YOM KIPPUR DAN SUKKOT DAY 5779

*YOM KIPPUR DAN SUKKOT*
*GBI SHEKINAH Pagi*
*Minggu, 23 September 2018*
*Pdt Petrus Hadi Mulja Santoso*

Kita sudah Memasuki Tahun Ayin Tet 5779 dan Tuhan menjanjikan Pemulihan Segala Sesuatu.
Sepuluh Hari Setelah kita melewati Rosh Hashanah, kita masuk Hari Yom Kippur.

*YOM KIPPUR 5779*
Yom kippur adalah hari raya paling penting dalam kalender ibrani, nama "yom kippur" berarti "hari perdamaian" atau beberapa orang menyebutnya "yom hazakkiron" (hari pengingatan"), hari raya ini dirayakan oleh umat yahudi pada tanggal 10 tishrei (sekitaran bulan september) sesuai namanya, pada hari ini umat yahudi meminta pendamaian dan pengampunan atas dosa-dosa dimasa lampau. 
Pada hari yom kippur ini dosa yang dilakukan diberi peluang untuk diberi pengampunan adalah dosa manusia terhadap Tuhan, untuk dosa terhadap sesama manusia, seseorang harus meminta maaf terhadap orang yang dirasa telah berbuat salah kepadanya, jika memungkinkan hal ini dilakukan sebelum yom kippur dimulai.
YOM KIPPUR adalah Hari Penebusan dosa, Hari PENDAMAIAN Anak-anak Tuhan, Hari Pengampunan dosa. Hari pertobatan.

*SUKKOT 5779*
Keluaran 34:22 (TB)  Hari raya Tujuh Minggu, yakni hari raya buah bungaran dari penuaian gandum, haruslah kaurayakan, juga hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun.

*SUKKOT DAY 5779*

Pdt Petrus Hadi Mulja Santoso

SUKKOT -- hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun dimulai 23 September s/d 30 September 2018
Keluaran 34:22
34:22 Hari raya Tujuh Minggu, yakni hari raya buah bungaran dari penuaian gandum, haruslah kaurayakan, juga hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun.
Kata "sukkah" adalah sebutan untuk tempat tinggal sementara yang dibuat menyerupai pondok dan beratapkan daun palm, dan ini digunakan selama masa panen sedang berlangsung. (Imamat 23:40-43)

*Secara pertanian, Sukkot adalah perayaan tuaian (Harvest Festival)*
Bangsa Israel melakukan SUKKOT dengan penuh sukacita, mereka keluar dari 400 tahun perbudakan.
SUKKOT kali ini kita mengucapkan syukur dengan completed.
Kemarin ibu Linda berdoa Mendapatkan tentang 9 BUAH ROH.

*Sukkot selalu digambarkan sebuah perayaan ibadah yang penuh dengan sukacita dan ucapan syukur kepada Tuhan atas tuaian yang sangat komplit (Completed Harvest)*
Disepanjang perayaan sukkot selama 7 hari umat israel membaca mazmur pujian (Mazmur 113-118) pada waktu ibadah pagi hari.

Yohanes 7 : 37 – 39 ,
Dan pada hari terakhir , yaitu pada puncak perayaan itu , Yesus berdiri dan berseru :  “ Barangsiapa haus , baiklah ia datang kepada-Ku dan minum ! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci : Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup . Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang , karena Yesus belum dimuliakan !

*PERAYAAN PONDOK DAUN*
Ucapan Tuhan Yesus itu dikatakan pada saat hari terakhir dari hari raya “ PONDOK DAUN “ yang merupakan salah satu perayaan yang wajib dilakukan oleh bangsa Israel selain perayaan roti tak beragi atau ( PASKAH ) dan Hari raya buah bungaran  ( PENTAKOSTA ) Dalam perayaan Pondok Daun ini dilakukan agar bangsa Israel mengingat akan kasih dan pemeliharaan Tuhan pada waktu nenek moyang mereka selama 40 tahun hidup dipadang gurun hidup dalam kemah dengan atap langit.

Memang memperingati bagaimana Pemeliharaan TUHAN dlm hidup kita semua sampai hari-hari ini.
Pemeliharaan TUHAN atas org Israel ketika keluar dari Tanah Perbudakan Mesir dan dipelihara TUHAN di padang Gurun dalam pondok daun

*Pemeliharaan TUHAN atas kita*
Tapi juga TUHAN bicara tentang AIR KEHIDUPAN / TUHAN Jadi Sumber Utama yang tidak pernah habis dalam hidup kita
ROH KUDUS yg dicurahkan yg memberi kita kehidupan dlm manusia rohaniah kita.
TUHAN sebagai SUMBER UTAMA, Pemelihara, Center / Pusat.

*SYARATNYA MENERIMA BERKAT SUKKOT*

*MASUK DALAM PERTOBATAN DAN ALAMI PEMUTIHAN DARI TUHAN*

*PUNYA KERINDUAN UNTUK BERDAMAI DENGAN TUHAN*

*Tuhan Punya Banyak Cara Memberkati kita*

Pada tahun 1973 Israel Mengalami Mujizat Tuhan, ketika mereka sedang masuk dalam Yom Kippur, Israel diserang oleh Suriah dan Mesir. Israel menang karena waktu itu hati mereka sedang berbalik kepada Tuhan.
Yom Kippur: hati kembali kepada TUHAN
Sukkot: TUHAN sbg yg Utama, Segala galanya, Sang Pemelihara, Sumber, Center / Pusat ( seperti yang Raja Daud nyatakan )

Mari Kita Semakin Dekat Dengan Tuhan..


Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer