PURIM "PERAN DAN FUNGSI"

PURIM "PERAN DAN FUNGSI"
Ev. Indriati Tjipto Wenas
Sabtu, 3 Maret 2018

Purim kita terima 3 fungsi :
1. Raja - Ahasweros. 1 Raja2 12:7. Mereka berkata: "Jika hari ini engkau mau menjadi hamba rakyat, mau mengabdi kepada mereka dan menjawab mereka dengan kata-kata yang baik, maka mereka menjadi hamba-hambamu sepanjang waktu."

Melayani org miskin / rakyat. Tuhan Yesus turun sembuhkan org sakit. Sampai hati berkata ngak ada yg miskin di jaman ku. Dari pihak Tuhan sdh tersedia, hanya perlu menyatu dgn Tuhan maka semua tersalurkan. Tdk ada kematian krn kemiskinan.  Kita ngajar dgn lemah lembut.

Ada anak yg sederhana tiap hari lewat gang hanya bilang shalom shalom. Sesuatu terjadi sepanjang gang tsb semua alami kesembuhan, lawatan Tuhan.

Yesaya 45:13 Akulah yang menggerakkan Koresh untuk maksud penyelamatan, dan Aku akan meratakan segala jalannya; dialah yang akan membangun kota-Ku dan yang akan melepaskan orang-orang-Ku yang ada dalam pembuangan, tanpa bayaran dan tanpa suap," firman TUHAN semesta alam. Kita kerja menyembah bkn krn pengin dpt sesuatu tp dari hati berkata sdh terlalu banyak, aku mau kasih cinta, korban, berkat yg Tuhan berikan.

Kita harus menggenapkan rencana Tuhan. Membetukan apa yg salah, benerkan hati, cara hidup yg salah dlm kita. Stop dgn kemalasan, kemanjaan dan semua yg bener. Berani ekstrim sama dan lbh lagi dlm Tuhan. Gabungan pasukan elit Tuhan seluruh dunia, standar nya sama.

2. Mempelai - Esther. Esther 2:9,14 Maka gadis itu sangat baik pada pemandangannya dan menimbulkan kasih sayangnya, sehingga Hegai segera memberikan wangi-wangian dan pelabur kepadanya, dan juga tujuh orang dayang-dayang yang terpilih dari isi istana raja, kemudian memindahkan dia dengan dayang-dayangnya ke bagian yang terbaik di dalam balai perempuan.Pada waktu petang ia masuk dan pada waktu pagi ia kembali, tetapi sekali ini ke dalam balai perempuan yang kedua, di bawah pengawasan Saasgas, sida-sida raja, penjaga para gundik. Ia tidak diperkenankan masuk lagi menghadap raja, kecuali jikalau raja berkenan kepadanya dan ia dipanggil dengan disebutkan namanya.

Kalo mau jadi mempelai Kristus, dicari dr setiap desa yg cantik, punya karakter yg cantik, paksa diri harus cantik. Kita ketika sdh dipilih dr desa2, maka disaring lagi, diajarin cara berjalan, karakter, dll - menerima 7 Roh Allah. Kalo ngak lulus, dr calon mempelai akhirnya jd pembantu. Kita bertemu sama raja sendiri 1 mlm, kalau kita bisa memikat hatinya maka menjadi favourite nya. Kalo ngak disenangi maka jd gundik dan ngak diingat lagi sama raja. Gundik itu lbh rendah dr pelayan. Pelayan masih bisa kerja, kalo gundik ngak ngapa2in.

Ester 5:1,4 Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu. Jawab Ester: "Jikalau baik pada pemandangan raja, datanglah kiranya raja dengan Haman pada hari ini ke perjamuan yang diadakan oleh hamba bagi raja." (Esther berjubahkan dan tahu protokuler, membuat perjamuan bagi raja).

Ahasweros marah besar krn kalah perang, Esther menghadap. Ketika menghadap raja, persis spt selera raja, biarkan aku jd tumpahan amarahmu, ini aku biar aku jd pelayanmu, aku cuma mau ada untuk engkau raja. Jujur dihadapan Tuhan apa ada nya, jgn membela diri, sodorkan diri. Esther menghadap dgn menyodorkan diri. Esther tahu raja suntuk dan bosan, maka esther mengadakan pesta buat raja.

3. Pilar - Mordekai. Esther 4:1 Setelah Mordekhai mengetahui segala yang terjadi itu, ia mengoyakkan pakaiannya, lalu memakai kain kabung dan abu, kemudian keluar berjalan di tengah-tengah kota, sambil melolong-lolong dengan nyaring dan pedih. Semua pilar semua radikal dan ekstrim.

Ada yg ekstrim di afrika ada org, setiap 7 langkah nyembah dan doa, butuh 30hari buat selesai. Ada yg jalan dolling tiap berapa meter, patok.

All by HIS love, mercy, grace and kindness
HIS Beloved DAVID דָּוִד

Komentar

Postingan Populer