REZEKI JODOH TAKDIR 4

REZEKI JODOH TAKDIR 4
GBI SHEKINAH
Minggu, 12 Agustus 2018
Pdt Petrus Hadi Mulja Santoso

2 Tawarikh 20:31-32 (TB)  Yosafat memerintah atas Yehuda. Ia berumur tiga puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh lima tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Azuba, anak Silhi.

Ia hidup mengikuti jejak Asa, ayahnya; ia tidak menyimpang dari padanya, dan melakukan apa yang benar di mata TUHAN.
Yosafat adalah orang yang mengikuti jejak Asa, ayahnya, ia tidak menyimpang dari pada nya dan melakukan apa yang benar Dimata Tuhan.

2 Tawarikh 20:1-4 (TB)  Setelah itu bani Moab dan bani Amon datang berperang melawan Yosafat bersama-sama sepasukan orang Meunim. 

Datanglah orang memberitahukan Yosafat: "Suatu laskar yang besar datang dari seberang Laut Asin, dari Edom, menyerang tuanku. Sekarang mereka di Hazezon-Tamar," yakni En-Gedi.

Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. 

Dan Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan dari pada TUHAN. Mereka datang dari semua kota di Yehuda untuk mencari TUHAN.

Ketika bangsa Moab dan Amon bersatu untuk menyerang Yehuda, kekuatan mereka membuat Yosafat menjadi takut.

Seringkali dalam hidup kita menghadapi tekanan sehingga membuat kita takut. Yosafat memutuskan untuk mencari Allah

Jika kita menghadapi masalah kita datang pada Tuhan sebab Tuhan bisa memakai siapa saja

2 Tawarikh 20:14, 20 (TB)  Lalu Yahaziel bin Zakharia bin Benaya bin Matanya, seorang Lewi dari bani Asaf, dihinggapi Roh TUHAN di tengah-tengah jemaah,
Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!"
Setiap orang mempunyai karunia nabi tetapi ada orang-orang yang memiliki jabatan nabi tapi ia tidak boleh sembarangan.

2 Tawarikh 20:32-34 (TB)  Ia hidup mengikuti jejak Asa, ayahnya; ia tidak menyimpang dari padanya, dan melakukan apa yang benar di mata TUHAN.
Hanya bukit-bukit pengorbanan tidak dijauhkan. Bangsa itu belum mengarahkan hatinya kepada Allah nenek moyang mereka.
Selebihnya dari riwayat Yosafat, dari awal sampai akhir, sesungguhnya semuanya itu tertulis di dalam riwayat Yehu bin Hanani, yang tercantum di dalam kitab raja-raja Israel.
Yosafat melakukan apa yang benar di mata Tuhan. Jika kita melayani Tuhan dan melakukan apa yang benar dan yang menjadi bagian kita.

2 Tawarikh 20:31-37 (TB)  Yosafat memerintah atas Yehuda. Ia berumur tiga puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh lima tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Azuba, anak Silhi.
Ia hidup mengikuti jejak Asa, ayahnya; ia tidak menyimpang dari padanya, dan melakukan apa yang benar di mata TUHAN.
Hanya bukit-bukit pengorbanan tidak dijauhkan. Bangsa itu belum mengarahkan hatinya kepada Allah nenek moyang mereka.
Selebihnya dari riwayat Yosafat, dari awal sampai akhir, sesungguhnya semuanya itu tertulis di dalam riwayat Yehu bin Hanani, yang tercantum di dalam kitab raja-raja Israel.
Kemudian Yosafat, raja Yehuda, bersekutu dengan Ahazia, raja Israel, yang fasik perbuatannya.
Ia bersekutu dengan Ahazia untuk membuat kapal-kapal yang dapat berlayar ke Tarsis. Kapal-kapal itu dibuat mereka di Ezion-Geber.
Tetapi Eliezer bin Dodawa dari Maresa bernubuat terhadap Yosafat, katanya: "Karena engkau bersekutu dengan Ahazia, maka TUHAN akan merobohkan pekerjaanmu." Lalu kapal-kapal itu pecah, dan tak dapat berlayar ke Tarsis
.
Yosafat mengalami Puncak Keajaiban 2 Taw 21:1
Yosafat artinya Kemenangan Tuhan dan Tuhan itu hakim
Yosafat adalah Raja yang bisa mendatangkan perdamaian untuk Raja Israel dan Raja Yehuda. Sudah lima tahun kedua kerajaan ini bermusuhan.

Kesalahannya adalah Yosafat tidak bisa menjadi kan Tuhan itu Hakim. Yosafat tidak menyelesaikan apa yang menjadi destiny nya.

Kelebihan Yosafat adalah MENCARI TUHAN.
Kelemahannya Ahab adalah menjalankan dengan pikiran nya sendiri.

1 Raja-raja 22:45-46 (TB)  (22-46) Selebihnya dari riwayat Yosafat dan kepahlawanan yang dilakukannya dan bagaimana ia berperang, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?
(22-47) Dan sisa pelacuran bakti yang masih tinggal dalam zaman Asa, ayahnya, dihapuskannya dari negeri itu.
Yosafat hidup damai dengan Raja Israel. Yosafat terikat dengan Ahab.
Amin


Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer