BLOOD COVENANT

BLOOD COVENANT

Mengapa disebut perjanjian darah? Apa yang dimaksud dengan perjanjian darah?

Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.Itulah sebabnya Aku berfirman kepada orang Israel: Seorangpun di antaramu janganlah makan darah. Demikian juga orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu tidak boleh makan darah.
Imamat 17:11-12

Darah adalah bagian dari tubuh kita yang paling banyak mengandung DNA dan merupakan bagian paling vital dalam kehidupan manusia. Ilmu kedokteran telah mempelajari fungsi dari darah ini. Telah diketahui bahwa darah membawa oksigen dan sari-sari makanan ke tubuh kita dengan melalui pembuluh darah di seluruh tubuh kita. Darah juga memiliki fungsi sebagai security kita terhadap infeksi. Dan ada lebih banyak lagi fungsi darah yang lain di dalam Darah Yesus Kristus.

Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”
1 Korintus 11:25

Menjadi sebuah budaya di bangsa Israel dan kalangan Yahudi untuk melakukan Perjanjian Darah ketika membuat sebuah perjanjian yang sangat penting dan memiliki nilai lebih tinggi dari perjanjian hukum. Kedua pihak akan membuat goresan pada pergelangan tangannya sehingga darah mengalir pada permukaan kulit, kemudian melekatkan pergelangan tangan mereka erat sehingga darah akan tercampur. Lalu mereka akan membiarkan beberapa tetes darah menitik ke dalam gelas anggur yang telah disiapkan dan masing-masing meneguk gelas temannya.

Dalam kebudayaan timur dan banyak bangsa di dunia, ini merupakan sebuah ikatan perjanjian terkuat yang dapat dijalin antara 2 orang pria. Sebagian juga menandatangani perjanjian yang bertuliskan “jika engkau tidak sanggup membekali anak-anakmu, aku akan menjadi ayah bagi mereka dan menunjang mereka. Jika engkau sakit dan meninggal, aku akan bertanggung jawab atas kesejahteraan keluargamu”.

Jika perjanjian darah antar manusia dapat demikian hebatnya, apalagi perjanjian darah dari Tuhan!

MENUDUNGI

Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.
Kejadian 3:7

Ketika jatuh ke dalam dosa, manusia kehilangan kemuliaan Tuhan sebagai penudung mereka. Kemudian mereka membuat tudung mereka sendiri dari daun pohon ara dan membuat cawat. Di sanalah kita tahu bahwa mereka bersembunyi terhadap Tuhan dan Tuhan memberikan pendisiplinan kepada mereka berupa kutuk dan hukuman. Namun demikian, Tuhan menjanjikan penebusan. Untuk pertama kalinya, Tuhan memilih beberapa anak domba dan dibunuhNya untuk dibuatkan pakaian bagi manusia. Mungkin, pakaian tersebut terbuat dari kulit binatang yang baru saja dibunuh sehingga kulitnya masih basah dengan darah.

Penebusan atau atonement dalam bahasa Inggris berarti menudungi. Melalui Perjanjian Darah itu, Tuhan menyatakan bahwa dosa mereka sudah ditebus.

Darah Yesus melakukan PENEBUSAN dan PENGAMPUNAN. Karena darahNya, ada PENDAMAIAN bagi kita. Itulah mengapa kita perlu, bahkan harus melakukan Perjanjian Darah dengan Tuhan. Ia sudah mencurahkan darahNya untuk menebus dosa kita dan memberikan pendamaian kepada kita. Jika darah Habel pernah berteriak kepada Tuhan dan menuntut keadilan Tuhan, maka Darah Yesus juga berteriak bahwa keadilan itu telah dilaksanakan dan dosa-dosa kita sudah diampuni oleh darahNya. Darah Habel menuntut pembalasan, sedangkan Darah Yesus memohon pengampunan dan pemulihan.

Dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel.
Ibrani 12:24

KUASA DARAH YESUS SEBAGAI PERLINDUNGAN DARI TULAH

12:3 Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.
12:4 Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil jumlahnya untuk mengambil seekor anak domba, maka ia bersama-sama dengan tetangganya yang terdekat ke rumahnya haruslah mengambil seekor, menurut jumlah jiwa; tentang anak domba itu, kamu buatlah perkiraan menurut keperluan tiap-tiap orang.
12:5 Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing. 12:6 Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja. 12:7 Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya. 12:8 Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit. 12:9 Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air; hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya. 12:10 Janganlah kamu tinggalkan apa-apa dari daging itu sampai pagi; apa yang tinggal sampai pagi kamu bakarlah habis dengan api. 12:11 Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.
Kejadian 12:3-11

Darah Yesus adalah pelindung kita dari kutuk dan tulah. Ketika kita ditebus oleh Darah Yesus, kita melakukan pemberesan terhadap dosa kita, kutuk dan tulah tidak lagi berlaku atas kita. Di dalam Darah Yesuslah keselamatan kita.

KUASA DARAH YESUS MENYUCIKAN SETIAP DOSA

Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!
Mazmur 51:9

Hisop yang dipakai dalam upacara pengudusan umat Tuhan adalah tanaman yang berbau harum dari keluarga marjoram. Hisop melambangkan IMAN. Imamat 14 menceritakan proses pengudusan umat Tuhan.

Imam harus memerintahkan supaya burung yang seekor disembelih di atas belanga tanah berisi air mengalir.

Tetapi burung yang masih hidup haruslah diambilnya bersama-sama dengan kayu aras, kain kirmizi dan hisop, lalu bersama-sama dengan burung itu semuanya harus dicelupkannya ke dalam darah burung yang sudah disembelih di atas air mengalir itu.

Kemudian ia harus memercik tujuh kali kepada orang yang akan ditahirkan dari kusta itu dan dengan demikian mentahirkan dia, lalu burung yang hidup itu haruslah dilepaskannya ke padang.
Imamat 4:4-7

Setelah burung pertama disembelih, darahnya ditampung dalam belanga tanah yang berisi air mengalir sehingga tercampur. Ini adalah sebuah lambang mengenai penumpahan Darah Yesus dalam belanga tanah, yaitu tubuh manusia-Nya. Darah burung yang tercampur dengan air mengalir meambangkan Pentahiran dan Firman. Kemudian imam mengambil burung lainnya yang masih hidup, bersama dengan kayu aras yang melambangkan Salib Kristus, kain kirmizi yang melambangkan PenderitaanNya, dan hisop yang telah disebutkan sebelumnya, sebagai lambang iman, dan mencelupkan semuanya dalam darah burung yang sudah tercampur air dalam belanga tanah. Barulah setelah itu, penderita kusta diijinkan masuk dalam perkemahan.

Dan demikian juga kita. Setelah ditahirkan dengan darah Yesus, barulah kita boleh masuk dalam Kerajaan Allah. Imam memerciki penderita kusta sebanyak 7 kali. Karena Darah Yesus, maka pintu air dari urapan Tuhan dapat dibuka melalui Roh Kudus-Nya.

KUASA DARAH YESUS MEMILIKI URAPAN

It shall come to pass in that day
That his burden will be taken away from your shoulder,
And his yoke from your neck,
And the yoke will be destroyed because of the anointing oil.
Isaiah 10:27 (NKJV)

Pada waktu itu beban yang ditimpakan mereka atas bahumu akan terbuang, dan kuk yang diletakkan mereka atas tengkukmu akan lenyap.
Yesaya 10:27 (TB)

Ia harus menyembelih domba tebusan salah dan imam harus mengambil sedikit dari darah tebusan salah itu dan membubuhnya pada cuping telinga kanan orang itu dan pada ibu jari tangan kanan dan ibu jari kaki kanannya.
Imamat 14:25

Cuping telinga kanan melambangkan pendengaran. Darah Yesus dibubuhkan pada pendengaran kita agar kita dilindungi dari suara musuh kita. Tangan melambangkan pekerjaan, sehingga musuh tidak dapat menyentuh pekerjaan kita untuk Tuhan. Kaki melambangkan perjalanan hidup kita bersama Tuhan dan Tuhan mengurapi langkah-langkah kita.

Darah mengandung DNA atau identitas. Jika kita memiliki darah Tuhan mengalir dalam darah kita, secara otomatis, kita memiliki identitas Bapa di Surga juga. Lebih dari itu, kita memiliki kuasaNya juga.
Jadi sudah seharusnya kita harus menghargai Darah Yesus, menghayati Perjanjian Darah Yesus dan melangkah dalam iman agar kita mendapatkan pemulihan sepenuhnya dari Tuhan.

Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: “Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.”
Keluaran 24:8

Sebab sesudah Musa memberitahukan semua perintah hukum Taurat kepada seluruh umat, ia mengambil darah anak lembu dan darah domba jantan serta air, dan bulu merah dan hisop, lalu memerciki kitab itu sendiri dan seluruh umat
Ibrani 9:19

Tuhan mengadakan perjanjian kekal dengan seluruh umatNya, bahkan kitab taurat pun ditahbiskan dengan darah. Bila kita menghormati Perjanjian Darah dengan Tuhan, maka Bapa juga akan menghormati kita. Menjadi umat Perjanjian Tuhan merupakan keistimewaan yang luar biasa. Ia akan memelihara dan menudungi umat perjanjian. Kita semua adalah umat perjanjianNya, jangan kita menyia-nyiakan keistimewaan yang telah Tuhan berikan atas setiap kita.



Komentar

Postingan Populer