TERANG TUHAN

TERANG TUHAN

Yehezkiel 47:12  Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam-macam pohon buah-buahan, yang daunnya tidak layu dan buahnya tidak habis-habis; tiap bulan ada lagi buahnya yang baru, sebab pohon-pohon itu mendapat air dari tempat kudus itu. Buahnya menjadi makanan dan DAUNNYA MENJADI OBAT."
Apa yang Yehezkiel lihat adalah merupakan nubuatan dari apa yang kita alami/ genapi pada hari-hari ini.
Tuhan sedang membangkitkan suatu generasi orang percaya yang berbeda; yang hidup dari pekerjaan firman & Roh yang terus terjadi didalam hidupnya. Mereka adalah orang-orang percaya sudah membuka diri mereka untuk ditaburi benih kerajaan & tertanam dalam rumah Tuhan; tidak lagi mengejar kesuksesan pribadi tapi memanifestasikan 'kehidupan bersama' yang Tuhan bangun & mulai melalui kehidupan seorang bapa rohani. Kehidupan generasi baru orang percaya ini adalah sama seperti 'pohon yang ditanam di tepi aliran sungai'. 'Akar rohani' yang mereka miliki menyerap kehidupan yang bersumber dari pekerjaan firman & Roh yang dihadirkan oleh seorang bapa rohani; mereka tidak hanya menjadi pendengar/ penikmat firman - mereka adalah para pelaku firman.

Apa yang mereka terima sebagai pernyataan Roh atau penyingkapan firman, mereka kondisikan untuk selalu menjadi suatu dasar keyakinan baru, menjadi kebiasaan baru, menjadi patokan dari jalan berpikir maupun pengambilan keputusan yang mereka buat dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga saat mereka berinteraksi dengan orang-orang lain, orang banyak akan merasakan perbedaan; interaksi yang mereka lakukan dengan orang banyak akan menyebabkan terjadinya perubahan hidup maupun terobosan bagi orang banyak tersebut - istilah sekuler yang banyak dipakai adalah kehidupan mereka menginspirasi dan membangkitkan kekuatan untuk orang banyak dapat mengambil langkah-langkah yang mereka butuhkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik/ lebih maju... Itulah yang dimaksud: Daunnya menjadi obat bagi bangsa-bangsa...
1. Orang banyak akan mengadopsi nilai-nilai kerajaan dari umat Tuhan.

Saya mendapati hari-hari ini Tuhan sedang membawa kita untuk melihat ada banyak orang 'diluar sana' yang karena interaksi dengan orang-orang percaya yang terhubung dengan realita kerajaan, jadi mulai menikmati 'anugerah sang Raja' (Mat 22:1-14) Sebagai orang yang sudah biasa hidup dalam tekanan, ketika mereka menikmati anugerah sang Raja, otomatis mereka merasakan betul perbedaannya. Itulah yang menjadi alasan mengapa akan ada banyak orang 'dari luar sana' yang bakal mengadopsi nilai-nilai hidup kita sebagai orang percaya yang terhubung dengan kerajaan. Mereka akan belajar tentang bagaimana membangun kehidupan berkeluarga yang akurat; mereka akan belajar bagaimana mengelola keuangan secara akurat; mereka akan terus belajar memiliki hidup yang selalu optimis & berorientasikan pada solusi (membangun kehidupan yang akurat dalam segala aspek) Dengan mereka hidup secara akurat, otomatis, mereka akan menikmati kehidupan yang jauh dari permasalahan/ tekanan hidup sehari-hari!

2. Orang banyak akan belajar untuk memiliki pikiran yang selalu optimis & berorientasikan pada solusi (memiliki pikiran Kristus) dari kita sebagai orang percaya yang berbeda.
Ams 4:23 (VMD)  Di atas segala-galanya, HATI-HATILAH TERHADAP YANG KAUPIKIRKAN karena PIKIRANMU MENGENDALIKAN HIDUPMU
Hingga sekarang masih ada banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan apa yang sedang melintas dalam pikirannya - termasuk orang-orang percaya. Padahal apa yang kita pikirkan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari kita!

Ketika orang banyak melihat bagaimana kehidupan sehari-hari orang percaya yang terhubung dengan realita kerajaan selalu diselimuti dengan sukacita & damai sejahtera, mereka akan menginginkan hal yang sama!
Itulah saatnya, sebagai orang percaya kita bisa mulai menunjukkan bagaimana kehidupan sehari-hari kita terus dikuasai oleh firmanNya dan hanya firmanNya sajalah yang membuat kehidupan kita jadi penuh damai sejahtera & sukacita.

3. Orang banyak akan belajar untuk selalu melakukan apa yang benar dari orang-orang percaya yang terhubung dengan dimensi kerajaanNya.
Sumber permasalahan dalam dunia ini adalah orang - ada banyak orang yang hidupnya tidak akurat; dan ketidak akuratan mereka mempengaruhi kehidupan orang banyak lainnya. Satu-satunya solusi adalah saat orang-orang benar terus konsisten melakukan apa yang benar dan mulai mempengaruhi orang-orang lain untuk juga melakukan apa yang benar!
Manusia memang tidak akan luput dari kesalahan tapi ketika orang yang bersangkutan mau menyadari kesalahannya dan mengambil tindakan untuk membenahi kesalahan tersebut - saya yakin, dunia akan menjadi lebih baik.

Zakheus memang pernah bertindak curang dengan cara memeras orang banyak demi ia dapat menimbun kekayaan pribadi; tapi saat Zakheus bertemu dengan Yesus, dia mengambil tindakan tegas untuk mulai melakukan apa yang benar! Dia menyumbangkan separuh kekayaannya untuk dibagikan kepada orang-orang miskin dan ia kembalikan semua uang dari orang yang pernah ia peras sebanyak empat kali lipat (Luk 19:8) 
Saya yakin, akan ada lebih banyak lagi orang yang terinspirasi untuk mulai melakukan apa yang benar setelah melihat bagaimana orang-orang percaya yang terhubung dengan dimensi kerajaan mulai melakukan apa yang benar dan mereka menikmati ganjaran dari sang Raja yang disukakan karena melihat anak-anakNya yang hidup dalam kebenaran. Saat ini dunia memang sedang diliputi kegelapan; tapi terang Tuhan sudah datang atas umat pilihanNya dan kegelapan tidak akan pernah menang....!
#AkuCintaTuhan
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer