CARA PANDANG DAN POLA TUHAN

CARA PANDANG DAN POLA TUHAN
Ps Hengky
Pola Tuhan
JKI HTE
Minggu pagi
18 Februari 2018


1. Dimulai dengan kita paham cara pandang dan pola Tuhan.
Dari matahari terbenam sampai terbit.

Hari di mulai saat matahari mulai terbenam. Matahari terbit lalu terbenam.Cara pandang dunia slalu mulai dari matahari terbit. Tetapi cara pandang Tuhan berbeda. Tuhan mulai dari matahari terbenam, karena Tuhan mengubah kegelapan menjadi Terang.

Kejadian 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Pada saat senja berlalu dan menjelang pagi maka di mulai lah suatu hari menurut pola Alkitab. Perayaan Yahudi slalu dimulai Sun down saat matahari terbenam.

Mazmur 30:5  (30-6) Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.

Krn dari yg lemah mjd kuat
Dari yg sakit menjadi sembuh
Dari yang miskin mjd kaya
Dari yang teraniaya mjd terhormat. Beda dgn cara pandang dunia. Karena bisa dari kaya malah akhir menjadi miskin.

Efesus 5:8  Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,

1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

2 Petrus 1:19 (Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Ini cara pola Tuhan. Dari gelap sampai terang. Tuhan bisa membawa kita bisa dipadang gurun untuk kluar sbagai pemenang. Yesus dipimpin roh kudus masuk padang gurun menuju terangnya yg ajaib. Fajar pasti akan muncul.

Mazmur 23
Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

DIA akan memimpin hidup kita dari lembah air mata menuju lembah  yang penuh dengan mata air. Jika saat ini kita sedang alami padang gurun itu blm tentu kita sedang dalam murka Nya sebab ada proses yang hrs kita lalui. Percayalah matahari akan terbit dan akn mengusir kegelapan. Jangan berhenti berharap padaNya.

# Jika kita sedang masuk dlm masa kegelapan maka kita akn masuk dlm masa terang penuh kelimpahan.

# Jika kita sdg masuk dlm lembah duka maka ada saatnya kita akn alami suka cita Tuhan. Sebab Tuhan mampu mengubah duka mjd suka.

# Jika saat ini kita sdg zonk kosong kering tidak ada apa apa  maka sebentar lagi pasti akan merekah dan berbuah manis yg lebat Krn Tuhan mampu mengubah.

Tuhan mampu melakukan perubahan secara radikal spt membalikan telapak tangan saja. Sesulit apapun keadaan kita saat ini percayalah Tuhan mampu mengubah kita dgn mudah.

2. Belajar bagaimana cara Tuhan melihat bukan manusia melihat. Tuhan mampu membuang pelanggaran dan dosa kita dari timur ke  barat tanpa batasan. Jangan menghakimi orang.

Imamat 16:14  Lalu ia harus mengambil sedikit dari darah lembu jantan itu dan memercikkannya dengan jarinya ke atas tutup pendamaian di bagian muka, dan ke depan tutup pendamaian itu ia harus memercikkan sedikit dari darah itu dengan jarinya tujuh kali.


Mazmur 103:10-12 Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita,
tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia;
sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

Tuhan itu dari timur ke barat
imam besar dari ruang ujung timur sampai ke Barat

Timur dan Barat itu gak ada batasnya
Yg ada kutub utara dan kutub selatan. Tidak ada kutub barat dan tidak ada kutub timur.
Tuhan membuang pelanggaran kita gak ada batasnya.

Tuhan itu mengampuni manusia tdk. Sejauh timur dr barat dia buang dosa kita.
Jika Tuhan mampu mengampuni dan membuang dosa dan pelanggaran kita? mengapa kita mudah menghakimi orang lain ??

Matius 7:1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.

Ketika kita memukul orang maka kita akan di pukul. Jangan tunjuk orang pada kesalahannya. Jika kita melakukan C maka kita akn menerima perlakuan C juga.

Org yg mengkritik itu jadi bumerang.
Jng hakimi org. Ngerti cara Tuhan melihat. Kesombongan dibenci Tuhan,  Tuhan suka org rendah hati.

Ingat ukuran yang sama akn kita terima.
Jangan menghakimi orang Krn kita tidak pernah tau jika orang yang kita hakimi tersebut sedang bertobat dan meminta ampun ke Tuhan.

Nah jika kita seorang Bapa maka kita bisa paham anak yg mana yg ajan Bapa pilih. Yang menghakimi atau yang sedang berdoa minta ampun ?

Tapi manusia sulit mengampuni.
Sering mengungkit kesalahan dan sulit memaafkan.

Jika kita terus hidup sesuai pola agamawi pola orang Farisi. Cara pikir kita sesuai cara pikir dunia pasti kacau akhirnya.


Miryam berdosa bukan karena Musa menikah lagi tetapi karena Miryam menghakimi Musa.

Ketika kita menghakimi seseorang maka ukuran yang sama pula yang akan diberikan Tuhan kepada kita.

Ketika orang yang kita hakimi sudah merendah dan datang serta bertobat ke Tuhan, maka dimata Tuhan kita ini mjd orang yg sombong dan Tuhan tidak suka orang yg sombong.

3. Kesulungan
Miliki pengertian yang benar tentang hak kesulungan.

Kejadian 27:28-29 Allah akan memberikan kepadamu embun yang dari langit dan tanah-tanah gemuk di bumi dan gandum serta anggur berlimpah-limpah.
Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia."

Kejadian 49:26 Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.

Orang sekeras apapun bekerja akan kalah dengan orang yg penuh Favor Tuhan.
(Orang Jawa sebutnya orang Bejo (lucky people)

Kesulungan itu jatahnya 2/3 bagian. Kita akan trima berkatnya lebih banyak dari yg lain. Ada tangan Tuhan yg menyertai kalau kita trima hak kesulungan. Jika hak kesulungan bisa turun dlm hidup kita maka berkat yg luar biasa akn kita terima.
Ini lah yg mbuat kita akn berbeda.

Dialkitab ditulis

Amsal 10:22 Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

Jng seperti esau yg menganggap ringan hak kesulungan. Dan hari ini keturunan esau lenyap dibumi.
Hak kesulungan itu sprti apa menurut kacamata Tuhan???
Bagaimana cara Tuhan melihat kesulungan. Kej 27 berkat yakub.
Dlm hidup ada yg namanya kesulungan. Setelah Yakub trima hak kesulungan apa dia langaung hidup dengan enak?  Tidak
Yakub pergi dari rumah dan dia bekerja keras selama 14 th di rumah laban tapi berkat selalu mengikuti yakub.

Bunga Badam akan terus mampu berbunga walau masa dingin .

( Jack Ma )
Be the first not only the best 

Jadi sulung untuk menerima jatah kesulungan. Karena akan menjadi yang pertama yg mampu mengalahkan kesulitan. Karena akn mjd yg pertama yang mampu bangkit dari keterpurukan.

Jika hanya ingin menjadi terbaik  (the best ) maka kita akn selalu membenci kompetitor kita.

Tetapi untuk menjadi yg the first maka kita akn mau menjadi yg sulung menjadi yang  pertama untuk mengatasi tantangan dan menjadi yg pertama yg mampu mengubah keadaan.

Dialkitab saat ruth mengikuti naomi. Ruth dia punya hak kesulungan dan dia ngerti. Ditulis dalam alkitab Ruth mjd nenek moyang Tuhan Yesus.

Ambil keputusan yg benar untuk mau mjd yang the first menjadi pertama kali mengalahkan kesulitan.

Yakub paham dgn benar akan hak kesulungan maka dia menginginkan dgn sangat dan Esau tidak memahami dgn baik tentang hak kesulungannya.

Jika kita mengerti dgn benar dgn hak kesulungan yang dari Tuhan maka hidup kita akn menjadi luar biasa karena menjadi the first yg mau menghadapi semua tantangan dan mau mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Sekolah Terang Bangsa saat di dirikan oleh almarhum Ps. Petrus  Agung yang mau mjd the first untuk sekolah tanpa uang pangkal.

Krn hak kesulungan yg dimiliki oleh beliau tsb. Pak Agung menjadi the first yg melakukan perubahan di bidang pendidikan tsb, resikonya  di caci maki oleh banyak orang.

Dlm hidup kita bnyk pilihan yang kita harus ngerti. Klo kamu jadi yg sulung km akan jadi berkat bagi bnyk org.

Tetap terus berjalan bersama Tuhan dan menjadi the first untuk semua perkara yang Tuhan mau maka kebajikan dan kemurahan akan mengikuti aku seumur hidupku.

Amin.

Tuhan memberkati.

Hendy Ferdiantantama.

Komentar

Postingan Populer