Jumat, 02 Februari 2018

KUNCI DAUD

 KUNCI DAUD


Kunci Daud: Jubah Urapan, Ikat Pinggang Karakter, Kuasa Tanggung Jawab
Yesaya 22:20-22
“Maka pada waktu itu Aku akan memanggil hamba-Ku, Elyakim bin Hilkia:  Aku akan mengenakan jubahmu kepadanya dan ikat pinggangmu akan Kuikatkan kepadanya, dan kekuasaanmu akan Kuberikan ke tangannya; maka ia akan menjadi bapa bagi penduduk Yerusalem dan bagi kaum Yehuda. Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.”
Kita bisa menyelesaikan tugas dan panggilan kita bilamana Tuhan memberikan kita Kunci Daud.
Kunci Daud ini adalah kuasa dan otoritas Allah yang bekerja di dalam doa-doa kita, dan perkataan-perkataan kita. Apabila Roh Kudus dicurahkan ke atas kita Dia memberikan kita kuasa-Nya untuk dibuka-Nya pintu-pintu mujizat sehingga pembebasan seutuhnya terjadi.
Jika Anda mendapatkan kunci Daud, maka Anda bisa perintahkan pintu-pintu tertutup akan dibukakan oleh Tuhan. Jika sesuatu yang buruk itu terbuka, Anda bisa berkata tertutup maka itu akan tertutup.
Roh Kudus sedang dicurahkan ke atas kita di dalamnya ada kuasa dan otoritas untuk menjadi saksi Kristus.
Kunci Daud di berikan kepada orang yang telah menerima 3 hal ini:
1. Jubah Urapan (Mandat)
Karakter Kristus, Buah Roh.
Yesaya 22:21
“Aku akan mengenakan jubahmu kepadanya…”
Apakah itu Jubah? 
Jubah adalah pakaian terluar, jubah bukan hanya berfungsi untuk menutupi tubuh tetapi juga menunjukkan status dan identitas seseorang.
Di dalam Alkitab ada jubah kebenaran, jubah pujian dan sebagainya. Di Perjanjian Lama, jubah berkaitan langsung dengan sesuatu yang jasmani dan rohani. Daud, yaitu di sini kunci Daud.
Daud adalah seorang yang mengerti betul betapa jubah yang dikenakan itu punya pengaruh sangat besar.
1 Samuel 18:1-5
“Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya. Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri. Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya. Daud maju berperang dan selalu berhasil ke mana juga Saul menyuruhnya, sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik oleh seluruh rakyat dan juga oleh pegawai-pegawai Saul.”
Sejak Daud mendapatkan jubah Yonatan, perilaku Daud berubah menjadi bijak dan ia selalu berhasil dalam setiap penugasannya. Daud mengenakan jubah Yonatan, seorang putera mahkota kerajaan Israel.
Saya percaya bahwa inilah yang Tuhan kehendaki. 
Ada great power but undercontrol. Ada karunia Roh tetapi juga ada buah Roh.
Yusuf, setelah ia mengenakan jubah warna-warni dari ayahnya maka ia tidak lagi bersifat kekanak-kanakan, ada kedewasaan yang luar biasa yang muncul dalam hidupnya.
Tahukah Anda bahwa kita semua secara rohani memiliki “Jubah?”
Apakah Jubah Anda itu? 
Kuasa supaya menjadi anak Allah (Yoh 1:12).
Kuasa untuk menerima warisan (Rom 8:14-17, 1 Pet 1:3-4).
Kuasa menjadi ciptaan baru (2 Kor 5:17).
Kuasa menjadi saksi Kristus (Kis 1:8).
Kuasa menjadi umat Allah dan imamat yang rajani (1 Pet 2:9-10).
Saul pernah merobek jubah Samuel, Samuel berkata kepadanya.
1 Samuel 15:27-28
“Ketika Samuel berpaling hendak pergi, maka Saul memegang punca jubah Samuel, tetapi terkoyak. Kemudian berkatalah Samuel kepadanya: “TUHAN telah mengoyakkan dari padamu jabatan raja atas Israel pada hari ini dan telah memberikannya kepada orang lain yang lebih baik dari padamu.”
Punca jubah Saul dipotong oleh Daud ketika ia sedang buang air besar. Bayangkanlah hanya dengan sepotong punca jubah sebuah kerajaan Israel berpindah. Apa itu? Itulah Jubah, (1 Samuel 24:4, 20-21).
Lihatlah Elisa saat ia mendapatkan jubah Elia sama dengan mendapat Hak Kesulungan dari Elia. Elia melakukan 7 kali munizat besar dan Elisa melakukan 13 kali selama hidupnya dan 1 kali saat dia mati. Orang yang menerima jubah dari Tuhan, hidup orang itu pun diubahkan oleh Tuhan.
Lihatlah Yosua, saat ia mendapatkan jubah Musa berupa impartasi melalui penumpangan tangan maka Yosua penuh dengan roh kebijaksanaan, maka orang Israel mendengarkan Yosua dan melakukan seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa (Ulangan 34:9).
Kolose 3:12
“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”
Kunci Daud pertama-tama diberikan kepada orang-orang yang telah menerima Jubah (Kolose 3:12). Jubah yang bisa membuat Anda bertindak bijaksana, sehingga hidup Anda tidak hanya dikuasai oleh hawa nafsu tetapi Anda bisa menguasai diri dan tenang.
2. Ikat Pinggang — Karunia Roh, Keterampilan
Yesaya 22:21
“Ikat pinggangmu akan Kuikatkan kepadanya,…”
Ikat pinggang adalah bagian dari perlengkapan dalam peperangan, bagi tentara Romawi, fungsi ikatan pinggang selain untuk mengencangkan celananya:
1). Ikat pinggang adalah tempat untuk meletakan sarung pedang.
Jika Anda punya pedang tetapi Anda tidak punya tempat meletakkan pedang tersebut maka hal itu akan menjadi masalah. Anda harus memiliki kemampuan berperang. Jika Anda tidak memiliki kemampuan berperang Anda akan bermasalah.  Saya berdoa agar kita terus belajar berperang secara efektif.
Kita tidak akan bisa melewati hidup ini tanpa peperangan, oleh sebab itu kita harus melatih diri kita untuk belajar berperang. Kita berperang bukan melawan manusia tetapi melawan roh-roh jahat, iblislah musuh kita.
Musuh selalu berusaha untuk melemahkan kita dengan mencuri sukacita dan damai sejahtera; menjerat kita ke dalam berbagai pencobaan dan membuat kita jatuh; mengikat kita dengan rasa malu dan rasa bersalah; hidup dalam ketakutan. Tuhan telah memberikan pedang Roh, yaitu firman Tuhan untuk kita perkatakan!
Kita harus menang!
Wahyu 12:11 mengatakan bahwa mengalahkan musuh oleh darah Anak Domba, oleh perkataan kesaksian kita, dan menyangkal diri atau tidak mengasihi nyawa sendiri.
Jika Tuhan berkata: “Aku akan mengikatkan atau menguatkan ikat pinggangmu.” (Yesaya 22:12), hal itu artinya: Tuhan menyediakan tempat untuk menaruh senjata, yaitu firman Allah di dalam kita.
2). Ikat pinggang adalah tempat untuk menaruh kantung uang (dompet).
Jika Anda harus mengerti berperang, bekerja dan menjarah; Anda pun  harus mengerti bagaimana mengelola uang dengan benar. Inilah pesan akhir Tuhan memberikan perlengkapan bagi kita dengan sempurna.
3). Ikat pinggang orang Romawi di bagian tengahnya ada baja atau besi tipis seperti dipilin untuk menutupi alat reproduksi atau aurat.
Ketika Tuhan mengikat atau menguatkan kita dengan ikat pinggang dengan memberikan karunia Roh Kudus hal ini berfungsi untuk melindungi dan mengaktifkan alat reproduksi kita sehingga kita bisa mengalami pelipatgandaan kita. Oleh sebab itu, kita harus memelihara dan mengendalikannya dengan baik.
Kunci Daud diberikan Tuhan kepada orang yang bisa menanggapi hal ini.
3. Tanggung Jawab
Yesaya 22:21
“Kekuasaan akan Kuberikan ke tangannya; maka ia akan menjadi bapa bagi penduduk Yerusalem dan bagi kaum Yehuda.”
Setiap orang yang menerima kuasa atau kekuasaan di dalamnya ia menerima tanggung jawab untuk melayani. Sebelum Tuhan Yesus datang kedua kalinya maka Dia hendak mencurahkan semua berkat-Nya yang terbaik.
Seorang mempelai laki-laki atau orang tuanya akan mengeluarkan uang terbesar di saat menjelang hari pernikahannya. Inilah saatnya terjadi perpindahan kekayaan besar-besaran; Tuhan sedang mencurahkan kekuatan untuk memperoleh kekayaan yang terbesar menjelang kedatangan-Nya.
Ulangan 8:18
Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.
Allah memberikan kekayaan kepada orang Israel di dalamnya mereka menerima tanggung jawab untuk meneguhkan perjanjian, yaitu membangun mezbah bagi Allah dan menjadi imam bagi bangsa-bangsa.
Allah akan memberikan Anda kemudahan masuk hadirat-Nya sehingga Anda bisa bergaul intim dengan Tuhan, Anda akan diberikan kesehatan sehingga Anda dapat bekerja dan melayani Tuhan, Anda akan diberikan hubungan yang luas sehingga Anda dikenal banyak orang, dan Anda akan diberikan Tuhan kekayaan yang berlimpah sehingga Anda dapat memberkati orang lain dan membiayai pekerjaan Tuhan.
Kerjakanlah tanggung jawab Anda sekecil apapun, dengan yang terbaik, dengan segenap hati dan Anda mungkin tidak menduga bahwa kelak Tuhan akan membawa Anda ke suatu tempat-tempat yang tinggi. Ingatkah Anda seperti halnya dengan Ruth (Rut 2:5-6, 11-12).
Jika Anda memiliki Jubah urapan, ikat pinggang karunia Roh dan tanggung jawab dari kuasa Allah maka Anda akan menjadi bapa bagi seluruh penduduk Yerusalem dan Yehuda.
Bagian ini adalah bagian terpenting untuk menerima Kunci adaud. Anda harus memiliki “hati seorang bapa.” Jika Anda melihat siapapun sedang berkembang dalam potensinya maka Anda tidak akan melihatnya sebagai musuh.
Anda akan memiliki hati seorang bapa bilamana Anda menerima sebuah jubah yang membuat perilaku Anda menjadi bijaksana; Anda harus hidup dengan ikat pinggang yang kuat yang ada senjata firman Allah, kekuatan mengelola keuangan, dan terus melakukan pelipatgandaan; selesaikan tanggung jawab Anda di dalam kuasa dan otoritas Roh Kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar