TOKOH-TOKOH PURIM

=TOKOH-TOKOH DIBALIK PURIM=
Hananeel Surya
Ev. Indriati Tjipto Wenas


=Mordhekai=

Mordekhai berasal dari Bahasa Ibrani Mord atau Mur artinya dihancurkan.

Mordhekai bisa diartikan Penyembah. Menyembah secara Face to face.

Untuk PEMBALIKAN KEADAAN kita harus mengalami Penghancuran dan naik ke LEVEL yang berbeda

Orang Benyamin buangan yang membesarkan Ester (Est 2:5-15).

Mengetahui suatu komplotan untuk membunuh Ahasyweros (Est 2:19-23).

Tidak sujud kepada Haman (Est 3:1-6; 5:9-14).

Setelah Mordekhai mengetahui segala yang terjadi itu, ia mengoyakkan pakaiannya, lalu memakai kain kabung dan abu, kemudian keluar berjalan di tengah-tengah kota, sambil melolong-lolong dengan nyaring dan pedih. Dengan demikian datanglah ia sampai ke depan pintu gerbang istana raja, karena seorangpun tidak boleh masuk pintu gerbang istana raja dengan berpakaian kain kabung.
Sementara itu di tiap-tiap daerah, ke mana titah dan undang-undang raja telah sampai, ada perkabungan yang besar di antara orang Yahudi disertai puasa dan ratap tangis; oleh banyak orang dibentangkan kain kabung dengan abu sebagai lapik tidurnya.

Mordhekai Berjalan Didaerah Puri Susan sambil Berdoa. Kita dipanggil Tuhan seperti Mordhekai yang mau berdiri, berseru dan menjalani negeri ini.

Pada waktu orang lain tidur, Mordhekai berdiri didepan pintu Gerbang.

Ketika dayang-dayang dan sida-sida Ester memberitahukan hal itu kepadanya, maka sangatlah risau hati sang ratu, lalu dikirimkannyalah pakaian, supaya dipakaikan kepada Mordekhai dan supaya ditanggalkan kain kabungnya daripadanya, tetapi tidak diterimanya. Maka Ester memanggil Hatah, salah seorang sida-sida raja yang ditetapkan baginda melayani dia, lalu memberi perintah kepadanya menanyakan Mordekhai untuk mengetahui apa artinya dan apa sebabnya hal itu. Hatah mendapatkan Mordekhai di lapangan kota yang di depan pintu gerbang istana raja, dan Mordekhai menceritakan kepadanya segala yang dialaminya, serta berapa banyaknya perak yang dijanjikan oleh Haman akan ditimbang untuk perbendaharaan raja sebagai harga pembinasaan orang Yahudi. Juga salinan surat undang-undang, yang dikeluarkan di Susan untuk memunahkan mereka itu, diserahkannya kepada Hatah, supaya diperlihatkan dan diberitahukan kepada Ester. Lagipula Hatah disuruh menyampaikan pesan kepada Ester, supaya pergi menghadap raja untuk memohon karunianya dan untuk membela bangsanya di hadapan baginda. Hatah menyampaikan perkataan Mordekhai kepada Ester.

Minta bantuan Ester untuk menggagalkan rancangan Haman terhadap orang Yahudi (dalam Est 4:1-17).

Ahasyweros memaksa Haman memberi hormat kepada Mordekhai (dalam Est 6:1-14).

Diangkat menjadi kuasa (Est 8:1-2).

Menggagalkan rancangan Haman (Est 8:3-17).

Menetapkan hari raya Purin (dalam Est 9:20-23).

TUHAN MENCARI ORANG-ORANG YANG MAU BERDIRI DAN MEMBALIKKAN RENCANA IBLIS DENGAN KEEKSTRIMAN, SEHINGGA SELURUH KORBAN HIDUPNYA KELUAR.

=ESTER=

Ester artinya The Star, Menjadi Bintang Bersinar.

Ester juga artinya Ikatan, Covenant, Perjanjian.

Ester (bahasa Ibrani: אֶסְתֵּר, Standar Ester Tiberias ʼEstēr; bahasa Inggris: Esther), lahir dengan nama Hadasa (bahasa Inggris: Hadassah), anak Abihail, seorang Yahudi yang tinggal di Persia. Ia yang menjadi tokoh utama dalam Kitab Ester, bagian dari Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Dicatat bahwa ia dipilih menjadi ratu oleh raja Ahasyweros dari Kerajaan Persia. Kisah hidupnya menjadi dasar bagi perayaan Purim yang diperingati sampai sekarang dalam agama Yahudi.

Ester merupakan salah satu tokoh wanita yang ada di alkitab yang hidup pada zaman raja Ahasyweros,yang muncul setelah ratu wasti dibuang. Dia merupakan wanita muda yang cantik wajahnya maupun tingkah lakunya, yang telah memenangkan hati keluarga istana. Ia bukan orang Persia seperti Ahasyweros namun ia berkebangsaan Yahudi yang sudah yatim piatu, yang dibesarkan oleh pamannya, Mordekhai. Mordekhai memelihara ester seperti anaknya sendiri, sekalipun Ester telah menjadi ratu dan Ester pun sangat menghargai dan menghormati Mordekhai.

PAKSA DIRIMU UNTUK TERUS BERSINAR. ADA BANYAK ORANG YANG TIDAK MAU JADI BINTANG.

=HADASSAH=
Ester asalnya bernama Hadasa, nama Ibrani yang berarti tanaman "murad" (familia Myrtus; bahasa Inggris: myrtle).[1] Ada anggapan bahwa nama "Ester" berasal dari kata "Astra" yang dalam bahasa Media Persia berarti tanaman murad.

Hadassah artinya Semak Yang Harum, Bunga yang Cantik.

Ada banyak anak-anak Tuhan yang Cintanya berkurang sama Tuhan.

Kesaksian : Heidi Baker Pindah ke Afrika, Karena Cinta ia melayani disana, karena Cinta Heidi Baker melakukan Mujizat dan Membangkitkan Orang Mati.

CINTA BISA MERUBAH KEADAAN.

=WASTI ATAU VASTHI=

Wasti artinya Cantik.

 Raja Ahasyweros adalah raja yg sangat besar kuasanya dan menguasai 3 benua di 127 propinsi. Persia saat ini adalah Iran, jadi ini bukan kejadian fiksi, ini adalah kejadian nyata dan benar-benar ada dalam setiap lokasinya. Raja Ahasyweros adalah raja yg luar biasa kayanya ( Est 1:1-8 ).Namun suatu ketika Raja Ahasyweros mengadakan perjamuan memamerkan semua kekayaannnya dan mengadakan pesta selama 180 hari dan pada saat itu raja berhasrat mempertontonkan kecantikan dan kesemarakan Ratu Wasti (Ester 1:10-11). Tetapi diluar perkiraan, ratu Wasti menolak permintaan raja yg “sederhana” itu. Ratu Wasti menggambarkan kehidupan yang lbh mengutamakan kesibukannya dari pada menanggapi undangan dari Tuhan. Jgn sampai kesibukan kita menjadi penghalang bagi kita utk mencari  Firman. Raja merasa kecewa dengan ratu karena sang ratu gak appreciate, gak respek pd raja Ahasyweros. Demikian juga dengan hidup kita, betapa seringnya kita mengecewakan Tuhan. Kita memilih acuh dgn Tuhan dan cuek, padahal seharusnya kita merasa tersanjung dan terhormat karena mendapat undangan dari Raja yg Terhormat.

Beberapa sikap dari ratu Wasti yg hrs kita buang jauh:
1.    Keelokan ratu Wasti tidak dipakai sbg satu kesaksian utk memuliakan raja.
2.    Wasti gambar dari kehidupan yg masih memiliki keelokan namun tdk lagi memiliki hubungan kasih
       dgn raja.
3.    Sikap sombong masih melekat dalam kehidupan Wasti.

Wasti Tidak Punya Passion. Ada banyak orang-orang Kristen sudah tidak punya Passion karena mabok masalah kehidupan, lelah dengan persoalan.

Ketika Raja Ahasyweros memanggil Ratu Wasti, Dia Menolak Undangan Pesta, dia marah, Dia sibuk sendiri.

=AHASYWEROS=

Nama "ahasyweros" artinya i will be silence n poor (aku akan mengunci mulut dan akan menjadi miskin). Tidak berarti kita harus cerewet, tapi ada saatnya anak-anak Tuhan harus menyuarakan kebenaran dan pesan Tuhan.

Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. (Ams 18: 21)

Dalam Alkitab ada orang-orang yang seharusnya menyuarakan kebenaran, tapi justru memilih diam, ujungnya hidupnya berantakan.

Kita yang mempunyai Panggilan dan Otoritas Raja, kita tidak boleh diam saja, kita harus terus deklarasi.

Gunakan Otoritas untuk pengabdian dan Deklarasi.

Kesaksian John G Lake menggunakan Otoritas untuk melakukan Mukjizat.

Penulis Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer