sekali. Bahkan ketika Tuhan mulai membukakan pewahyuan-pewahyuan seperti ini, Dia membawa saya dalam pengalaman- pengalaman rohani yang belum pernah saya jumpai sebelumnya. Yang belum pernah saya alami sebelumnya. Beberapa hal sempat mengejutkan saya, karena ini merupakan perkara baru buat kehidupan saya.

Saya masih ingat ketika hari itu kami baru pulang dari Toronto, dan sampai dirumah dan kamis itu merupakan doa malam pertama yang harus saya ikuti. Saya melihat bahwa ketika kami baru pulang dari Toronto, Allah melawat tempat ini dengan indah. Muncul orang-orang terbeban untuk berdoa dan ada kegairahan yang luar biasa dalam mencari Allah. Lalu kemudian saya masih ingat hari itu Roh Kudus menggerakkan saya untuk doa puasa dari pagi sampai sore, saya berpuasa saya berdoa menyiapkan diri untuk saya untuk masuk dalam pelayanan doa malam yang ada.

Tanpa pernah saya duga sebelumnya, hari itu merupakan hari pertama atau yang kesekian kali dari beberapa hari sebelumnnya dimana Allah menunjukan sesuatu yang merubah akan hidup saya luar biasa. Apa yang terjadi sekitar jam 5 sore, saya pernah saksikan ini tapi saya mau ulang lagi, mungkin beberapa anda belum pernah mendengarnya, sekitar jam 5 sore Roh Kudus mendorong saya untuk masuk ke kamar dan berdoa sendirian. Saya kunci kamar saya, saya duduk, ketika duduk dilantai, saya mulai berdoa saya mulai menaikan pujian yang isinya mengatakan Tuhan biarlah Engkau menguduskan saya, Engkau menyucikan saya. Ketika saya menaikan lagu itu saya mengalami lawatan Tuhan yang sangat khusus.

Mata jasmani saya tidak bisa melihat sebagaimana saya melihat anda sekalian disini, tapi saya bisa melihat dengan mata rohani yang jelas sekali, Roh Kudus datang dan berdiri di depan saya, saya bisa lihat Dia bergerak kemana saya bisa lihat. Dan selama 1 jam hadiratNYA memenuhi kamar itu, kamar saya berubah sepertinya bukan kamar saya lagi. Dan selama 1 jam hadiratNYA begitu kuat melingkupi saya, dan Dia mengajar banyak prinsip yang menghancurkan akan konsep – konsep lama saya, yang saya pikir tadinya itu benar. Sejak saat itulah pengalaman bersama dengan Tuhan itu membuat saya belajar, sesuatu yang banyak orang Kristen tidak pernah mengerti sebelumnya.

Saya belajar Allah sedang mengerjakan sesuatu, Roh Kudus sedang membawa kita masuk didalam pengalaman pengalaman baru bersama dengan Dia. Jadi sejak peristiwa itu pengalaman rohani bersama Tuhan itu aneh sekali dan seringkali saya pernah saksikan beberapa kali pengalaman itu sangat luar biasa buat kehidupan saya. Sesekali Dia datang seperti teman datang, muka dengan muka dan Dia mengajar kepada saya,  sering kali saya berdoa dan hadiratNYA begitu kuat dan saya bisa merasakan pada fisik saya sesuatu terjadi tadinya saya pikir ini pengalaman pribadi saya yang tidak mungkin orang lain mengalami hal yang sama, lalu saya membaca buku yang ditulis 300 tahun yang lalu.

Ada seorang wanita Perancis bernama Madame Guyon yang menuliskan akan pengalaman hidupnya dan dia bersaksi ketika dia masuk dalam pengalaman spiritual seperti itu dia merasakan ada seperti api yang berkobar membakar didalam tubuhnya, dalam kehidupannya. Dan dia berkata Api itu memenuhi seluruh kehidupannya, saya kaget ketika membaca buku itu. Kemaren saya pinjam bukunya pak Sigit ditulis pada abad yang sama sekitar abad 17, oleh seorang benama Lauren, seorang imam katolik sebetulnya, dia tinggal di sebuah monastery, sebuah biara dan dia mengalami pengalaman yang sama dan dia berkata seperti ada aliran listrik yang masuk kedalam tubuhnya, itu bagian dari pengalaman.

Sejak oktober itu Allah merubah hidup saya, Dia membawa dalam pengalaman pengalaman rohani, merasakan hadirat Allah, mengizinkan hadiratNya tinggal melingkupi kehidupan saya. Dan saya berkata “ Tuhan apakah ini hanya pengalaman pada beberapa orang? ataukah seharusnya setiap orang percaya juga bisa menerima pengalaman yang sama?. Tetapi kemudian saya belajar sesuatu saudara dan saudara sekalian apa yang kemudian saya dapatkan dari Allah adalah ketika semua terjadi saya akhirnya sadar sesuatu hal, ini bukan pengalaman 1 atau 2 orang saja tapi ini bagian dari apa yang Tuhan mau berikan buat gerejaNya pada akhir zaman.

Saudara sekalian oleh karena itu mulai sore hari ini dan nanti sampai pada beberapa minggu setelah ini saya tidak tahu entah beberapa kali akan selesai apa yang saya bagikan ini .Saya mau bagikan sesuatu yang sangat penting sekali dan terutama pada mulai malam ini saya mau bawa saudara, sampai setiap kita mengalami pada pengalaman masuk pada pengalaman ROH bersama dengan Tuhan dan kalau sampai itu terjadi ada sesuatu yang luar biasa akan melanda kita sekalian. Saya percaya ini bukan pengalaman milik 1 atau 2 orang tertentu. Kemaren dalam kebaktian kaum muda, saya tanya siapa yang pernah berdoa dan ketika kamu berdoa kamu merasakan hadirat Allah?, sebagian besar angkat tangan, artinya ini bukan monopoli 1 atau 2 orang tertentu. Kalau kita mengerti apa yang alkitab ini ajarkan, prinsip yang Tuhan terapkan dalam kehidupan kita, hal yang sama akan berlaku dalam kehidupan kita.

Saya mau memberikan DASAR dan dasar ini vital, saudara ikuti sambil engkau berdoa, kalau sampai diselewengkan setan bisa bahaya saudara. Saya dengan berani akan sampaikan ini, kalau anda hanya ambil sepotong saja, saudara pikir saya ngajar yang sesat dan aneh tapi kalau engkau ngerti sampai pada akhir yang saya sampaikan, saudara akan tahu semua dasarnya firman Tuhan dan bukan karena tafsiran.

Ok, saya mulai dengan ini saudara, beberapa hari yang lalu ada 2 orang hamba Tuhan lulusan sebuah sekolah alkitab yang datang pada kami ditempat ini, setelah mengenalkan diri pada prinsipnya mereka berbincang bincang dan mereka berkata ingin bergabung bersama-sama dalam pelayanan. Lalu kemudian saya berkata begini “ kami biasanya kalau ada orang bergabung tidak langsung datang sebagai hamba Tuhan terus sama sama melayani, karena kita punya back ground berbeda, pengalaman berbeda, persepsi mungkin berbeda, gaya berbeda juga “, “ bagaimana kalau saling kenal dulu siapa tahu dengan saling kenal kita akan jadi lebih dekat, lebih akrab, lebih baik, begitu “. Lalu kemudian ia berkata “ Oh tidak pak, posisi saya sekarang adalah saya sudah berdoa, saya yakin tempat saya di JKI dan sekarang tinggal saya memilih saja, mau di Semarang, Ungaran, kudus atau mau di Surabaya “. Loh saya bilang “ tunggu dulu, lah kamu boleh milih, yang kamu pilih kalau mau, kalau tidak mau “ saya berkata. Ini bukan sepihak ini dua pihak harus bicara sama-sama dan saya tidak bisa berkata apa-apa hari, saya punya banyak teman yang melayani disini saya musti bicara dan berdoa bersama-sama mereka dahulu.

Pada akhir dari pembicaraan itu dua teman ini mengaku jujur “ Pak tolonglah saya sudah 2 bulan ini saya nganggur tidak ada pelayanan “, loh jadi mendesaknya itu karena nganggur kepingin segera melayani?, ada sisi baiknya saudara kalau dia kepingin segera melayani artinya ada kerinduan dalam hidupnya untuk berbuah, ada kerinduan dalam hidupnya memberi sesuatu bagi Tuhan Nya.

Saya renungkan akan apa yang dia katakan,  dia berkata dia kepingin melayani, tentu dia kepingin berbuah hidupnya. Saya berpikir hal yang sama tentunya terjadi pada hidup banyak orang Kristen, pada hakekatnya secara natural kita semua ingin berbuah, kita semua ingin maju, kita semua ingin menghasilkan perkara – perkara rohani yang besar lewat hidup kita dan dalam kehidupan kita. Orang Kristen yang wajar yang sehat akan berpikir bagaimana caranya supaya aku bisa berbuah.

Tapi persoalannya saudara, perkara rohani itu tidak bisa dihasilkan dengan cara manusiawi, perkara rohani itu hanya bisa dihasilkan secara murni dan benar dengan cara-cara rohani. Setiap ada pertobatan, setiap ada tuaian baru jiwa-jiwa, itu ada hukum –hukum rohani yang harus kita ikuti. Pada sore hari ini saya akan mulai memberi dasar sebelum nanti saya sampai hal-hal praktis dalam minggu –minggu mendatang bagaimana anda bisa masuk dalam hadiratNya.

Saya mau katakan bagaimana supaya ada buah rohani dalam kehidupan kita, bagaimana supaya dilahirkan perkara-perkara rohani , lihat apa yang alkitab katakan, yang pertama buka surat Galatia 4 : 19 . ada istilah yang sering kita baca tapi mungkin kita kurang merenungkannya, dengar baik-baik :

Gal 4:19  Hai anak-anakku, … ini Paulus menyebutnya aneh,  dia berkata “ hai anak-anakku, seringnya dia berkata “ hai orang Galatia yang bodoh, “ hai jemaat Korintus, “ hai saudaraku , kali ini dia berkata “ hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu. Saya mau ulang lagi lihat pada alkitab anda masing-masing ini basic yang penting sekali, karena Paulus berkata begini “ karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu.

Paulus menggunakan istilah yang aneh, diakan seorang laki-laki, dia berkata “Gal 4:19  Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, siapa disini bapak-bapak yang pernah menderita sakit bersalin, kalau ada itu aneh, belum pernah ada seorang laki-laki melahirkan anak. Siapa yang pernah melihat istrinya melahirkan?, para bapak disini ada? pernah melihat waktu istrinya melahirkan anak?, tidak ada?, wah kalau begitu harus percaya pada saya, saya satu-satunya, kalau dokter jangan di hitung karena itu pekerjaannya.

Saya menyaksikan Kezia waktu dia lahir, saya lihat saya pelototin itu menarik sekali, itu karya Allah yang luar biasa tapi sebelum istri saya melahirkan Kezia ini, saya tunggui dia menderita sakit bersalin, bingung , putar-putar, saya ikut bingung mau kemana perut mulesnya luar biasa, saya pikir apakah ini sakit bersalin, bukan , stress namanya saudara, melihat istrinya begitu suaminya tidak bisa berbuat apa-apa, stress. Saya masih ingat zaman saya kecil Roma Irama pernah nyanyi dangdut, kok anda tertawa?, ingat lagu itu ya, lagunya berkata “ kalau bisa Tuhan biar aku yang nanggung sakitnya “. Wah engga bisa saudara!, biar itu Rhoma saja yang nanggung.

Jadi saya mau katakan begini, seorang laki-laki tidak mungkin menderita sakit bersalin tapi ini yang di gambarkan dalam dirinya. Kalau saudara masuk dalam pelayanan doa syafaat, saudara akan merasakan orang yang dalam ministry doa syafaat dia akan mengerang seperti orang melahirkan, anda lihat John Bevere waktu kotbah “eeeeeghhhhhh “ , apa itu?, mengerang, groaning, mengerang seperti orang melahirkan.

Secara rohani Allah menggambarkan gereja ini sebagai mempelainya, Tuhan menggambarkan gereja yaitu saudara dan saya sebagai mempelainya. Perkara rohani tidak bisa DIBUAT itu hanya bisa DILAHIRKAN. Perkara rohani tidak mungkin diciptakan tapi harus DILAHIRKAN dari GEREJA YANG MENGERANG seperti orang yang menderita sakit bersalin.

Coba buka Yesaya 66 : 8 – 9 :

Isa 66:8  Siapakah yang telah mendengar hal yang seperti itu, siapakah yang telah melihat hal yang demikian? Masakan suatu negeri diperanakkan dalam satu hari, atau suatu bangsa dilahirkan dalam satu kali? Namun baru saja menggeliat sakit, Sion sudah melahirkan anak-anaknya.

Siapa Sion itu?, itu orang-orang percaya kata Mazmur

Isa 66:9  Masakan Aku membukakan rahim orang, dan tidak membuatnya melahirkan? firman TUHAN. Atau masakan Aku membuat orang melahirkan, dan menutup rahimnya pula? firman Allahmu.

Dengar baik –baik, seperti Sion yang menggeliat sakit mengerang kemudian dia melahirkan anak-anaknya. Mazmur berkata orang percaya adalah seperti gunung Sion, Sion adalah orang-orang yang percaya. Di gambarkan sebagai seorang ibu yang melahirkan anak-anaknya, kalau hidup kita mau berbuah itu perkara rohani, itu harus di mulai dengan gereja, pribadi demi pribadi juga mesti mengerang mengandung dan melahirkan secara rohani, itu gambarannya saudara.

Dalam hidup kita hal yang sama sampai berkat materi pun harus dilahirkan dari proses seperti seorang ibu yang melahirkan anak. Sekarang dengar pertanyaan saya?, jangan sampai dikotori pikiranmu oleh perkara dunia, saya berkata sesuatu yang kudus, dengar baik-baik!. Sekarang saya mau Tanya? Seorang istri sebelum dia melahirkan dia harus apa?, mengandung dulu, betul engga!, kalau ada istri yang tidak pernah mengandung, tahu-tahu melahirkan anaknya, ada engga?, tidak ada!. Kalau dia mau melahirkan dia harus mengandung dulu, ok!. Kalau ada seorang ibu baru nikah 1 bulan terus berkata kepada suaminya “ ayo kerumah sakit, kenapa?, aku mau melahirkan, perutmu kecil?, ya kepingin saja melahirkan, bisa tidak saudara?, tidak bisa! “. Harus ada anak dalam kandungannya, betulkan!, sekecil apapun kandungannya mesti ada anak didalam kandungannya, kalau engga ada apa apanya, anda mau keluar-keluarin ya engga bisa apa-apa, karena tidak ada yang dikeluarkan, harus hamil dulu harus mengandung dulu.

Sekarang seorang istri kok sampai bisa mengandung?, apa yang harus dia alami?, HARUS ADA YANG NAMANYA HUBUNGAN INTIM DENGAN SUAMINYA, betul tidak?. Jangan malu-malu saya tidak ngomong kotor sama sekali saya ngomong sesuatu yang kudus, betul tidak?, betul!. bisa tidak tanpa hubungan yang intim dengan suaminya dia mengandung, bisa tidak?, yang bilang tidak bisa angkat tangan?, tegas, pak Gaspar, 1,2,3,4,5,6…ini orang-orang suci hebat, BISA, kalau sama orang lain!, bisa dong, betul tidak? tapi anaknya anak haram.

Dengar baik-baik!, anda pegang ini, saya tidak ngomong sesuatu yang kotor makanya makanya saya berdoa agar Tuhan menguduskan pikiranmu. Dengar baik-baik!, seorang istri yang melahirkan anaknya, pertama dia harus mengandung dulu, sebelum mengandung PROSES yang harus dia lewati adalah ada HUBUNGAN INTIM dengan suaminya, hubungan intim dengan suaminya ini membuat dia MENGANDUNG, setelah 9 bulan kemudian dia melahirkan anak.

Sekarang perhatikan apa yang alkitab ajarkan buka surat Efesus, akan membuat anda terkejut, Efesus 5 : 31 – 32 , dengar baik-baik saya bacakan untuk saudara jangan sampai kehilangan satu kata pun dari Firman Tuhan ini.

Eph 5:31  Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

Lalu kalimat berikutnya Paulus berkata Rahasia ini besar, Rahasia apa?, Rahasia bahwa suami dan istri bersatu keduanya menjadi satu daging.

Eph 5:32  Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Ayat yang ke 31 ini sebenarnya Paulus mengutip, mengutip darimana?, coba buka Kejadian 2 : 24 ,

Ketika Allah menciptakan Hawa bagi Adam, ini yang Tuhan katakan :

Gen 2:24  Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Dengar baik-baik, alkitab menggambarkan hubungan suami istri, HUBUNGAN INTIM yang ada membuat mereka menjadi SATU DAGING dan Paulus berkata RAHASIA INI BESAR, yang kumaksudkan adalah HUBUNGAN ANTARA KRISTUS DAN JEMAATNYA.  Dengar saudara Paulus berkata “ aku seperti mau sakit bersalin lagi, sampai wajah Kristus nyata didalam kamu “, seperti orang yang menderita sakit bersalin, Sion menggeliat sakit, dia melahirkan anak-anaknya.

Anak dari siapa ini? , itu adalah hasil “ HUBUNGAN INTIM ANTARA GEREJA DENGAN KRISTUS SUAMINYA “.

Sekarang anda lihat surat I Yohanes 3 : 9 :

1Jn 3:9  Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.

Ada kata BENIH ILAHI, kata BENIH itu dari bahasa Yunani artinya SPERMA, anda mengerti?, ini semua ROHANI jangan di gambarkan JASMANI, semua ROHANI. Dengan demikian sebetulnya alkitab mau mengajarkan apa? Saudara dan saya tidak akan pernah bisa menghasilkan atau melahirkan anak-anak rohani yaitu jiwa – jiwa yang bertobat, engkau tidak mungkin mendapat perkara-perkara yang besar yang rohani  dari Allah, sebelum dalam hidupmu itu ada INTIMACY WITH GOD, ada hubungan intim secara rohani dengan Tuhanmu.

Kemaren malam saudara Hengky memberikan saya 1 ayat, saya pernah baca tapi saya lupa ayat ini dan dia ingatkan lagi, coba anda buka I Korintus 6 : 16 – 17 , dengar baik –baik saya bacakan untuk saudara

1Co 6:16  Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.”

1Co 6:17  Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.

Kata tetapi itu berarti ada kaitan dengan ayat sebelumnya yaitu “ bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, maka Keduanya akan menjadi satu daging dengan perempuan itu.”, perhatikan tetapi “siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia “. Ngerti tidak gambarannya, HUBUNGAN PERNIKAHAN ITU KUDUS dihadapan Allah, kenapa itu SIMBOL HUBUNGAN ALLAH DENGAN GEREJANYA.

Saya mau ulang lagi dengar baik-baik dulu, Paulus berkata “ seperti seorang wanita yang melahirkan, Sion menggeliat sakit, dia melahirkan anak-anaknya “. Sebelum dia menggeliat sakit ada sesuatu yang harus dikandung secara rohani dan itu hanya bisa didapat seperti yang Paulus katakan “ ini rahasia besar HUBUNGAN antara Kristus dan jemaatnya, yaitu apa? sebagaimana suami istri menjadi satu daging, DIMINTA OLEH TUHAN UNTUK GEREJANYA PUNYA KEINTIMAN DENGAN TUHAN.

Ada orang bertanya “ pak apakah tidak semua sebetulnya sudah INTIM dengan Tuhan? “, tidak saudara, belum, hampir semua orang Kristen sebetulnya tidak tahu perkara ini, mereka belum sampai pada tingkat yang Tuhan mau, kenapa? coba saya buktikan dengan firman Tuhan, anda buka II Korintus 11 : 2

2Co 11:2  Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Orang yang baru bertobat terima Yesus lahir baru, gambarannya seperti seorang perempuan seorang gadis yang di pertunangkan kepada Kristus. Kata TUNANGAN di pakai untuk kata yang sama menyebutkan Maria bertunangan dengan Yusuf, ketika itu Maria masih PERAWAN belum bersetubuh dengan suaminya, ketika hamil akhirnya kita berkata itu adalah dari Roh Kudus bukan dari Yusuf.

Kata tunangan yang sama dipakai Paulus disini untuk menyebutkan KITA DITUNANGKAN DENGAN KRISTUS artinya tidak semua orang yang lahir baru, tidak semua orang yang kenal Yesus, tidak semua orang yang telah terima Yesus langsung mempunyai hubungan intim dengan Tuhannya, tidak saudara, biasanya ada masa TUNANGAN , pada masa tunangan itulah ADA JARAK. Kalau orang tunangan di beri hadiah tidak?, diberi berkat tidak? DIBERI saudara, coba anda perhatikan saudara. laki –laki yang sudah dapat pacar itu royal, murah hati, hari ini kasih cincin berlian, “ ini untuk apa?, ini untuk ulang tahunmu, ulang tahunku sudah lewat, ya nda apa apa lately then never, kasih saudara, untuk mengikat hati calon istri. Anda bertobat terima Tuhan diberkatikan? O diberkati, bulan dapat hadiah lagi, kali ini dapat kalung berlian, kok ada lagi? Ini untuk memperingati tanggal ulang tahun saja, tapi kan sudah lewat? Ya bulanya tapi tanggalnya sacral buat saya, kasih lagi. Yang perempuan dikasih ya mau siapa tahu bisa dijual, terima.

Mertuanya kalau tidak tahu diri lihat calon menantunya kaya biasanya sambutannya luar biasa, yang dandan itu malah calon mertuanya kalau calon mantu mau datang, senyumnya ramah, suaranya tidak pernah fals, masaknya enak. Lama- lama ketika sudah mulai kenal, didepan calon menantunya “ aduh tante kok agak pusing-pusing, tante perlu cek up?, iya perlu, tapi dokter sini engga bagus, yang bagus mana?, amerika ” . loh pusing cek up di amerika, ada yang begitu? Di sini tidak ada, ini contoh saja.  Tapi itu masa PERTUNANGAN, ada BLESSING nya tidak, BERKATnya?, ada.

Tapi apakah seluruh kekayaan laki-laki ini milik istrinya?, belum, masih TUNANGAN. Tapi dekat, O dekat, naik sepeda berdua, naik kuda berdua, dekat sekali tapi ADA JARAKNYA. Ngerti!. Tapi suaminya ini kepingin satu kali DIIKAT DALAM SATU IKATAN PERNIKAHAN, dan dengan PERNIKAHAN baru di izinkan terjadi HUBUNGAN INTIM.

Ditempat kita ada orang mau kawin, saya Tanya?, sudah melanggar firman belum?, melanggar ada pluitnya, prit…penalty, apa itu nanti yang bersangkutan tahu, menipu tanggung jawab sendiri dengan Tuhan, berkat jadi kutuk, menipu harus bertobat. Itu ADA BATASAN nya tidak bisa seenaknya begitu saja dilanggar. Orang sedang TUNANGAN itu ada BATASANnya. Kekayaaan, hak suaminya tidak seluruhnya menjadi milik istrinya, nah kalau TUNANGAN terussss artinya HUBUNGAN Cuma pandang pandangan, kedip kedipan sampai tua……, bukan itu yang dimaui , lama-lama lakinya berpikir ini sehat tidak ini jiwanya, jasmaninya sehat. Diajak nikah engga mau, “ ya nunggu…pokoknya, nunggu siapa?, ya tetangga belum pada kawin, macam macam alasannya “ .      

Gereja kebanyakan begitu, dengan Tuhan haleluya….HUBUNGAN INTIM belum, HUBUNGANnya HUBUNGAN RAME RAME, kenapa? Dengar baik baik!, saya tidak ngomong jorok, saya ngomong sesuatu yang sacral tentang KRISTUS dan JEMAATnya.

HUBUNGAN INTIM itu mengandung sesuatu yang tidak pernah bisa dilepas,apa itu? PRIVASI,PRIBADI !

Orang TUNANGAN kalau sampai PRIVASI, PRIBADI, perlu di tok tok kepalanya! belum boleh!, tapi SUAMI ISTRI perlu PRIVASI.

HUBUNGAN INTIM yang terjadi antara SUAMI ISTRI itu terjadi di tempat yang PRIVATE, yang sendiri.

Tidak ada ditempat yang orang lain lewat atau terbuka, mengerti!, PRIVASI.

HUBUNGAN INTIM DENGAN TUHAN dimulai dengan apa? Engkau punya HUBUNGAN PRIBADI, SENDIRI, BERDUA SAJA KETEMU DENGAN ALLAHMU, nikmati HADIRATNYA, terima PENGAJARANNYA.

Suami istri harus doa sama-sama tapi itu tidak pernah dapat menggantikan HUBUNGAN PRIBADI DEMI PRIBADI dengan Tuhan. Gereja ini punya VALUE yang sangat berharga, kebaktian seperti ini mungkin digantikan dapat dengan yang lain tapi HUBUNGAN PRIBADIMU DENGAN TUHAN, tidak pernah dapat digantikan dengan yang lain!.

Sebagian besar orang Kristen hanya sampai pada tingkat TUNANGAN dengan Tuhan, belum mau dibawa masuk lebih dalam lagi bersama dengan Tuhan, yang tahu hanya engkau dan Tuhan sendiri.

Berapa lama engkau sediakan waktu setiap hari dalam hidupmu sendiri dengan Tuhan?, PRIVASI harus dijaga antara Allah dengan saudara!

“ Oh ada pak…saya sendiri Tuhan….kalau mau bangun pagi….bangun sebentar… lalu saya berkata “ ya Tuhan terima kasih sudah tidur nyenyak semalaman …pegal dikit tidak apa apa….hari ini berkatiiiiiiiiiii semuaaa, amin… langsung kerja saudara “. Ada suami istri begitu? “ hai … pap…haleluya….pokoke semua beres…..bye……. “. Ada!.

DIBUTUHKAN WAKTU, DIBUTUHKAN KESUNGGUHAN, DIBUTUHKAN KETULUSAN, HUBUNGAN SUAMI ISTRI ITU SEPERTI ITU,tapi itu yang tidak didapat oleh Allah.

Ada lagi orang yang kurang ajar dengan Tuhan, “ O saya berdoa… makan saja saya berdoa… saya ini PRAKTIS orangnya….saya belanja itu biasanya seminggu sekali kemudian saya kumpulkan semuanya saya masukan lemari es kemudian saya tumpangi tangan lemari esnya “ Tuhan kuduskanlah semua makanan ini…kami mau terima semua dengan penuh ucapan syukur, dalam nama Yesus….amin “, makan tinggal makan, “ kok tidak berdoa?”, sudah saya doakan waktu saya belanja, ini kurang ajar namanya, PRAKTIS???.

Allah itu mencari TOTAL seluruh HIDUPMU, kalau engkau menikah istrimu itu TOTAL MILIKMU, suamimu itu TOTAL milikmu, bukan PRAKTIS-PRAKTISAN seperti itu!

Di Amerika pernah dibuat penelitian setiap orang butuh meaning full touch beberapa belas kali setiap hari. Anda masih ingat, harus ada jamahan yang meaning full berarti setiap istri perlu untuk di elus elus dikit, meaning full touch setiap hari, tok tok… itu namanya dikeplai, diteliti meaning full touch itu untuk membuat jiwamu sehat, bisa tidak meaning full touch diborong? “ istriku hari ini aku banyak waktu aku beri engkau meaning full touch untuk 30 hari…errrr..errrrr… genap 30 lecet semua “, mengerti!.

Dengan Tuhan juga engga bisa begitu , itu musti keluar dari DALAM HATI, PRIVATE, mengerti!, harus sampai seperti itu.

“ Barang siapa MENGIKATKAN dirinya dengan perempuan cabul dia menjadi SATU DAGING dengan dia tetapi barang siapa MENGIKATKAN dirinya dengan Allah dia menjadi ONE SPIRIT, SATU ROH dengan DIA “. Makin kau INTIM makin kau DEKAT dengan DIA, ONE SPIRIT, UNION WITH GOD, terjadi didalam ROH, lalu kita bisa MELAHIRKAN anak-anak ROHANI dalam hidup kita.

Bisa tidak gereja ini dikembangkan dengan cara kita tanpa KEINTIMAN dengan TUHAN?, o..bisa, sebagaimana seorang istri bisa melahirkan anak tanpa harus dengan suaminya tetapi dengan semua laki –laki, bisa tidak? bisa, tetapi anaknya adalah ANAK HARAM. Contohnya begini, ada Suatu gereja, ini terjadi sungguh di Indonesia , ini gereja besar saya pernah cerita, jemaat yang hadir diberi kartu absensi hadir, nanti maju sampai didepan pintu petugas, paraf dan stempel, kalau 52 minggu itu rajin terus tidak pernah absen sekalipun maka dia terima panic, termos, gelas, piring, diberi!. Terus ada team besuknya tiap orang itu memegang sekian puluh anggota, siapa yang anggotanya paling rajin dapat hadiah, kalau ada beberapa orang maka diundi, lalu hadiahnya apa?, Honda astrea, tuh di gantung di mimbar, apa perlu kita buat seperti itu?, ayo kebaktian ayo kebaktian demi apa? Honda Astrea, itu sungguh terjadi yang cerita itu ketua majelis.

Anda bisa bayangkan yang datang itu anak-anak apa?, ANAK HARAM, secara rohani. orang-orang yang cari barang yang datang bukan karena cari Tuhan. bisa tidak datang jumlah besar? bisa kenapa tidak!. Cobalah kita pengumuman “ siapa kebaktian disini dapat uang 500 rupiah “,  bisa!, HARAM semua anak-anak e. kenapa bukan yang dari Allah.

Kalau saudara mau perkara besar terjadi lewat hidupmu dan dalam hidupmu, Paulus berkata “ dia seperti orang sakit bersalin, melahirkan anak-anaknya, Sion menggeliat sakit dia melahirkan anak-anaknya “. Sebelum itu dia berkata “ sebagaimana suami bersatu dengan istrinya menjadi satu daging, dia berkata demikian hubungan Kristus dengan jemaatnya “.

Ada ONE SPIRIT, UNION WITH GOD, SATU ROH DENGAN TUHAN, Itu yang Tuhan cari saudara, itu yang Tuhan rindukan dalam kehidupan kita.

 Mestinya mulai sekarang periksa diri apakah saudara punya waktu PRIVATE, SENDIRI dengan Tuhan, cukup, tidak!, atau hanya seperlunya atau diborong kaya tadi, mingguan atau bulanan, PRIVASI tidak pernah bisa digantikan dengan apapun.

Ada orang-orang yang keadaan rumah tangganya tidak memungkinkan kita bias berdoa sendiri dengan bebas. Saya contohnya : saya punya kamar sendiri saya bisa berdoa tapi anak-anak saya itu hebat, kalau tahu papanya berdoa, ini Kezia mau ikut masuk, dia pukul pintu “ tok… tok.. papa bukain pintu aku mau berdoa “. Suatu waktu saya buka dia masuk kekamar dengan adiknya terus ikut sembahyang, “ siamama….siamama… “ sudah itu ia mulai dengan adiknya “ ayo Sam maen jatuh-jatuhan “ , tumpang tangan adiknya jatuh…. Bbuk, “ ayo cici sekarang …bluk jatuh “ . saya mana bisa berdoa lihat seperti itu. Tapi itu baik buat dia masuk di rohnya Allah kerja dashyat walau dia masih kecil. Saya kesulitan saudara juga mungkin kesulitan dirumah ketika engkau mulai berdoa sulit sekali keadaan tidak memungkin.

Kita bersyukur di tempat ini di bangun 3 ruang doa, pakai!, 24 jam tiap hari terbuka buat saudara kenapa tidak?. SENDIRI DENGAN ALLAH. Atau kalau kau berkata “ pak berat jauh dari rumah saya,ok. anak-anak saya ribut, bangun jam berapa anak-anakmu? 5.30, anda bangun jam 4, “ ya saya tidurnya malam pak, tidak usah nonton akhir pekan, flim di cut semua , sangkal daging tidur lebih awal bangun lebih pagi!, “ wah tidak bisa pak flim, sepak bola dan doa?, omong kosong saya berkata tidak bias!, salah satu harus dikorbankan !, praktis.

Tanpa KEINTIMAN dengan Tuhan nanti hasilmu HARAM semua!, termasuk BERKAT JASMANI, bisnis saudara. kalau itu hasil KEINTIMANmu dengan ALLAH, semua yang LAHIR lewat hidupmu itu dari Allahmu, termasuk BERKAT- BERKAT JASMANI, keuangan, pekerjaan, bisnis kita, jika SEMUA DARI TUHAN maka BERKAT itu tidak pernah merusak hidup kita atau jadi KUTUK.

Tapi kalau karena KEINTIMAN kita dengan DUNIA kita HALALKAN semua cara, kita pakai kekuatan manusia kita sendiri, uang juga datang tapi MERUSAK kehidupan kita dan menarik engkau mundur dari Tuhan.

KEINTIMAN DENGAN ALLAH akan menghasilkan PERKARA – PERKARA ROHANI yang besar dalam hidupmu.

Sekarang saya mengerti, coba anda buka, ini ayat yang terakhir Yohanes 15 : 1 – 8 :

Joh 15:1  “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.

Joh 15:2  Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Joh 15:3  Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Joh 15:4  Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Joh 15:5  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Joh 15:6  Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

Joh 15:7  Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Joh 15:8  Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

Lihat, anggur pokok dan rantingnya itu susah dibedakan sama kecilnya, itu tanaman sulur-suluran, pokok dan rantingnya susah dibedakan, MENYATU. Dan Yesus berkata “AKULAH POKOKnya dan kamulah RANTING-RANTINGnya, kalau kamu tinggal DIDALAM AKU dan AKU DIDALAM kamu “. Bagaimana menggambarkannya? Katakanlah YESUS sebuah LINGKARAN dan kita adalah LINGKARAN berikutnya, LINGKARAN pernah berkata aku dalam kamu?, ok, yang pertama A didalam B dan B didalam A, bagaimana menggambarkannya?

AKU dalam kamu, kamu didalam AKU. Yang paling bisa kita buat adalah SATU LINGKARAN, UNION WITH GOD. Dan DIA berkata sampai BERKAT JASMANI “ apa yang kamu minta AKU berikan kepadamu “.  Hebat tidak Tuhan kita.

Jangan cepat-cepat cari banyak buah walaupun buah itu HARAM engkau kerjakan semua, jangan!.

Sekarang saya ulang, ketika engkau bertobat engkau DIPERTUNANGKAN dengan Kristus, ketika engkau memberikan HIDUP dan WAKTUmu kepada ALLAH, engkau mulai kenal INTIMACY WITH GOD, HUBUNGAN INTIM DENGAN TUHAN. Tidak mungkin itu didapat satu kali dua kali itu merupakan hal yang  terus menerus kita bangun dalam hidup kita sampai ada KEINTIMAN DENGAN TUHAN.

KEINTIMAN DENGAN ALLAH membuat kita bisa merasakan HADIRATNYA, URAPANNYA, KUASANYA  bekerja dalam kehidupan kita, membuat kita MENGANDUNG PERKARA-PERKARA ROHANI lalu pada waktunya kita MELAHIRKAN PERKARA-PERKARA ROHANI. Seperti orang yang sakit bersalin, Sion menggeliat ia mengerang lalu melahirkan anak-anaknya.

Dan itu harus dimulai dengan PRIVASI dengan ALLAH kita, harus ada HUBUNGAN yang PRIVATE, yang PRIBADI antara kita dengan Tuhan.

Tidak mungkin kita berkata? “ Oh aku intim dengan Tuhan “, kapan? Dimobil aku ngomong-ngomong ”, itu betul, tetapi itu tidak dapat menggantikan ketika engkau DUDUK SENDIRI BERSAMA DENGAN TUHANMU untuk menjalin KEINTIMAN DENGAN DIA, ketika engkau merasakan akan HADIRATNYA dan dibawa MASUK LEBIH DALAM untuk mengenal akan YESUSMU.

Yang tahu akan keadaan kita hari adalah saudara sendiri dan Tuhan, saya berdoa ini merupakan DASAR sebelum minggu depan saya akan bawa saudara lebih jauh, bagaimana saudara dapat masuk dalam hadiratNYA, hal –hal praktis apa yang perlu kita ketahui, bagaimana kalau satu kali anda berdoa dan tiba-tiba sepertinya Roh Kudus menjauh, apa yang segera harus anda kerjakan? Itu merupakan hal yang vital buat hidup kita, untuk membawa kita sampai dalam hadiratNya.

Kalau anda bisa temukan apa yang saya sampaikan, satu kali akan terjadi dan tidak akan lama, ketika tiba-tiba tanpa terasa 2  – 3 jam engkau dikamar sendiri dengan Tuhan dan tidak terasa 2 – 3 lewat dalam hidupmu. Orang berkata “ kenapa bisa berjam-jam? ” INTIMACY WITH GOD, KEINTIMAN DENGAN TUHAN MEMBUAT KITA LUPA SEGALA – GALANYA tetapi tidak pernah DIA abaikan hidup kita,

AMIN.

 http://www.4shared.com/mp3/q5eMUWNu/intim_dengan_allah_1.html

Komentar

Postingan Populer