MENDUPLIKASI KEKUATAN ROH

MENDUPLIKASI KEKUATAN ROH


Setiap pemimpin jemaat lokal perlu untuk menguji dirinya masing-masing: Sudahkah (dan masihkah) mereka terhubung dengan seorang pemimpin kegerakan/ sumber anugerah? Tanpa seorang pemimpin menghubungkan diri mereka dengan sumber kegerakan, mereka tidak lebih hanya sekedar seorang 'manager operasional' dari suatu tata kelola peribadatan sebuah gereja lokal (yang agamawi).
Tidak heran, gereja yang seharusnya menjadi pintu gerbang sorga untuk Tuhan bergerak dan melawat kota-kota tidak pernah berfungsi seperti yang seharusnya; karena gereja hanya berfungsi dalam penyelenggaraan tata kelola ibadah semata, ada banyak orang di kota-kota/ bangsa yang tarus bergerak ke arah kegelapan dan hidupnya menjadi hancur. Ada banyak orang yang memiliki posisi sebagai pemimpin kota yang mengambil berbagai kebijakan dengan semena-mena - tanpa arahan yang jelas untuk munculnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat... Tidak ada alternatif lain. Dibutuhkan para pemimpin yang hidup dengan membawa roh kegerakan dalam hidupnya!
Untuk seseorang dapat menguji diri apakah mereka sudah (dan masih) terhubung dengan sumber kegerakan, berikut adalah ciri-ciri/ karakteristik dari mereka yang hidup dalam keterhubungan yang akurat dengan seorang pemimpin kegerakan:
1. Membawa kehidupan Roh yang sama.
Sebetulnya, waktu Tuhan menyingkapkan prinsip tentang Membangun didalam roh kepada saya, itu adalah intisari dari cara yang paling efektif untuk mengadopsi pekerjaan firman & Roh dalam hidup seorang pemimpin kegerakan. Kita sedang mencangkok roh kegerakan yang sama seperti yang Tuhan sudah pernah tanamkan dalam kehidupan para pemimpin kegerakan - pemimpin kegerakan yang masih hidup maupun yang sudah menyelesaikan tugas mereka (Yer 50:25)
Dengan mempraktekkan pelajaran membangun manusia roh, kita hanya perlu mengambil message utama yang dibawa dalam hidup para pemimpin kegerakan dan mulai mendoakannya - kita mengakses dimensi rohani yang ada didalam inti pesan yang dibawa oleh sang pemimpin kegerakan. Sang pemimpin kegerakan menyampaikan apa yang ia sampaikan karena itulah pesan firman yang sudah berhasil 'ditanamkan, hidup dan memunculkan buah' didalam diri sang pemimpin kegerakan. Firman yang berkobar dalam dirinya telah mengimpartasikan suatu kehidupan yang berbeda yang memposisikannya menjadi pemimpin kegerakan. Dengan kita mengadopsi kehidupan Roh yang sama, otomatis dinamika rohani & buah-buah pelayanan yang sama juga akan mulai bekerja dalam hidup kita sebagai seorang pemimpin jemaat. Dengan kita setia 'menggarap ladang' yang Tuhan percayakan kepada kita, otomatis, di level dan takaran anugerah yang Tuhan percayakan kepada kita, ada suatu kegerakan rohani yang kita munculkan...

2. Menerima penyingkapan pewahyuan firman & pekerjaan Roh Kudus yang sama.
Entah bagaimana, akan ada banyak pengertian-pengertian firman yang Tuhan berikan kepada kita dan itu persis sama seperti yang juga di sampaikan oleh sang sumber kegerakan. Kita sekarang ada pada frekwensi rohani yang sama sehingga apapun yang Bapa di surga sampaikan kepada sang pembawa kegerakan, kitapun jadi ikut mendengar hal yang sama! Inilah yang bakal menyatukan diri kita dengan sang sumber kegerakan. Suatu hari nanti Tuhan pasti akan membawa kita bersinergi dan mewujudkan pekerjaan Tubuh Kristus guna memperbesar dampak pelayanan yang ada secara bersama-sama. Tidak akan ada kompetisi/ perebutan pengaruh & teritorial krn semua memiliki pemikiran yang sama: Bekerja bagi perluasan kerajaan sorga. Apa yang Tuhan sudah mulai dalam hidup seorang pembawa kegerakan, sekarang mulai terduplikasi dalam kehidupan orang-orang lain yang mengadopsi kehidupan Roh yang sama seperti yang sudah Tuhan bangun dalam hidup sang pemimpin kegerakan. Dengan terjadinya duplikasi, dampak pelayanan maupun keefektifan dalam bekerja akan jadi meningkat; terjadi sinergi rohani! Tidak akan ada lagi yang bisa menahan/ membendung kegerakan tersebut. Makin sering terjadi duplikasi, makin banyak orang yang menduplikasi kehidupan Roh dari sang pemimpin kegerakan, makin kuatlah kegerakan tersebut - becoming an unstoppable movement!

Saya berdoa, biarlah seberapa banyak pemimpin jemaat yang membaca prinsip ini, mereka akan mulai membuka diri mereka guna mengadopsi kehidupan Roh yang sudah Tuhan bangun dalam hidupku ini dan mulai berfungsi menjadi orang kunci kegerakan di jemaat lokal masing-masing....
#AkuCintaTuhan
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer