Rosh Hashanah 5779 HTE

ROSH HASHANAH 5779
IBADAH SORE
JKI HIGHER THAN EVER
Pdt Victor Kristijanto Purnomo



Imamat 23:24-25  "Katakanlah kepada orang Israel, begini: Dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal satu bulan itu, kamu harus mengadakan hari perhentian penuh yang diperingati dengan meniup serunai, yakni hari pertemuan kudus.
Janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat dan kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN."

Berbicara tentang  berhenti kerja keras = ada Anugerah
Bukan berarti kita malas, tapi ada masa dimana ada hari harus berhenti kerja keras. Disitu Tuhan sedang memberi Anugerah buat kita. Grace upon grace.

Anugerah adalah ketika kita diam dan Tuhan yang kerja keras bagi hidup kita.
Semua yang terlalu berat dan sukar kasihkan Tuhan.

Contoh Ruth

Rut 3:7, 9 (TB)  Setelah Boas habis makan dan minum dan hatinya gembira, datanglah ia untuk membaringkan diri tidur pada ujung timbunan jelai itu. Kemudian datanglah perempuan itu dekat dengan diam-diam, disingkapkannyalah selimut dari kaki Boas dan berbaringlah ia di situ.
Bertanyalah ia: "Siapakah engkau ini?" Jawabnya: "Aku Rut, hambamu: kembangkanlah kiranya sayapmu melindungi hambamu ini, sebab engkaulah seorang kaum yang wajib menebus kami."

Boas yang kerja keras buat Ruth.
Bagian kita berlindung dibawah sayap itu.
Hari itu shofar serunai ditiup terus menerus. Shofar diambil dari tanduk rusa atau domba. Harus ada domba yg dikorbankan.
Tanduk itu adalah tanda sudah ada yang berkorban bagi hidupmu. Sudah ada yang mati,  dan kita yang menang.

Tahun baru adalah tahun untuk mengoreksi diri kalau ada yang salah.

Mazmur 26:2 Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.

Ini doa yang dinaikan oleh org israel.
Ada sebuah hati yang direndahkan dihadapan Tuhan,  selidiki batinku uji aku. Biar diantara kita ada damai. Antara kamu dengan Tuhan. Minta diuji hatimu,  untuk membuktikan kemurnian hatimu.

Tuhan Menguji Hati Umat Israel

Keluaran 15:22-27  Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air.
Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara.
Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?"
Musa berseru-seru kepada TUHAN, dan TUHAN menunjukkan kepadanya sepotong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis. Di sanalah diberikan TUHAN ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan kepada mereka dan di sanalah TUHAN mencoba mereka,
firman-Nya: "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku TUHANlah yang menyembuhkan engkau."
Sesudah itu sampailah mereka di Elim; di sana ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma, lalu berkemahlah mereka di sana di tepi air itu.

Ujian di Mara.

Keluaran 15:23-24 (TB)  Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara.
Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?"

Banyak yang hatinya salah karena air itu.
Mari kita mempunyai hati yang manis.

Rosh Hashanah orang israel mengatakan ujilah selidiki dan ubah hatiku supaya hati kita tetap kudus dan murni dihadapan Tuhan.

Apa yang dikerjakan,  mereka membawa korban terbaik mereka kepada Tuhan dan dipersembahkan dibait Allah untuk mereka bersyukur.

Juga memperingati hari ke 6 penciptaan.
5779 adalah umur bumi. Tuhan membuat lengkap dan sempurna.
Tuhan akan menyempurnakan hidup kita yang belum komplit dilengkapi oleh Tuhan.

Rosh Hashanah Tuhan datang sebagai Raja.
Mari kita terima Tuhan sebagai Raja segala raja semua hutang akan dihapuskan dan semua kebutuhan kita akan disediakan.

Amen.

Hendy Ferdiantantama

Komentar

Postingan Populer