THE EMPOWERMENT

SUPER SUNDAY IFGF PALEMBANG
20 MEI 2018

By: Ps. Robert Lie


*THE EMPOWERMENT*

1 Yohanes 2:24-27 (TB) 
24: Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.
25: Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.
26: Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu.
27: Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu — dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta — dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

We need Holy Spirit Sound! Dia memberi tahu banyak hal, Dia menuntun hidup kita. Yesus saat di dunia bergantung dengan Roh Kudus, Dia hanya melakukan apa yang Bapa lakukan.

1 John 2:27 (NLT)
But you have received the Holy Spirit, and He lives within you, so you don't need anyone to teach you what is true. For the Spirit teaches you everything you need to know, and what he teaches is true--it is not a lie. So just as he has taught you, remain in fellowship with Christ.

Kita perlu Roh Kudus! Banyak yang tidak bergantung lagi dengan Roh Kudus, lebih mendengarkan suara orang lain, mendengar melalui Google, dll.

Karena Roh Kudus ada di dalam kita, dikatakan bahwa "Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain" atau "so you don't need anyone to teach you what is true". Bukan maksudnya kita tidak membutuhkan hamba Tuhan atau pengajar lain untuk menjelaskan Alkitab, namun dalam konteks 1 Yohanes yang ditulis sebagai respond terhadap penyebaran Gnosticism (ajaran sesat) dalam gereja, ayat ini berkata bahwa mereka tidak perlu orang lain (nabi-nabi yang mengaku memiliki pengajaran progresif) yang megajarkan informasi tambahan tentang Kristus lain dari yang sudah diajarkan oleh para rasul pada awalnya. Roh Kuduslah yang mengajarkan tentang kebenaran Kristus, karena Roh Kudus yang mendukung pelayanan Kristus.

KNOW THE HOLY SPIRIT (MENGENAL ROH KUDUS)

Banyak yang hanya mengetahui Roh Kudus, tapi tidak mengenal Roh Kudus.
Roh Kudus adalah seorang Pribadi yang harus engkau kenal, dan itu yang terpenting dalam hidup kita.

* Roh Kudus memperkenalkan / menghadirkan Yesus kepada manusia
* Roh Kudus menuntun Yesus ke padang gurun untuk dicobai
Roh Kudus yang sama membawa kita untuk "dicobai", bukannya Dia kejam, tapi Dia mau memurnikan kita, menguji iman kita.
* Roh Kudus memberi kuasa pada para rasul untuk memperkenalkan Yesus

Bagaimana caranya kita mengenal Yesus? Kita perlu Roh Kudus! Dia adalah Pribadi, bukan api, angin, gerakan, dll. Dia bisa didukakan, tapi juga bisa disenangkan. Ketika hidup kita dipenuhi Roh Kudus, kita akan penuh kuasa.

Recommended Book: Selamat Pagi Roh Kudus

EXPERIENCE THE HOLY SPIRIT (MENGALAMI ROH KUDUS)

Yohanes 14:26 (TB) 
26: tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Roh Kudus itu mengingatkan apa yang telah Tuhan katakan kepada kita.

# Roh Kudus mengajar kita tentang kebenaran

Ketika Roh Kudus itu datang, Dia akan menuntun kita kepada kebenaran.

Yohanes 16:12-13 (TB) 
12: Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
13: Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

What is truth? Apa itu kebenaran?
Emeth : firmness, faithfulness, truth

א Aleph = strength, Adonai
מ Mem = air, mighty (kuat)
ת Tav = destiny, sign (tanda)

אמת = emeth = truth
מת = met = dead

- Kebenaran selalu berasal atau diawali dari Tuhan
- Semua yang bukan diawali dari Tuhan, ujungnya akan menuju kehancuran, kematian
- With God there is truth. Without God is death.

Prepare yourself.
Mulai semuanya dengan Tuhan.

- Huruf pembentuknya berada di awal (aleph), tengah (mem), akhir (tav)
- Kebenaran = awal, tengah, akhir = seluruhnya benar, tidak setengah-setengah
- Selain awal dan akhir itu penting, bagian tengah juga penting, dan ayat yang berada di tengah Alkitab adalah Mazmur 118:8, "Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada manusia."

Wahyu 6:4 (TB) 
4: Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

Beware of HOAX.

# Roh Kudus akan menolong kita mengenal Allah

1 Korintus 2:9-11 (TB) 
9: Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." 
10: Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.
11: Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

# Roh Kudus memberi kuasa

Kisah Para Rasul 1:8 (TB) 
8: Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Komentar

Postingan Populer