Senin, 12 Februari 2018

SHOW ME YOUR GLORY

Ps Victor
Minggu sore
11 Februari 2018
JKI HTE

"Show Me Your Glory"

Keluaran 33:1-3 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah, berjalanlah dari sini, engkau dan bangsa itu yang telah kaupimpin keluar dari tanah Mesir, ke negeri yang telah Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub, demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu —
Aku akan mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu dan akan menghalau orang Kanaan, orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus --
yakni ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madu. Sebab Aku tidak akan berjalan di tengah-tengahmu, karena engkau ini bangsa yang tegar tengkuk, supaya Aku jangan membinasakan engkau di jalan."

Musa meminta penyertaan Tuhan. Dia tahu perjalanan tdk mudah. Org ini begitu ngotot k Tuhan untuk menyertai musa sama dgn kita didunia ini mari minta Tuhan jln dgn kami. Supaya setiap perjalan padang gurun diubah jadi keajaiban. Dipadang gurun penuh tantangan klo dgn Tuhan dpt berubah jafi tempat yg bermata air.

Org israel dgn Tuhan baru ada masalah. Mereka baru saja menyembah patung lembu emas dan mereka melupakan Tuhan. Itu sungguh menyakiti Tuhan. Tuhan sedang marah dan org israel merasa bersalah dan musa harus berdiri ditengah tengah antara org israel dan Tuhan.

Tuhan berkata kpd musa
Biar malaikatku yg menyertai bagsa israel sampai masuk tanah kanaan sampai Tuhan seperti itu. Itu sebenarnya udh cukup ada kelimpahan ada kemenangan tapi ada satu org yg tdk cukup minta hanya Tuhan yg berjalan bersama kami.

Ditengah keberhasilan blum tentu Tuhan ada didlmnya. Saat itu Tuhan sedang marah.

Maz 34 dikatakan Tuhan Allah yg cemburu = elkana
Dia cemburu dgn org israel. Ada satu org yg begitu cerdas yaitu musa.

Keluaran 33:7   Sesudah itu Musa mengambil kemah dan membentangkannya di luar perkemahan, jauh dari perkemahan, dan menamainya Kemah Pertemuan. Setiap orang yang mencari TUHAN, keluarlah ia pergi ke Kemah Pertemuan yang di luar perkemahan.

Musa buatin rumah pertemuan dgn Tuhan supaya tinggal dgn kami. Dan Tuhan berkata Dia tinggal. Kecerdasan yg luar biasa dimiliki musa biar Tuhan jln dgn aku. Demikian kita juga harus cerdas minta Tuhan tinggal dgn kita.

Inspirasi dibuat o salomo yg megah. Org tau menyentuh hati Tuhan ide muncul dr musa dan salomo yg buat.

Tabernakel Tuhan dizaman musa ini lebih hebat dr tabernakel salomo. Setiap kita boleh berjumpa dgn Tuhan.  Klo bait salomo hanya boleh masuk kepelataran bukan u org sembarangan yg masuk hny u imam besar. Klo kemah pertemuan musa buat smua org u berjumpa dgn Tuhan.

Mereka mengijinkan bangsa israel untuk masuk ke kemah Tuhan tapi mereka hanya melihat dari jauh. Sedangkan musa ngalamin. Mari jng dari jauh. Mendekat ke Tuhan dan mengalami.

Perlu sikap hati spti musa. Musa kejar Tuhan sedangkan yg dibawah pesta lembu emas dan Tuhan tdk suka kita dibawah. Tuhan mau kita naik lebih tinggi. Ada perjumpaan dgn Tuhan.

Klo hidup kita jamuren Tuhan bersihin kita sampai bersih. Tuhan seneng.
Perjalanan padang gurun kita jadi ringan kalau Tuhan hadir ditengah kita.

Musa tau bagaimana memikat hati Tuhan sampai Tuhan berkata ya.

Keluaran 33:12 Lalu berkatalah Musa kepada TUHAN: "Memang Engkau berfirman kepadaku: Suruhlah bangsa ini berangkat, tetapi Engkau tidak memberitahukan kepadaku, siapa yang akan Kauutus bersama-sama dengan aku. Namun demikian Engkau berfirman: Aku mengenal namamu dan juga engkau mendapat kasih karunia di hadapan-Ku.

Ada kasih karunia dihadapan Tuhan ada favor Tuhan diberikan kpd musa. Musa tau smua akan jadi baik karena favor Tuhan turun.

Favor = favorit = hidup kita jadi favorit dihadapan Tuhan.

Keluaran 33:13 Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu."

Ketika favor Tuhan turun musa berkata tunjukanlah jalan jalanMu. Klo Dia tunjukkan jalannya hidup kita lancar.
Kita bisa tau klo Tuhan menunjukkan jalanNya. Tuhan mau menolong kita tapi tergantung kita mau dekat atau tdk kepada Tuhan.

Tapi apakah musa berhenti setelah Tuhan menunjukkan jalanNya tidak musa mau ingini Tuhan lebih lagi.

Keluaran 33:14 Lalu Ia berfirman: "Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu."

My present shall go with you and i will give you rest. Setiap kita bertemu dgn Tuhan ada hadirat Tuhan yg menyertai kita dan Dia memberikan ketenangan dlm setiap hidup kita.

My present = wajahku = wajah Tuhan
Dan org akan melihat kemanapun kita pergi ada wajah Tuhan yg muncul dari hidup kita. Disitu org akan berkata Tuhan bersama dgn kita. Ada mujizat ada terang. Kita akan dibedakan dari org kebanyakan klo hadirat Tuhan ada.

Bgs israel bgs yg jengkel marahan sama ngeyelan. Tapi musa kuat. Dikatakan dalam hadirat Tuhan ada rest/ketenangan.

Musa tdk cukup klo cuma tenang hatinya. Musa minta diayat 33
Keluaran 33:18 Tetapi jawabnya: "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku."

Mintanya kemuliaan Mu turun dlm hidupku. Kemuliaan = perasaan
Itu cukup. Yg diminta musa tdk  berkat kekayaan tapi musa minta kemuliaan.
Itu yg buat musa dikasihi Tuhan.

Klo Tuhan tunjukkan kemulyaanNya maka kita mati. Musa org yg mengejar Tuhan dgn kuat. Tuhan nyatakan pribadiNya dan musa ngalami dan lihat dan musa tdk mati. Tuhan berusaha untuk org yg Dia cintai ngalami perjumaan dgn Tuhan. Yg susah pun akhirnya diberikan oleh Tuhan.

Mari inginkan Tuhan dgn kuat. Kita akan alami smua keajaiban yg luar biasa.
Kita dan Tuhan itu sprti mempelai perempuan dan laki laki.

Madame Guyon

Kidung Agung 1:2  — Kiranya ia mencium aku dengan kecupan! Karena cintamu lebih nikmat dari pada anggur,

Kita mesti mengingat bahwa dlm kitab kidung agung dikatakan mencium itu sprti mulut Allah yg mencium kita. Dari mulut menghasilkan firman. Dan firman itu masuk dlm hidup kita. Kpd anak anakNya yg Dia cintai dan kasihi.  Ketika ada kedekatan sebuah kebahagian sukacita kita alami.

Cari dan kejar Tuhan. Bukan cuma harta kekayaan mari ingini juga kemuliaanNya.
Sekalipun kita jln dipadang gurun biar kita alami keajaiban dgn Tuhan.

Tuhan memberkati

Info

1. FG bahtera tanggal 21 maret 2018 pkl 18.30 dgn thema warisan iman
2. Bahtera semarang 4-5 Agustus 2018

Hendy Ferdiantantama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar