TANDA YUNUS

TANDA YUNUS

By : Pdt. Gilbert Lumoindong
#priscillastefanie

Mat 12 : 38 – 42
(38)  Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus : “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.”
(39)  Tetapi jawabNya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. (40)  Sebab sepeti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
(41)  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus !
(42)  Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yg ada di sini lebih dari pada Salomo !”

Saudaraku yang kekasih dalam Tuhan, menarik sekali untuk membahas ayat2 di atas, karena Yesus menjawab sesuatu yang sampai saat ini masih dipertentangkan oleh gereja, yaitu Yesus menerima kisah Yunus sebagai fakta.

~~  1.  YESUS MENERIMA KISAH YUNUS SEBAGAI FAKTA

Ada banyak orang Kristen yang masih meragukan kisah Yunus sebagai hal yang nyata, kenapa ?
Karena begitu fantastik dan bombastiknya cerita Yunus, dimana Yunus mendengar suara Tuhan, tapi Yunus lari dari Tuhan, dia lalu pergi ke Tarsus.
Kapal itu digoncangkan oleh ombak. Tetapi Yunus masih belum sadar, sampai orang harus memanggil ia keluar, dan membangunkan dia.
Yunus dilempar ke laut dan seekor ikan besar memakan dia, sehingga Yunus ada di dalam perut ikan selama 3 hari.

Banyak orang berkata..”oh itu tidak mungkin terjadi.”
Sebagian akan berkata, itu kesannya cuman dongeng,
sebagian lagi akan berkata ..”oh itu cuman perumpamaan, karena kita mungkin berpikir Allah tidak akan mungkin buat sedahsyat itu.
Tetapi, saya mau beritahu bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang dahsyat, adalah Allah yang perkasa. Bagi Allah tidak ada perkara yang mustahil.

Apalagi hanya menyimpan Yunus di perut ikan selama 3 hari dan 3 malam, itu terlalu kecil bagi Allah.
Bahkan Tuhan menjamin keselamatan bagimu, sewaktu engkau melewati badai sekalipun. Sehingga Yesus menerima kisah Yunus sebagai fakta.

Yesus tidak bilang ada perumpamaan tentang nabi yang bernama Yunus.
Mat 12 : 39
Tetapi jawabNya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Tetapi jelas sekali di situ Yesus berkata, jawabnya kepada mereka : “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
Yesus sekali lagi tidak berkata perumpamaan Yunus, tetapi Yesus berkata nabi Yunus.
Ini berarti Yesus menerima kisah Yunus sebagai fakta.

Artinya :

a.  Di dalam alkitab tidak ada cerita dongeng.
Di dalam alkitab tidak ada cerita yang kosong, tetapi yang ada adalah Firman Tuhan,

b.  Di dalam alkitab adalah ada kata-kata yang berkuasa.
Kuasa Allah jauh dari pada yang dapat kita pikirkan.
Langit dan bumi boleh lenyap, tetapi Firman Tuhan tetap ada.

Mat 24 : 35
Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.
Bagi Allah tidak ada perkara yang mustahil.

Kadang kala pikiran ini tidak bisa menerima betapa dahsyatnya cara kerja Allah.
Tetapi cara kerja Allah jauh dari pada apa yang dapat kita pikirkan.

~~  2.  YESUS SERING MENYATAKAN SESUATU DENGAN PERUMPAMAAN

Mengapa Yesus memakai perumpamaan ?
Betul Yesus memakai perumpamaan ketika IA berbicara mengenai sesuatu.
Itu berarti Yesus menyampaikan sesuatu dengan cara yang indah, dan itu mengajarkan sesuatu bagi kita bahwa ada banyak hal yang tidak dapat kita mengerti.

Yesus berkata Anak Manusia akan ada di perut bumi selama 3 hari.
Murid-muridNYA tidak bisa memahami.
Itu sebabnya ketika Yesus bangkit, wanita-wanita tersebut bukannya bersuka cita melihat mayatnya tidak ada. Tetapi, wanita itu menangis dan berkata “mayat guru telah dicuri orang.”

Pada waktu hari paskah malam tersebut, murid-murid Yesus berkumpul ketakutan, karena mereka tidak bisa mengerti perumpamaan Yesus.
Mereka tidak mengerti, ini bukan berarti bahwa Allah salah dan tidak mengasihi mereka.

Walaupun mereka tidak mengerti, kuasa Allah itu sempurna, kebangkitan Allah itu terjadi. Mungkin ada di antara kita tidak mengerti, kenapa suami saudara menyakiti saudara, kadang kala saudara tidak mengerti kenapa anak-anak saudara melukai hati saudara, kadang2 kita tidak mengerti kenapa kita disakiti dan difitnah oleh orang. Kadang kita tidak mengerti, kenapa pada saat kita sedang semangat-semangatnya, tiba-tiba masalah yang Tuhan ijinkan datang begitu saja, sehingga kelihatannya menghancurkan semuanya.

Tetapi, lewat program ini saya mau beritahu bahwa Yesus seringkali menyampaikan sesuatu lewat perumpamaan.
Kita sering tidak mengerti, tetapi bukan berarti bahwa Yesus itu salah dan Ia tidak Maha Kuasa.
Kita tidak mengerti, tapi bukan berarti kepahitan itu terjadi.
Banyak hal yang tidak dimengerti, tetapi kasihNYA tetap baik bagi kita, sehingga iman kita tidak tergantung pada pengertian kita dan bukti yang kita lihat.

IMAN KITA TERGANTUNG DARI JANJ-JANJI ALLAH YANG “YA” DAN “AMIN” ATAS HIDUP KITA.
KASIH YESUS SEMPURNA BAGI KITA.

~~  3.  JANGAN TERTARIK KEPADA TANDA, TETAPI KEPADA KUASA

Mat 12 : 39 - 42
(39)  Tetapi jawabNya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. (40)  Sebab sepeti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
(41)  Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus !
(42)  Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yg ada di sini lebih dari pada Salomo !”

Yesus mengajarkan agar kita jangan tertarik pada tanda, tapi pada kuasa.
Ada banyak orang yang ributkan hanya pada tanda, tetapi Yesus dengan kata yang keras berkata Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda.
Yang ingin Yesus ajarkan adalah tentang kuasaNYA.

Dikatakan setelah pemberitaan Yunus dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus. ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo !”

Kita harus melihat pada sumbernya, kadang kala kita hanya ingin melihat buih-buih yang mengalir, semua orang tertarik pada airnya dan berkata di situ ada air melimpah.
Perlu diingat air yang mengalir itu itu datangnya dari mata air.

Ada banyak orang yang melihat pemandangan dan gunung yang indah, tetapi orang banyak yang lupa bahwa ada Tuhan Sang PenciptaNYA.
Banyak orang yang kagum dengan pelangi setelah hujan, pelangi itu begitu indah, orang lupa bahwa pelangi itu diciptakan oleh Tuhan.
Ada banyak orang yang melihat banyak harta kekayaan, tetapi mereka lupa terhadap Tuhan yang memberkatinya.
Ada banyak orang yang kagum terhadap segala yang ada di dunia ini, tetapi lupa kepada Allah yang telah memberikan hidup baginya.

Banyak orang yang sekolah dokter, tetapi lupa akan Tuhan.
Banyak orang yang sekolah tentang kepandaian-kepandaian dunia ini, tetapi lupa Tuhan.
Saya mau beritahu buat saudara, Yesus mengajarkan bahwa jangan hanya tertarik kepada tanda, tetapi kepada KuasaNYA.
Murid-muridNYA begitu bangga "Guru, setan-setan takut / lari demi namaMU, tetapi Yesus berkata "Jangan bersuka cita karena setan-setan takluk, tetapi bersukacitalah karena namaMU terdaftar di sorga."
Luk 10 : 20
Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."

Banggalah akan kuasa yang kita miliki sebagai anak Allah, berjalanlah dengan kuat meski melewati badai hidup yang berat sekalipun, dan yakin bahwa pemeliharaan Tuhan itu sempurna, raja Daud berkata, hanya dekat Alah kita memperoleh ketenangan.

Maz 62 : 2 TB
Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.

Satu orang bertobat, seluruh Niniwe bertobat.
Kita harus kembali kepada sumbernya, kepada penciptanya.
Yesus mengajarkan JANGAN TERTARIK KEPADA TANDA, TETAPI KEPADA KUASA.

Doa :
Bila ada diantara kita yang sakit dan berbeban berat, mereka yag ada dalam kesulitan rumah tangga, dan ekonomi, baik yang muda dan tua, hamba doakan lewat program ini, biarlah jamahan Tuhan berlaku atas hidup mereka, di dalam nama Yesus, jamah mereka Tuhan.
Amin.

Writer : Priscilla Stefanie
Hari ini Hari Nya Tuhan,
Program radio

Komentar

Postingan Populer