TABIR BAIT SUCI TERBELAH DUA

TABIR BAIT ALLAH TERBELAH DUA
Yohanes Lie

Tabir Bait Suci terbelah dua
Matius 27: 50-51, Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya. Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah.

Apakah fungsi tabir Bait Suci?
Bait Suci terbagi atas tiga bagian, yaitu Ruang Maha Suci, Ruang Suci, dan Pelataran. Tabir Bait Suci adalah tabir atau tirai pemisah antara Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus di dalam Bait Suci. Ruang Maha Kudus hanya boleh dimasuki oleh Imam Besar yang terpilih. Jadi tidak boleh sembarang orang boleh masuk, sebab resikonya pasti mati

Terbuat dari apakah tabir Bait Suci itu?
Bahan yang tabir itu dibuat sesuai perintah Firman Tuhan yang tertulis dalam Kel. 36:35, "Juga dibuat oranglah tirai untuk pintu kemah itu dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya: tenunan yang berwarna-warna"

Seberapa besarkah tabir Bait Suci itu?
Menurut keterangan beberapa rabi, tabir ini tebalnya selebar tangan, ditenun dari 72 jalinan dipilin, setiap pilinan terdiri dari 74 benang. Tabir itu panjang 60 kaki dan lebar 30 kaki. Jadi kira-kira panjang 20 meter, lebar 10 meter dan tebal 5-10 sentimeter. Diperkirakan sangat berat karena dibutuhkan banyak imam untuk menggerakkannya
.
Siapa yang boleh masuk ke Ruang Maha Kudus?

Ibrani 9:7  "tetapi ke dalam kemah yang kedua hanya Imam Besar saja yang masuk sekali setahun, dan harus dengan darah yang ia persembahkan karena dirinya sendiri dan karena pelanggaran-pelanggaran, yang dibuat oleh umatnya dengan tidak sadar."

Apakah tabir itu terbelah karena gempa bumi?

Jawabannya adalah tidak, sebab
Dalam Matius 27:51 di atas, ditulis tabir terbelah dulu, barulah terjadi gempa bumi

Tabir terbelah dari atas ke bawah. Jika akibat gempa, robeknya tidak akan beraturan

Tabir itu terbuat dari kain tebal, yang tidak akan robek namun hanya akan bergoyang saat tergoncang

Jadi kesimpulannya, tabir itu terbelah oleh kekuatan Allah atau malaikat, bukan akibat gempa bumi

Apakah makna terbelahnya tabir Bait Suci itu?

Terbelahnya tabir itu bermakna:
Tabir itu melambangkan Yesus. Ibr 10:20  "karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,"
Terbelahnya tabir itu melambangkan matinya Yesus di kayu salib

Dengan terbelahnya tabir itu tidak ada lagi penghalang hubungan Allah dan manusia. Sama seperti hilangnya penghalang antara Ruang Maha Suci dan Ruang Suci. Melalui kematian Yesus telah terjadi pendamaian antara Allah dan manusia. Sehingga melalui Yesus tidak ada lagi penghalang manusia datang kepada Allah
Menyatakan bahwa upacara pendamaian menurut hukum Taurat telah berakhir. Ibr 10:1a "Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri."

Komentar

Postingan Populer