BERKAT OBED-EDOM

=Berkat Obed-Edom=

2 Sam 6:11 :"Tiga bulan lamanya tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan TUHAN memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya."

Siapakah Obed Edom itu ?.

Obed artinya Hamba, budak, yang merupakan hamba dari Edom. Di Alkitab justru Edom tidak popular.Tidak mendapat tingkat yang lebih baik. Edom merupakan keturunan dari Esau, ia menggambarkan mengenai kedagingan, menggambarkan nafsu. Jadi sebenarnya Obed Edom merupakan seorang Budak kedagingan, Obed Edom tidak datang dari keturunan nabi.

1 Tawarikh 13.Tabut dipindahkan dari Kiryat Yearim.

Mengapa Daud memilih rumah Obed Edom? Ini tidak lebih dari kedaulatan Tuhan, tapi bisa dipilihnya rumah Obed Edom menjadi tempat persinggahan Tabut Perjanjian, berawal ketika Daud hendak memindahkan Tabut, terjadi musibah oleh karena anak dari Abinadab, Uza, memandang rendah Tabut Perjanjian, memegang dengan sembarangan Tabut Tuhan serta mati. Ketika Daud melihat Uza dihantam Tuhan dan mati, dia berkata pindahkan tabut perjanjian itu ke rumah Obed Edom. Dicatat dalam 2 Samuel 6: 11-12 tiga bulan lamanya tabut perjanjian berada di rumah Obed Edom dan TUHAN memberkati keluarga mereka secara luar biasa. Ini merupakan berkat yang sangat melimpah, buktinya sampai seluruh bangsa Israel tahu tentang kekayaan Obed-Edom akibat tabut itu, bahkan sampai berita kekayaannya pun sampai kepada Raja Daud.



1 Tawarikh 15:16-18

Karena tabut Allah begitu sulit dirawat, maka Daud menyuruh orang untuk mengambil Tabut Allah itu dari rumah Obed Edom. Dan pada akhirnya Obed Edom bersedia mengambil Tabut Allah itu.Kenapa Obed Edom mau,karena hatinya sudah diubahkan.Dari seorang penunggu pintu gerbang Obed Edom rindu menjadi seorang pemuji dan penyembah. Seorang yang pengejar nafsu berubah menjadi pengejar Allah, pemburu hadirat Allah,kemana pun dia pergi di rela.

1 Tawarikh 16:4-5 Di ayat ini kita melihat karirnya berubah. Tadinya dia hamba, sekarang menjadi seorang Worship Leader.Dia mengejar kemanapun hadirat Allah pergi.

1 Tawarikh 26:4. Berkat Obed Edom mengalir kepada keturunanya.

Anak-anak Obed Edom begitu diberkati bahkan memegang pemerintahan dan menjadi orang yang gagah perkasa. Obed Edom mewarisi hadirat Allah kepada anak-anaknya.

Apa yang kita warisi kepada anak-anak kita?

Harta adalah sesuatu yang tidak abadi,sesuatu yang tidak kekal,tapi pemberian yang baik adalah pemberiaan yang mempunyai manfaat kekal.Jadi berikan sesuatu yang bermanfaat kekal kepada anak kita sesuatu yang mempunyai efek kekal,pendidikan takut akan Allah,keselamatan didalam Tuhan maka itu merupakan kebahagiaan bagi kita.

1 Tawarikh 26:14-15.Undian untuk pintu timur jatuh pada Selemnya;selanjutnya mereka membuang undi bagi Akaria,anaknya, seorang penasihat yang berakal budi, lalu jatuhlah undiannya untuk pintu utara. Bagi Obe-Edom ialah pintu selatan dan bagi anak-anaknya gudang perlengkapan.

Betapa Obed-Edom ini makin lama semakin naik. Pada waktu itu kekayaan adalah mereka yang memegang perlengkapan. Obed-Edom menjadi kepala Bulog. Jadi terlebih dahulu kita harus membereskan kehidupan pribadi kita,kemudian keluarga kita dan kemudian anak-anak kita maka berkat Allah akan ditambah-tambahkan dalam kehidupan kita. Sebagaimana yang dilakukan oleh Obed Edom.

Sudahkah Engkau mengejar hadirat Allah? Hadirat Allah begitu dahsyat.

 Rumus Berkat Obed Edom:

*2 H + 1 M = Berkat Obed Edom*

*Hadirat Allah + Hati yang siap diubah + Melayani = Berkat Obed Edom/Berkat Multidimensi*

Di dalam 1Taw 26:4,5 disebutkan Allah telah memberkai dia ( Obed-Edom ).

Hari ini kita mau belajar mengenai pribadi Obed-Edom dan mengapa Tuhan Allah begitu memberkati dia dan seisi rumahnya.
Kita akan belajar orang seperti apa Obed-Edom ini dari cara ia menamai anak-anaknya.

Obed-Edom memiliki 8 orang anak berikut ini nama dan arti nama dari anak-anaknya :

1. Semaya = obeying the Lord ( mentaati Tuhan )
2. Josabad = having a dowry ( mempunyai mas kawin )
3. Yoah = brother of the Lord ( saudara dari Tuhan)
4. Sakhar = a price ( sebuah harga )
5. Netaneel = the gift of God ( hadiah dari Allah )
6. Amiel = the people of God ( rakyat/orang pilihan Allah )
7. Isakhar = reward ( penghargaan )
8. Peuletai = my works ( hasil pekerjaan-pekerjaanku )

Dari nama-nama yang diberikan oleh Obed-Edom kepada anak-anaknya kita mengetahui bahwa Obed-Edom adalah seseorang sosok pribadi yang mempunyai hubungan yang dekat dengan Tuhan Allahnya, dia adalah orang yang mentaati Firman Allah, dia adalah seorang yang menyediakan waktu untuk bersekutu secara erat dengan Tuhan Allah, dia adalah seorang yang mensyukuri setiap aspek kehidupannya ( mengerti bahwa dalam kehidupan ada harga yang harus dibayar, ada kewajiban yang harus diemban dalam masyarakat, ada pula berkat-berkat yang memang menjadi haknya atas segala hasil pekerjaannya ).

Obed-Edom tidak mengeluh dan menggerutu menerima tabut Tuhan tersebut, padahal dia tahu betul kejadian yang baru saja menimpa Uza ( 2 Sam 6:7 ); oleh Daud rumahnya dijadikan "kelinci percobaan", karena Daud takut dan tidak yakin apakah tabut itu membawa berkat atau kutuk.
Waktu tabut Tuhan berada dalam rumah Obed-Edom, dia dan seisi rumahnya menyambut Tuhan dengan sukacita, dengan hati yang terbuka dia menyambut tabut tersebut.

Dari Firman Tuhan ini kita dapat merenungkan suatu rahasia yaitu bahwa diperlukan suatu sikap hati yang terbuka bagi kehadiran Tuhan, dengan sikap itulah Tuhan akan berkarya memberkati hidup kita, bukan hanya kita secara pribadi, tetapi seisi rumah kita!

Bapa di sorga terima kasih hari ini kami dapat belajar dari Obed-Edom; kami mau menjaga hubungan denganMu secara akrab yaitu dengan selalu membuka hati kami bagi kehadiranMu dan FirmanMu dalam hidup kami. Kami yakin sepenuhnya keberadaanMu didalam diri kami senantiasa membawa berkat yang berkelimpahan, seperti Engkau memberkati Obed-Edom.
Haleluya terpujilah Engkau ya TUHAN Allah yang hidup. Amin.

By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

  1. terima kasih.
    saya baru mimpi diberi buah yg namanya buah obed edom.
    makanya saya pelajari tentang bagaimana hidup obed edom!.
    terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer