MENANG ATAS SETIAP TANTANGAN

MENANG ATAS SETIAP TANTANGAN

1 Samuel 30:6  Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. TETAPI DAUD MENGUATKAN KEPERCAYAANNYA KEPADA TUHAN, ALLAHNYA.

Sebetulnya tidak ada tantangan yang terlalu besar untuk di hadapi, tidak ada peperangan yang terlalu hebat sehingga tidak bisa di menangkan.

Yang ada hanyalah orang-orang percaya yang karena terjebak dalam tipu daya si Jahat, jadi terintimidasi, putus pengharapan & merasa diri lemah/ tidak mampu menghadapi tantangan & peperangan yang ada...
Dalam kondisi yang sudah sangat terjepit: seluruh pasukan yang ia miliki meradang dan siap melempari dirinya dengan batu; dirinya sendiri merasakan kepedihan & kepanikan akibat seluruh anggota keluarganya di culik, Daud menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan. Saya yakin, yang dia lakukan adalah melakukan deklarasi yang menyatakan bahwa terlepas dari semua fakta negatif yang terjadi didepan matanya, semua tetap ada dalam kendali Tuhan; dan Dia mengijinkan semua hal buruk yang terjadi, tetap untuk kebaikan mereka!

Setelah Daud berhasil menguasai dirinya untuk tidak terjebak dalam gejolak emosi negatif yang ada di sekeliling hidupnya, dia mulai bertanya kepada Tuhan - Daud meminta firman berkaitan dengan apa yang sedang terjadi atas hidupnya dan keluarga dari prajurit yang menyertai dirinya (1 Sam 30:7-8) Tuhan memberikan firman kepada Daud: Kejar musuhmu. Engkau akan dapat menyusul & melepaskan seluruh keluargamu.

Dalam terjemahan Alkitab berbahasa Inggris (NKJV) ada suatu kata kunci yang dapat kita pakai: PURSUE (Kejar), OVERTAKE (Susul), RECOVER ALL (Pulihkan semua). Itulah firman yang Tuhan berikan kepada Daud atas situasi yang sedang ia hadapi.

Jadi Daud bertindak sesuai dengan firman yang ia terima!
Diakhir kisah tersebut di ceritakan bagaimana Daud betul-betul berhasil mengalahkan seluruh pasukan Amalek yang sudah menjarah kotanya, memulihkan seluruh keluarganya dan keluarga para prajurit yang menyertai dirinya - persis seperti firman yang sudah Tuhan berikan kepadanya disaat ia sudah down secara rohani.

Saya percaya kemenangan yang sama juga akan menjadi porsi dari setiap orang percaya jika saja kita mengambil sikap untuk tidak jadi menyerah oleh keadaan yang ada. Ingatlah selalu, didalam hidup kita sudah Bapa berikan roh Kristus (Rom 8:9) - suatu 'benih Ilahi' yang aķan mengkondisikan diri kita jadi selalu berkemenangan dalam segala hal - sama seperti Kristus sudah menaklukkan Iblis, Dosa & Maut (Kol 2:15, Gal 2:20, Ef 1:19-23)

Dengan adanya roh Kristus dalam hidup kita, artinya kita sudah memiliki posisi yang selalu berkemenangan dalam hidup kita! Yang harus kita lakukan hanyalah memastikan untuk posisi rohani & dinamika Roh yang berkemenangan tersebut tetap terjagai. Deklarasi firman yang kita lakukan akan mengaktifasi untuk Roh yang berkemenangan tersebut terus bekerja didalam hidup kita - layaknya api, akan membakar habis semua kekuatan tipu daya Iblis yang terus dia lontarkan ke dalam pikiran kita!

Selama kita tetap berpengharapan penuh kepada Dia dan firmanNya, maka fakta lahiriah apapun yang sedang kita hadapi, akan alami perubahan sesuai dengan apa yang sudah Dia firmankan!

Apa kondisi hidup yang sudah Dia janjikan dalam hidupmu, yang saat ini seperti sudah hilang karena di rampok oleh si Jahat? Aspek kesehatankah? Aspek kebahagian kekuargakah? Aspek terobosan keuangankah? Apapun yang sudah berhasil di curi oleh si Jahat dari hidupmu, dengarlah firmanNya yang berkata: Engkau akan bisa merebut kembali apa yang sudah di curi oleh Musuh dari hidupmu... Pursue, Overtake, Recover all...!

Lakukan deklarasi firman - kuatkan kembali keyakinanmu terhadap Dia dan firmanNya; mulailah bertindak sesuai dengan arahan yang engkau terima dari firman & RohNya....

Alamilah terobosan terbesar dalam hidupmu - engkau merebut kembali apa yang sudah Iblis curi dari hidupmu....
#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer