Memasuki Negeri Penuh Susu dan Madu

Memasuki Negeri Penuh Susu Dan Madu

Joshua Ivan

"Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya." (Bilangan 14:24)
Mengapa Tuhan mencari orang seperti Kaleb dan Yosua? Kerena mereka berdua saat mengcintai Tanah Kanaan percaya kepada janji Tuhan bahwa bangsa Israel akan memasuki Tanah Kanaan yang penuh susu dan madu, semua musuh akan diserahkan kepada mereka untuk dikalahkan. Mereka memiliki roh yang kuat dan selalu memperkatakan hal-hal yang positif terhadap Firman Tuhan. Tidak seperti 10 pengintai yang lain, mereka berkata: "mana mungkin kita bisa masuk ke tanah perjanian itu karena orang-orangnya besar-besar dan menakutkan." 10 pengintai itu tidak mempercayai janji Tuhan, dan memiliki tawar hati sehingga mereka dibinasakan di padang gurun dan bangkai mereka berserakan dimana-mana. Sebagai orang percaya dalam memasuki tahun 2012 awal penuaian jiwa besar-besaran ini, apa yang akan kita pilih, menerima penggenapan janji Tuhan atau justru masuk dalam ketakutan, karena goncangan dan tantangan datang?

Apa yang bisa kita pelajari dan kita terapkan dari Yosua dan Kaleb dalam hidup kita, sehingga kita akan mengalami janji Tuhan bahkan masuk ke tanah Kanaan (kehidupan yang menikmati dan mengalami janji Tuhan):

Memiliki Hati atau Jiwa yang berbeda dengan yang lain
"Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya…"

Sebagai manusia kita tinggal di tengah-tengah kelompok masyarakat, semua memiliki gaya hidup dan budaya yang akan membentuk dan mempengaruhi siapa diri kita. Mari belajar dari Kaleb dan Yosua, yang hidup dalam kelompok masyarakat Israel, dipilih dari 12 orang untuk tugas khusus, ternyata dari 12 orang khusus tersebut memiliki hati dan jiwa berbeda-beda, apa yang membuat Tuhan berkenan kepada Kaleb dan Yosua, Alkitab katakan : bahwa mereka berdua LAIN JIWA YANG ADA PADANYA… artinya hati dan jiwanya beda denga yang lain. Hati dan jiwanya tidak mudah dipengaruhi oleh keadaan sekitarnya, karena FOKUS dan UTAMAKAN TUHAN. Jiwa dan hati berbeda dengan yang lainnya, hal ini penting yang harus diperhatikan kepada setiap anggota Cool, sekalipun masalah, tantangan, tekanan, goncangan dihadapan kita begitu besar bagaikan raksasa, apakah kita tetap percaya akan janji Tuhan!!! itu butuh praktek… lakukan Firman Tuhan maka engkau akan hidup!! (Yakobus 2:22-24)

Mengikut Tuhan Dengan Segenap Hati
"… dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya…" Kata segenap hati artinya tidak bercabang kemana kita suka. Kaleb dan Yosua adalah pribadi yang bisa dipercaya, pegang komitmen. Orang-orang yang pegang komitmen artinya hatinya tulus, murni, motivasinya benar dihadapan Tuhan, oleh karena itu orang-orang yang seperti ini akan mengalami apa itu janji Tuhan. Alkitab katakan bahwa Tuhan sendiri yang akan membawa mereka masuk ke Negeri yang penuh susu dan madu yaitu Tanah Kanaan. Begitu juga kita pada hari-hari ini dalam masa perkenanan Tuhan, Multipliasi dan Promosi bukan datang dari manusia, tetapi ketika kita mengikut Tuhan dengan segenap hati dan juga bukan bersandar pada pengertian sendiri maka, apa yang menjadi janji Tuhan buat kita, bisa kesembuhan, pemulihan, promosi, berkat-berkat akan datang dari Tuhan. Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan jangan bersandar pada pengertianmu sendiri… (Amsal 3:5-8)

Memiliki Perkataan Yang Positif
"Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!" (Bil. 13:30)
Ayat diatas membuktikan bahwa Kaleb adalah pribadi yang memiliki perkataan yang positif, sekalipun ada diantara kelompok yang memiliki perkataan negatif. Keberanian Kaleb menunjukkan sosok pribadi yang patut kita tiru, karena orang-orang yang seperti ini yang berkenan kepada Tuhan.Selalu memperkatakan hal-hal yang positif terhadap Firman Tuhan akan mengubah suasana hati dan jiwa kita. Firman itu hidup, Ibrani katakan demikian

"Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita." (Ibrani 4:12)
PENERAPAN : 4D

Dibaca:Berdoalah dan baca Firman Tuhan, untuk memahami siapa Kaleb dan Yosua, Baca Bilangan 13 dan 14.
Direnungkan:
Apa yang saudara dapatkan tentang Pribadi Kaleb dan Yosua?
Karakter yang seperti apa sehingga berkenan kepada Tuhan?

Dilakukan: Praktekkan perintah Tuhan!
Disaksikan: Bagikan pengalaman Anda yang luar biasa bersama Yesus!
"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Komentar

Postingan Populer